Pengusaha Nasional Ajak Mahasiswa Cinta Produk Dalam Negeri

‘’Meski saya ini bukan orang berpendidikan tinggi, namun saya menaruh perhatian besar dalam bidang ini. Melalui pendidikan juga generasi penerus akan mampu membawa bangsa ini semakin jaya,’’

Dahlan iskan - Cinta Produk Indonesia
SEMARANG, suaramerdeka.com – Tokoh tokoh nasional berdatangan di Kampus Undip Tembalang dalam beberapa hari ini. Setelah Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyemangati para mahasiswa Selasa (22/10) lalu, giliran dua pengusaha nasional Irwan Hidayat dan Dahlan Iskan berbagi ilmu hari ini.

Irwan adalah Dirut PT Sidomuncul yang berhasil mengemas produk jamu tanah air memasuki pasar eksport, sedangkan Dahlan Iskan pengusaha media juga Menteri BUMN. Mereka memberikan perhatian khusus kepada mahasiswa dengan memberikan kuliah umum di Lantai III Auditorium FISIP Undip.

‘’Meski saya ini bukan orang berpendidikan tinggi, namun saya menaruh perhatian besar dalam bidang ini. Melalui pendidikan juga generasi penerus akan mampu membawa bangsa ini semakin jaya,’’tutur Irwan Hidayat.

Ditambahkan, perhatiannya terhadap pendidikan termasuk pada mahasiswa diwujudkannya dengan hadir di Undip. Menurut Irwan bangsa ini mengalami persoalan serius meski kelihatannya merdeka namun masih terjajah. Rakyat mengalami ketergantungan akan produk luar negeri. Akibatnya daya saing melemah lantaran semuanya harus menunggu pasokan asing.

‘’Kendaraan impor, kedelai impor, bahkan air yang kita minum ada label impornya. Rekan rekan mahasiswa mulai sekarang harus menyadari hal ini. Tanpa bersedia mencintai produk dalam negeri kapan negeri ini bisa mewujudkan kejayaannya,’’cetus Irwan.

Generasi ketiga PT Sidomuncul tersebut mengemukakan lantaran cinta produk dalam negeri dia memilih membesar perusahaan jamu warisan leluhurnya. Dia tidak tertarik bekerja dibidang yang berhubungan dengan orang asing melainkan menyukai mengeksplorasi kekayaan tanah air. Irwan mengemukakan semangat serupa harus dimiliki mahasiswa. Sebab Indonesia sudah terkenal kekayaan sumberdaya alamnya yang harus dimanfaatkan seluas-luasnya untuk kesejahteraan rakyat.

Dia juga meminta mahasiswa tidak perlu malu jatuh bangun mewujudkan impian. Semua kesuksesan termasuk dalam hal menuntut ilmu sepertinya tidak bisa dilakukan instan. Semuanya butuh proses, termasuk berhasil meraih gelar kesarjanaan di kampus. Konsep cinta tanah air ini sekaligus mampu membawa perusahaannya kini berjaya di kancah internasional. Nasionalisme akan terus dikibarkan melalui anak perusahaan dalam jaringan bisnis itu. Menempati lahan puluhan hektar di Semarang, Ungaran, Yogyakarta dan sejumlah kota lain perusahan itu memiliki laba ratusan miliar dari berbisnis jamu warisan leluhur.

Sementara itu Dahlan Iskan mengatakan tidak pernah mengambil gaji selama menjabat Dirut PLN dan Menteri BUMN. Padahal, imbuh pria yang puluhan tahun berprofesi sebagai jurnalis ini, gaji Dirut PLN mencapai Rp 160 juta per bulan. Dahlan pun mengaku ingin menyumbangkan kemampuannya demi kepentingan yang lebih luas. Dia bahkan sudah berjanji dihadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, tidak akan mencari gaji melalui kedudukannya di birokrasi.

( Hari Santoso / CN39 / SMNetwork )

 

CINDERA MATA: Menteri BUMN Dahlan Iskan menerima cendera mata dari Pembantu Rektor (PR) III Undip Warsito disaksikan Dirut PT Sidomuncul Irwan Hidayat Rabu (23/10). (suaramerdeka.com/Hari Santoso)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: