Sinergi BUMN Buka Peluang Monopoli

“Kita harus bicara ke Menteri BUMN. Kalau bisa harus membuat seperti ini, seperti ini dan seperti ini, begitu,” 

BUMN

JAKARTA — Upaya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan yang mendorong sinergi perusahaan membuat khawatir Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). KPPU menilai kebijakan Dahlan membuka peluang munculnya monopoli BUMN yang bersinergi itu.

“KPPU sedang melakukan kajian terhadap kebijakan sinergi itu, soalnya banyak tender-tender yang mengatasnamakan sinegi BUMN yang tertutup,” ungkap Wakil Ketua KPPU Saidah Sakwan, kemarin.

Meski belum final, kajian KPPU yang tengah digelar ini diharapkan bisa menyelidiki perilaku perusahaan dan dampak dari kebijakan sinergi BUMN. KPPU, lanjut dia, juga berencana bertemu Dahlan Iskan guna membahas kekhawatiran munculnya monopoli dari sinergi BUMN itu. “Kita harus bicara ke Menteri BUMN. Kalau bisa harus membuat seperti ini, seperti ini dan seperti ini, begitu,” jelas Saidah.

Saidah memastikan KPPU tak mungkin menyalahkan kebijakan Dahlan Iskan. Namun, KPPU bisa menjatuhkan hukuman kepada perusahaan yang terbukti melakukan monopoli.”Kebijakannya itu sebenarnya bagus, demi memperkuat BUMN kita, tapi dalam implementasinya itu yang mesti kita awasin, karena pemerintah miliki Undang-Undang.”

harianterbit.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: