Mahasiswa Jangan Hanya Bisa Jadi Aktivis!

“Pemerintah perlu dikritik agar tidak otoriter. Tapi mahasiswa harus dibarengi dengan diskusi kelompok-kelompok kecil,” 

Ilustrasi. (Foto: okezone)
JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyebut, sebagai generasi penerus bangsa, mahasiswa dan mahasiswi harus sering melakukan diskusi kecil. Selain itu sering membuat kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi Indonesia.

Hal tersebut disampaikannya saat dia diundang sebagai pembicara dalam agenda “Forum Indonesia Muda”. Forum ini merupakan kegiatan pelatihan dan pendidikan karakter untuk aktivis mahasiswa atau Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari universitas seluruh Indonesia.

Dalam acara tersebut, Dahlan pun mendapat banyak pertanyaan dari para mahasiswa yang sebagian besar adalah aktivis. Dirinya mengomentari tanggapan terkait demo buruh yang dilaksanakan pada Kamis-Jumat pada 30-31 Oktober 2013.

“Pemerintah perlu dikritik agar tidak otoriter. Tapi mahasiswa harus dibarengi dengan diskusi kelompok-kelompok kecil,” ucap dia, seperti disampaikan Kabag Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi, di Jakarta, Kamis (31/10/2013).

Ia menjelaskan, dengan membuat diskusi-diskusi kelompok, dapat menghindari pemanfaatan mahasiswa oleh oknum-oknum tertentu yang sudah memiliki agenda tertentu.

“Untuk menghindari mahasiswa dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok tertentu yang sudah memiliki agenda. Oleh karena itu mahasiswa harus juga punya agenda, di samping demo sebagai show off force,” tambahnya.

Forum Indonesia Muda ini diikuti oleh 120 mahasiswa dari dari berbagai universitas yang ada di Indonesia. Acara ini pun diadakan selama satu minggu.

Beberapa universitas pun ikut dalam agenda ini seperti Universitas Indonesia, Unsyiah Aceh, USU, Universitas Negeri Medan, Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Universitas Sriwijaya Palembang, Universitas Bengkulu, Universitas Lampung, dan IAIN. (ade)

okezone.com

***

Pemerintah Sering Didemo Mahasiswa, Dahlan: Biar Tidak Otoriter

Liputan6.com, Jakarta : Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan hari ini menjadi pembicara dalam “Forum Indonesia Muda” di Taman Wiladatika Cibubur. Acara tersebut diadakan dalam rangka pelatihan dan pendidikan karakter untuk aktifis mahasiswa/BEM.

Dalam acara itu Dahlan mendapatkan pertanyaan dari salah satu perwakilan mahasiswa Universitas Indonesia, perihal tanggapan aksi mahasiswa yang sering melakukan Demo.

Dahlan menjawab. “Pemerintah perlu dikritik agar tidak otoriter,” ungkap Dahlan seperti yang disampaikan Kepala Humas Kementrian BUMN, Faisal Halimi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (31/10/2013).

Dia menilai, mahasiswa perlu melakukan demo karena itu akan menjadi salah satu masukan bagi pemerintah. Selama ini hanya mahasiswalah sebagai elemen masyarakat yang paling kritis.

Namun Dahlan juga menghimbau aktivitas demo juga diimbangi dengan kegiatam diskusi antar kelompok mahasiswa. Hal itu dimaksudkan supaya mahasiswa tidak mudah dimanfaatkan provokator.

“Tapi mahasiswa harus dibarengi dengan diskusi kelompok-kelompok kecil, untuk menghindari mahasiswa dimanfaatkan kelompok-kelompok tertentu yang sudah memiliki agenda. Oleh karena itu mahasiswa harus juga punya agenda, di samping demo sebagai show off force,” tegas dia.

Forum Indonesia Muda ini diikuti setidaknya 120 orang mahasiswa dari sebelumnya yang mendaftar 5.695 orang mahasiswa yang berasal dari seluruh universitas di Indonesia. Proses pendidikan dan pelatihan ini akan berlangsung setidaknya selama 1 minggu. (Yas/Nur)

liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: