Dahlan Iskan usul satu paket pengelolaan migas

“Nah, kalau ini, negara memutuskan satu blok tidak perlu dilelang. Tapi, didedikasikan bagi investor yang membangun refinery (kilang minyak). Kalau digabung usaha hulu dan hilir, itu kan baik,” 

Dahlan Iskan - Kilang Minyak

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, sempat mencetuskan ide untuk membuat skema yang ditujukan bagi perusahaan minyak dan gas dalam pengelolaan blok migas. Nantinya, perusahaan migas ini akan mendapatkan satu paket, yaitu hulu dan hilir.

Namun, Dahlan mengatakan bahwa dia belum sempat merumuskan gagasan tersebut. Rencananya, beberapa hari ke depan, dia akan merumuskannya.

“Saya belum sempat dan masih terlalu sibuk. Minggu depan saya akan merumuskannya,” kata Dahlan dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, hari ini.

Setelah rumusan tersebut rampung, Dahlan akan menyampaikannya kepada kedua menteri terkait. “Kepada Menko (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa) dan Menteri ESDM (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik),” kata dia.

Ide Dahlan itu sempat diungkapkan beberapa hari lalu di gedung Dewan Perwakilan Rakyat. Dalam skema satu paket itu, nantinya pemerintah akan memberikan blok migas tanpa lelang kepada perusahaan yang mengadakan kontrak dengan pemerintah, dengan syarat menyanggupi untuk membangun kilang minyak.

“Banyak investor yang menginginkan diberi paket untuk mengebor minyak di satu sumber minyak,” tuturnya.

Saat ini, untuk mendapatkan pengelolaan blok migas di Indonesia, perusahaan harus mengikuti proses lelang. “Misalnya, Indonesia punya minyak di sebuah lokasi dan itu dilelang. Dilelang, siapa yang dapat dan dapat di blok apa,” tuturnya.

“Nah, kalau ini, negara memutuskan satu blok tidak perlu dilelang. Tapi, didedikasikan bagi investor yang membangun refinery (kilang minyak). Kalau digabung usaha hulu dan hilir, itu kan baik,” kata dia.

Dahlan beralasan bahwa keuntungan yang didapat dari sektor hulu lebih besar dari hilir. “Membangun refinery itu tidak menguntungkan. Yang menguntungkan itu mengolah minyak mentah,” kata mantan dirut PT Perusahaan Listrik Negara itu.

waspada.co.id

One Comment to “Dahlan Iskan usul satu paket pengelolaan migas”

  1. Kalau suatu perusahaan dikasih paket pengeboran minyak dan pengolahannya, apakah itu tidak menyalahi undang-undang anti monopoli? Bukankah di negara ini sudah ada ketentuan, suatu perusahaan tidak boleh menguasai suatu industri dari hulu hingga hilir?
    Ini yang harus dipertimbangkan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan, walau semuanya ingin memberikan kesempatan agar suatu perusahaan tertarik untuk membangun refenery sekligus dengan pengeboran migasnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: