Dahlan Iskan Sosok Marketeer Sejati

“Dahlan itu memang marketing 3 hal. Dari vertikal jadi horizontal. Lalu dari eksklusif jadi inklusif dan dari individual menjadi sosial,” 

hermawan-kartajaya
BALIKPAPAN – Founder MarkPlus Hermawan Kartajaya mengatakan, jika ingin belajar marketing maka bisa melihat sosok Dahlan Iskan. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut dikenal sebagai pejabat yang identik dengan dunia marketing. Dan di dalam sikapnya ada mencakup marketing 3 hal yakni, horizontal, inklusif dan sosial. Atau lebih jadi sosok marketeer sejati.

Demikian diungkapkan Hermawan di sela-sela seminar MarkPlus Executive, Delivering WOW: Creating customer Advocate Through Service, Selasa (22/11) di Ballroom Hotel Novotel. Acara tersebut juga bekerja sama dengan Kaltim Post sebagai media partner.

“Dahlan itu memang marketing 3 hal. Dari vertikal jadi horizontal. Lalu dari eksklusif jadi inklusif dan dari individual menjadi sosial,” ujar Hermawan.

Ketiga hal itu dirinci Hermawan dengan gaya pembawaan yang santai adalah, Dahlan disebut horizontal, pejabat sekelas menteri tidak segan untuk turun ke bawah alias blusukan dan melihat langsung ke sejumlah BUMN. Bertemu staf sampai pimpinan untuk melihat secara detail sejumlah pekerjaan dan kendala. Lalu, Dahlan mencarikan solusinya.

Terus Dahlan juga inklusif karena dianggap tidak melakukan perbedaan dengan siapa pun. Seperti misalnya, dia mau menyalami dan berfoto dengan siapa saja. Bahkan, jika diundang oleh komunitas apapun dia datang. Dan tidak melihat agama, suku dan yang terpenting hasil yang ingin dicapai.

“Nah kalau individual jadi sosial, sekarang Dahlan itu kan jadi orang sosial bahkan bersifat dermawan lagi,” kata Hermawan.

Soal Dahlan Iskan, Hermawan mengaku sudah mengenalnya puluhan tahun yang lalu. Disebutkan, Dahlan sosok pria yang penuh dengan gebrakan dengan sebuah hasil positif, walaupun caranya terkadang sedikit nyeleneh.

“Gaya Pak Dahlan itu ya begitu tapi dia orang baik dan jujur. Pengalaman saya 22 tahun kumpul sama dia banyak hal positif yang dibuat. Dia itu gayanya begitu memang, enggak nunggu sampai semuanya menjadi teratur, dia selalu menggebrak-gebrak begitu. Tujuannya kan baik, orang itu mbok dilihat tujuannya, nggak perlu dilihat caranya,” cerita Hermawan.

Di tangan Dahlan sekarang BUMN banyak berubah. Sebut saja, PT Garuda (Persero) yang sudah menjadi airline kelas dunia (world class) dan mampu mengalahkan airline dunia seperti Singapore Airline, Etihad Airways, maskapai raksasa Uni Emirat Arab, dan maskapai lainnya.

“Pertamina juga sekarang sangat baik. Dan sekarang Dahlan Iskan ingin semua BUMN harus tumbuh dan yang rugi menjadi untung,” ungkapnya.

Dalam kegiatan MarkPlus dan Marketing Conference, Dahlan Iskan pernah dinobatkan sebagai Marketeer of The Year 2010. Saat itu, prestasi Dahlan adalah me-launching gerakan sehari sejuta sambungan PLN yang tidak pernah terjadi dalam kepemimpinan PLN sebelumnya.

“Nanti tanggal 12 Desember 2013, Dahlan Iskan akan hadir bertemu dengan 5.000 undangan yang mereka adalah para marketeers se-Indonesia di Hotel Ritz Charlton Jakarta. Dan Dahlan juga sebagai salah satu dewan juri untuk menentukan siapa yang menjadi Marketeer of The Year 2014,” jelas Hermawan. (git/lhl/k1)

kaltimpost.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: