Merpati Airlines Bisa Mati Kalau Tak Segera Bayar Utang

“Merpati itu mati, dan tidak bisa bayar utang. Masa mayat bayar utang, mendingan utang dijadikan saham,” 

Dahlan iskan - Merpati

Diusulkan Mengkonversi Utang Menjadi Aset
SIAGA – JAKARTA PT Merpati Nusantara Airlines dikhawatirkan akan mati jika tidak segera melunasi utang-utangnya. Demikian disampaikan Menteri BUMN Dahlan Iskan di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Karena itu, kata Dahlan, jalan satu-satunya yang bisa dilakukan Merpati adalah dengan mengkonversi utang menjadi aset. Saat ini utang Merpati ditaksir mencapai Rp6,5 triliun.

“Saya sampaikan ke Menteri Keuangan (Menkeu), bahwa kalau tidak dikonversi ini Merpati akan mati,” ujar mantan Dirut PLN tersebut.

Melihat kondisi saat ini, lanjutnya, Merpati dipastikan tidak sanggup melunasi utang-utangnya. “Merpati itu mati, dan tidak bisa bayar utang. Masa mayat bayar utang, mendingan utang dijadikan saham,” imbuh Dahlan.

Untuk itu, Dahlan dalam waktu dekat akan mengumpulkan perusahaan-perusahaan BUMN yang memberi pinjaman kepada Merpati.

“Saya lagi menunggu respons Menkeu, setelah itu memanggil BUMN yang mengutangi Merpati. Jadi saya belum bisa menebak, kita serahkan ke manajemen. Tapi, tadi setelah ketemu pilot, saya minta deputi kerja keras nongkrong di Kemenkeu,” ujar Dahlan.

Meski sudah mengganti jajaran direksi Merpati tiga kali, namun sejauh ini kinerja BUMN itu tetap belum membaik dan utang tetap menumpuk. Karena persoalan yang sudah cukup pelik tersebut tidak ada jalan lain bagi pemerintah untuk merestrukturisasi utang.

“PMN tidak, Fuel Merpati tidak dan saya harus bersikap adil. Ini memang kritis dan harus direstrukturisasi utangnya menjadi saham. Utang-utang BUMN menjadi saham, utang bersih dan Merpati bisa mencari dana untuk menghidupkan kembali,” katanya.ipn

siaga.co

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: