Main Ketoprak, Dahlan Iskan Jadi Jaka Tingkir

“Pak Dahlan ikut main ketoprak dalam puncak acara peringatan ulang tahun pondok pesantren ke-70,’’ 

Dahlan Iskan - Main Ketoprak
TEMPO.CO, Ponorogo – Selain berakting dalam sinetron, Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan juga terkenal piawai main ketoprak. Salah satunya dalam pementasan ketoprak humor dengan lakon Jaka Tingkir Jumeneng Ratu di Pesantren Sabilil Muttaqien, Desa Takeran, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Ahad malam, 3 November 2013. Dahlan mendapat peran sebagai Mas Karebet alias Jaka Tingkir.

“Pak Dahlan ikut main ketoprak dalam puncak acara peringatan ulang tahun pondok pesantren ke-70,’’ kata Ketua Majelis Pesantren Sabilil Muttaqien H. Miratul Mukminin saat ditemui di Universitas Merdeka Madiun, Senin siang, 4 November 2013.

Selain memperingati hari ulang tahun pondok, menurut dia, pementasan ketoprak ini juga sebagai pelestarian budaya sekaligus untuk menghibur masyarakat. Dalam pergelaran itu, selain Dahlan, sejumlah direktur utama BUMN yang lain juga turut main. Di antaranya Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara XII Singgih Irwan Basri dan Direktur Utama PT INKA Agus Purmono.

Kirun, komedian asal Kabupaten Madiun, dan Marwoto, pelawak kondang asal Yogyakarta, juga ikut memeriahkan pementasan tersebut. Beberapa pejabat Pemerintah Kabupaten Magetan juga nimbrung di dalamnya, salah satunya Wakil Bupati Magetan Samsi.

Samsi mengaku kikuk saat hendak main ketoprak, apalagi bersama menteri. Sebab, dia tidak memiliki persiapan matang sebelum pentas. “Baru pertama ini pejabat di Kabupaten Magetan main ketoprak, apalagi bareng pejabat nasional,’’ ujarnya saat dihubungi.

Meski begitu, ia mengaku bangga bisa ikut bermain dalam ketoprak tersebut. Sebab, ia bisa menghibur warga dan meningkatkan kebersamaan antara pemerintah daerah dan Kementerian BUMN. “Selain hiburan, juga untuk kebersamaan,’’ katanya.

NOFIKA DIAN NUGROHO

tempo.co

Menteri BUMN Dahlan Iskan (tengah) memerankan tokoh Joko Tingkir saat pementasan ketoprak humor di Desa Takeran, Magetan, Jawa Timur (3/11). ANTARA/Fikri Yusuf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: