Yuk, Lihat Penampakan Monorel ‘Made In Indonesia’

Monorel3

Liputan6.com, Madiun : Empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdiri dari PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Industri Kereta Api (Persero), PT Jasa Marga (Persero) dan PT LEN Industri (Persero) bergabung untuk menggarap proyek monorel di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Hal itu ditandai dengan penandatanganan preliminary agreement yang dilakukan keempat BUMN tersebut di Madiun, Jawa Timur, Senin (6/5/2013). Penandatanganan kerja sama itu disaksikan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Kereta api ini rencananya akan dipergunakan untuk rute Bekasi Timur-Cawang-Cibubur-Kuningan. Proyek monorel yang digagas, dirancang, diproduksi dan diproduksikan oleh konsorsium BUMN ini memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) hingga 70%.

Kereta api monorel rute Bekasi-Cawang memiliki modifikasi dan bentuk yang lebih besar dibandingkan kedua monorel yang akan diletakkan di Bandara Soekarno Hatta dan Pelabuhan Tanjung Priok.

Bahkan, monorel ini juga lebih besar dibandingkan dengan negara lain seperti Singapura dan Malaysia. Hal itu dengan pertimbangan jika penggunaan monorel rute Bekasi-Cawang akan menjadi angkutan warga Jabodetabek dan sekitarnya yang jumlahnya banyak.

Selain di Jabodetabek, konsorsium BUMN akan membangun monorel untuk jalur kereta api bandara Soekarno-Hatta. Proyek monorel ini hasil konsorsium BUMN pengembang monorel dan PT Angkasa Pura II.

Monorel ini akan dipergunakan di sekitar Bandara Soekarno Hatta yang menghubungkan antara stasiun kereta api dengan tiga terminal di bandara tersebut. Terakhir, kereta api monorel khusus non penumpang atau angkutan kontainer di Surabaya, Jawa Timur.

Berikut foto penampakan monorel merah putih yang diproduksi konsorsium BUMN:

Monorel4

INKA-monorel__Rachman-5besa

Monorel5

INKA-monorel__Rachman-4

Monorel2

http://foto.detik.com/readfoto/2013/05/06/151935/2239190/157/2/monorel-made-in-madiun-diluncurkanp993302red

151565

151560

 

151520

Tag:

6 Komentar to “Yuk, Lihat Penampakan Monorel ‘Made In Indonesia’”

  1. Bukti nyata, putra-putri Indonesia punya kemampuan yang memadai untuk memproduksi monorel. Beginilah kalau anak bangsa dihargai dan didukung kreatifitasnya. Demi Indonesia yang lebih baik dan lebih bermartabat, mereka siap mencurahkan segala daya dan kemampuan kreatifitasnya. Kenapa baru setelah Dahlan Iskan menjabat sebagai Menteri BUMN mereka benar-benar menunjukkan kemampuannya menciptakan monorel ini? Apakah pejabat lainnya tidak bisa? Mana Menteri Perindustrian? Mana Menristek? Mestinya mereka yang merancang itu semua. Dahlan Iskan kan hanya Menteri BUMN yang sebenarnya, tugasnya hanya disuruh mengembangkan bisnis perusahaan-perusahaan plat merah? Apakah Dahlan Iskan telah mencaplok Tupoksi Kementerian Perindustrian???? Ah…. capek deehhhh. Mendingan lihat kerja nyata Menteri BUMN Dahlan Iskan, tanpa banyak ngomong, langsung menunjukkan bukti nyata hasil kerjanya

  2. Seperti yang selalu beliau katakan…sdh terlalu banyak orang pinter…sehingga yang dibutuhkan satu orang yg tidak pintar seperti beliau…untuk memanage orang orang pintar ini agar tidak egoistis.

  3. kalau kita maju, yang ngeper adalah negeri tetangga kita, si kota sarang penyamun eh kota sarang koruptor, seperti dulu waktu habibie presiden yang ngeper PM Lee, Jayalah Indonesia.

  4. Keren. sumpah keren banget…
    lebih luas dan canggih daripada monorel KL…
    Kayak mimpi aja bisa melihat karya anak bangsa ini..
    Pak Dahlan, top dah…

  5. HAQQUL YAQIN saya klo buatan Indonesia akan selalu lebih baik dari buatan cina

  6. teryata buatan sendiri lebih ok ya , kita butuh orang orang kaya pak Dahlan mengembangkan kreatifitas anak bangsa saya sangat terharu mendengar berita ini,pak dahlan majukan sdm indonesia beri mereka kesempatan menunjukan pada dunia INI LHO INDONESIAKU.

Tinggalkan komentar