Dahlan Pastikan Seluruh Karyawan BUMN Jadi Peserta BPJS Kesehatan

“Kami tahu bahwa karyawan BUMN ini umumnya pendidikannya tinggi, sehingga relatif lebih sadar kesehatan dan mestinya jarang sakit sehingga iuran dari BUMN mungkin akan lebih banyak digunakan untuk kalangan miskin yang selama ini gizinya kurang dan seterusnya yang mungkin relatif akan lebih sering sakit,” 

Dahlan Iskan - Karyawan Leces

Keikutsertaan seluruh karyawan BUMN menjadi peserta BPJS sudah melewati kesepakatan seluruh direktur BUMN.

JAKARTA, Jaringnews.com – Karyawan 140 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dipastikan akan menjadi peserta Program Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mulai 1 Januari 2014. Hal itu dipastikan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Seperti yang diketahui, mulai 1 Januari 2014 Program Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan dikelola oleh PT Askes sebagai Badan Pengelola Jaminan Sosial Kesehatan. Dahlan mengatakan keikutsertaan seluruh karyawan BUMN menjadi peserta BPJS sudah lewat kesepakatan seluruh direktur BUMN.

“Namun kami semua tadi malam sepakat karena BPJS Kesehatan ini adalah program yang sangat bersejarah bagi Indonesia dan pada masa pemerintahan bapak presiden lah hal yang bersejarah ini lahir. Maka kami semua sepakat untuk mendukung agar BPJS kesehatan ini,” kata Dahlan di acara pencanangan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Sekolah Pembentukan Perwira (SETUKPA), Sukabumi, Senin (21/10).

Dahlan mengatakan keikutsertaan seluruh karyawan BUMN ini sebagai bentuk komitmen Kementerian BUMN mendukung program BPJS. Meski kebanyakan karyawan Perusahaan BUMN berpendidikan tinggi dan asuransi kesehatannya sudah dijamin oleh perusahaan secara mandiri.

“Kami tahu bahwa karyawan BUMN ini umumnya pendidikannya tinggi, sehingga relatif lebih sadar kesehatan dan mestinya jarang sakit sehingga iuran dari BUMN mungkin akan lebih banyak digunakan untuk kalangan miskin yang selama ini gizinya kurang dan seterusnya yang mungkin relatif akan lebih sering sakit,” jelas Dahlan.

(Chm / Mys)

jaringnews.com

***

140 BUMN dukung pelaksanaan BPJS Kesehatan

Sukabumi (ANTARA News) – Sejumlah 140 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sepakat untuk berperan aktif dan mendukung pelaksanaan Program Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang akan dikelola oleh PT Askes sebagai Badan Pengelola Jaminan Sosial Kesehatan pada 1 Januari 2014.

“Tadi malam seluruh direktur utama BUMN sudah memfinalisasi yang pada dasarnya semua sudah memiliki skema jaminan kesehatan masing-masing. Kami semua sepakat mendukung BPJS kesehatan ini,” kata Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam acara sosialisasi penyelenggaraan BPJS Kesehatan di Secapa Polri Sukabumi, Senin.

Seluruh 140 Direktur BUMN tersebut menandatangani dukungan pelaksanaan BPJS Kesehatan yang akan ditindaklanjuti kemudian dalam pelaksanaannya. Sejumlah BUMN yang menandatangani antara lain PT Pertamina, PT Garuda Indonesia, PT Telkom, PT Angkasa Pura, PT Pos Indonesia, Perum LKBN Antara, Perum Balai Pustaka, Perum Percetakan Negara dan BUMN lainnya.

Dahlan mengatakan setelah PT Askes menjadi Badan Pengelola Jaminan Sosial Kesehatan pada 1 Januari 2014, maka PT Askes tidak lagi dibawah menteri BUMN.

Ia mengatakan direksi PT Askes harus siap dengan peningkatan tanggung jawab yang dimiliki dan harus mempersiapkan sistem kerja yang sesuai dengan bebannya. Perusahaan itu sudah merekrut 4.000 pegawai baru sebagai upaya peningkatan kapasitas perusahaan untuk menghadapi beban kerja yang meningkat.

Saat ini pemerintah telah memberikan jaminan kesehatan masyarakat untuk kelompok miskin dan tidak mampu sebanyak 86,4 juta jiwa.

Pada awal 2014, jaminan kesehatan nasional akan menyatukan jaminan kesehatan aparat negara (eks Askes dan TNI-Polri), masyarakat miskin tidak mampu (eks program Jamkesmas) dan pekerja formal (eks Jaminan Kesehatan Jamsostek) dengan jumlah total minimal 120 juta jiwa, masing-masing 86,4 juta dari peserta Jamkesmas, 11 juta peserta jaminan kesehatan daerah, 16 juta peserta Askes, 7 juta peserta Jamsostek dan 1,2 juta dari TNI dan Polri.

Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono, para menteri dan juga direktur BUMN dan sejumlah pejabat lainnya. Pemilihan Sukabumi sebagai lokasi penyelenggaraan acara tersebut karena Pemda Sukabumi merupakan pemerintah daerah pertama yang mengikuti program Askes sejak awal adanya pelayanan jaminan kesehatan.

http://www.antaranews.com/berita/401407/140-bumn-dukung-pelaksanaan-bpjs-kesehatan

One Comment to “Dahlan Pastikan Seluruh Karyawan BUMN Jadi Peserta BPJS Kesehatan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: