Dahlan Iskan Puji Cara Karen Pimpin Pertamina

“Saya bangga karena performance banyak manajemen BUMN yang sekarang jauh dari penampilan berbau instansi,” 

Dahlan Iskan - Karen

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memuji Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan dalam mengelola perusahaan minyak negara tersebut.

Dahlan mengaku bangga atas transformasi manajemen perusahaan BUMN yang kini berubah dan meninggalkan budaya instansi yang kaku dan tidak punya inovasi.

“Saya bangga karena performance banyak manajemen BUMN yang sekarang jauh dari penampilan berbau instansi,” kata Dahlan, di kantor pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (30/10/2013).

Menurut Dahlan, saat ini kepemimpinan Karen seperti jiwa kepemimpinan di perusahaan-perusahaan multinasional. “Penampilan Bu Karen tampilannya sudah seperti eksekutif perusahaan multinasional. Tidak banyak bunga-bunga dan kembang-kembang seperti dulu,” ungkapnya.

Dahlan melanjutkan, hal tersebut pertanda budaya kepemimpinan di Pertamina sudah memberikan peluang dan kelonggaran untuk siapapun berkreasi.

“Saya lihat dulu banyak pimpinan perusahaan negara untuk jaga wibawa, Andalkan marah. Dianggap semakin sering marah, semakin wibawa. Padahal bawahannya bilang kerjaannya marah saja. Marah tetap perlu tapi kapan waktu yang tepat dan memberi kesempatan bawahan utuk semakin berkembang,” pungkasnya.

Sekadar informasi, Karen baru-baru ini masuk dalam jajaran 50 Most Powerful Women in Business pada posisi ke-6 versi majalah Fortune Global.

Dia adalah CEO wanita pertama yang juga berhasil menghantarkan BUMN minyak dan gas di Indonesia, Pertamina masuk dalam jajaran perusahaan global terbaik dalam Fortune 500.

Fortune menilai Karen sangat layak berada pada peringkat No.6 tahun ini berdasarkan pertimbangan keberhasilannya dalam mengelola perusahaan dengan pendapatan US$ 70 miliar, mencapai laba bersih US$ 2,7 miliar dan berhasil masuk peringkat 122 Fortune Global 500.

Pencapaian laba bersih sebesar US$ 2,7 miliar atau naik 15% dari tahun sebelumnya tersebut menjadi pencapaian tertinggi dalam sejarah sejak perusahaan tersebut berdiri. (Pew/Ndw)

liputan6.com

***

Dahlan Iskan Ingin Petinggi Pertamina Tampung Usul Bawahan

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku berupaya merubah pola pikir di Pertamina yang biasanya selalu datang dari atasan ke bawahan. Menurutnya, saat ini pola pikir seperti itu harus diubah.

Dahlan menegaskan bahwa tidak semua usulan dari level yang rendah itu jelek. Untuk itu, jajaran pimpinan dan manajemen Pertamina harus memberikan kesempatan dan menghargai ide-ide bawahan.

“Jadi, semua harus memberi peluang kepada siapa saja untuk berkembang, meskipun itu dari level paling rendah sekalipun,” ujar Dahlan di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (30/10)

Dahlan mengakui, saat ini perusahaan-perusahaan BUMN masih kurang memberikan kesempatan bagi karyawan level bawah untuk memberikan ide. Karenanya ia berharap pola pikir itu bisa dirubah.

“Mulai saat ini kita semua memiliki kesempatan yang sama, ide bagus bisa datang dari siapa saja, tidak pandang jabatan,” tegas pria yang kemarin baru saja dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa (HC) dari Arellano University, Manila, Filipina itu. (chi/dom/jpnn)

sumeks.co.id

***

Dahlan: Pertamina Bisa Lebih Produktif Rp2 T/Tahun

JAKARTA – PT Pertamina melalui Program Annual Pertamina Quality melahirkan banyak inovasi-inovasi dan peluang bisnis baru yang memberikan dampak nyata dalam waktu singkat bagi pertumbuhan Pertamina sebagai perusahaan energi.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, dengan inovasi-inovasi yang telah dibuat oleh anak-anak muda, Pertamina mampu memberikan sumbangsih sekira Rp2 triliun. Asalkan inovasi anak-anak muda Pertamina tersebut direalisasikan seluruhnya.

“Saya berkunjung kepada semua stan, inovasinya kalau seluruhnya diterapkan nilainya Rp2 triliun lebih,” ucap Dahlan di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (30/10/2013).

Dahlan menjelaskan, produktivitas pendapatan Pertamina pun akan menjadi lebih baik ketika inovasi-inovasi anak-anak muda dapat diterapkan atau direalisasikan oleh Pertamina. “Jadi dengan inovasi anak-anak muda Pertamina ini, Pertamina akan lebih produktif Rp2 triliun per tahun,” tambahnya.

Dapat kita ketahui, Annual Pertamina Quality 2013 ini melibatkan insan Pertamina dari seluruh sentra operasi/produksi perusahaan. Terdapat 117 gugus atau kelompok CIP terbaik dari unit operasi atau bisnis atau region dan anak perusahaan yang terdiri dari 39 proyek kendali mutu (PKM) 45 gugus kendali mutu (GKM) dan 33 sistem saran (SS) yang mempresentasikan karya terbaik selama ajang Annual Pertamina Quality. ()

okezone.com

***

Pertamina di Tangan Anak Muda

JAKARTA – PT Pertamina melalui Program Annual Pertamina Quality melahirkan banyak inovasi-inovasi dan peluang bisnis baru yang memberikan dampak nyata dalam waktu singkat bagi pertumbuhan Pertamina sebagai perusahaan energi.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, dengan inovasi-inovasi yang dibuat anak-anak muda, Pertamina mampu memberikan sumbangsih sekira Rp 2 triliun. Asalkan inovasi anak-anak muda Pertamina tersebut direalisasikan seluruhnya.

“Saya berkunjung ke semua stan, inovasinya kalau seluruhnya diterapkan nilainya Rp 2 triliun lebih,” ucap Dahlan di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (30/10).

Dahlan menjelaskan, produktivitas pendapatan Pertamina pun akan menjadi lebih baik ketika inovasi-inovasi anak-anak muda dapat diterapkan atau direalisasikan Pertamina. “Jadi dengan inovasi anak-anak muda Pertamina ini, Pertamina akan lebih produktif Rp 2 triliun per tahun,” tambahnya.

Dapat kita ketahui, Annual Pertamina Quality 2013 ini melibatkan insan Pertamina dari seluruh sentra operasi/produksi perusahaan. Terdapat 117 gugus atau kelompok CIP terbaik dari unit operasi atau bisnis atau region dan anak perusahaan yang terdiri dari 39 proyek kendali mutu (PKM) 45 gugus kendali mutu (GKM) dan 33 sistem saran (SS) yang mempresentasikan karya terbaik selama ajang Annual Pertamina Quality. (net/wan/k9)

kaltimpost.co.id

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: