Satu RW Deklarasi Antinarkoba di Depan Dahlan Iskan

“Saya senang bisa hadir di acara ini, dan nanti saya akan datang lagi untuk senam dan berjoget bersama dengan warga lagi,”

Dahlan Iskan - Jauhi Narkoba
JAKARTA – Sekitar seribu warga RW 03, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, mengikuti kegiatan Bersih-Bersih Jakarta Demi Indonesia dan Senam Bersama yang digelar INDOPOS.

Sejak pukul 05.00 WIB, warga telah berkumpul di Jalan Cempaka Putih Timur 24, yang merupakan lokasi acara. Mereka terlihat antusias dengan hadirnya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan.

Menteri yang terkenal nyentrik ini datang pukul 05.20 WIB, mengenakan sepatu kets yang menjadi ciri khasnya, serta bercelana training hitam dan kaos putih. Dahlan yang datang tanpa pengawalan, langsung disambut Ketua RW 03 Aan Arjali, dan Pemimpin redaksi INDOPOS Don Kardono serta masyarakat. Turut hadir pula Sekretaris Kota Jakarta Pusat Wahyu Hariyadi.

Setelah menyalami satu per satu warga, Dahlan didaulat menandatangani deklarasi anak-anak muda RW 03 bebas narkoba. Ia dinilai sebagai tokoh panutan anti narkoba. Setelah itu, Dahlan langsung berkeliling ke sejumlah RT melalui gang-gang sempit. Diawali dengan mendatangi salah satu rumah yang merupakan pusat kerajinan ondel-ondel (tari boneka khas Betawi).

Setelah berbincang dengan pemilik rumah, Dahlan melanjutkan langkahnya ke rumah warga yang lain. Kali ini, ke rumah yang mengelola bank sampah. Menteri yang merupakan mantan wartawan ini cukup terkesan dengan kreativitas warga di RW 03. “Warga di sini cukup mandiri dan mampu memaksimalkan potensi yang ada di wilayahnya,” ujar Dahlan, sambil menebarkan senyum sumringah, kemarin (27/10).

Dahlan juga mengapresiasi kekompakan warga dalam melakukan penghijauan di lingkungannya. Hal itu dikatakan Dahlan, saat melihat kreasi warga menanam tumbuhan hijau merambat yang dibentuk menyerupai atap di sepanjang jalanan gang. Cara tersebut membuat kawasan RW 03 menjadi kawasan sejuk, padahal wilayah itu berlokasi di pusat Kota Jakarta yang terkenal panas.

“Ini bisa menjadi percontohan untuk wilayah Jakarta lainnya, agar mengurangi hawa panas dan polusi,” katanya.

Saat menyusuri gang-gang tersebut, langkah dahlan terhenti di sebuah bangunan kecil yang ternyata perpustakaan milik warga. Ia lagi-lagi sangat terkesan. Bahkan, Dahlan berjanji akan memberikan sumbangan buku-buku bacaan untuk perpustakaan ini.

“Nanti saya akan nyumbang buku bacaan untuk perpustakaan ini. Tolong panitia dari INDOPOS ingatkan saya ya, takutnya saya lupa,” tuturnya.

Usai puas berkeliling Menteri yang juga peserta Konvensi Partai Demokrat ini, kembali berjalan menuju panggung acara. Ia terlihat berseri-seri sembari menggendong bayi dari salah seorang warga.

Setibanya di panggung acara, Dahlan langsung memulai senam dengan diikuti warga. Tak berhenti di situ, puas bersenam ria, acara dilanjutkan berjoget bersama. Mulai dari joget Caesar yang sedang ngetren hingga goyang Chiken Dance yang melegenda. Bahkan, Dahlan mengajari warga cara berjoget Chicken Dance yang sering dibawakan oleh kelompok lawak Warkop DKI di era 80-an. “Saya senang bisa hadir di acara ini, dan nanti saya akan datang lagi untuk senam dan berjoget bersama dengan warga lagi,” ucap Dahlan.

Ketua RW 03 Aan Arjali, mengungkapkan, wilayahnya terdiri dari 18 RT. Seluruhnya menyambut positif kegiatan ini. “Hal itu dibuktikan dengan keikutsertaan hampir seluruh RT dalam kegiatan ini,” terang Aan.

Susi, salah satu warga mengaku sangat terhibur, karena panitia membuat acara yang atraktif. “Selain itu, dengan disediakannya berbagai hadiah menarik, membuat warga makin bersemangat,” ucap Susi.

Sekretaris Kota (Seko) Jakarta Pusat, Wahyu Hariyadi, menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, acara tersebut semakin menumbuhkan kebersamaan warga dalam membersihkan lingkungan. “Kami apresiasi apa yang dilakukan INDOPOS. Kami harap kegiatan ini bisa terus berlanjut,” tandasnya. (wok/ndy)

sumeks.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: