Dahlan Iskan: Jalur KA Bogor-Sukabumi akan Kembali Diaktifkan

“Rel masih baik sehingga tinggal datangkan kereta, gerbong-gerbong,” 

Sukabumi_Train_Station

Pemerintah akan kembali mengaktifkan jalur kereta api dari Bogor menuju Sukabumi, Jawa Barat. Hal itu diungkap dalam acara gerakan sadar Jaminan Kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa), Sukabumi, Jawa Barat, Senin (21/10/2013).

Acara itu dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ny Ani Yudhoyono, jajaran kabinet, para pemimpin BUMN, para kepala daerah di Jawa Barat, dan ribuan undangan lain.

Awalnya, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, para direktur utama BUMN dan para pejabat lain bersusah payah untuk mencapai lokasi ini. Banyak kendala seperti jalan rusak hingga adanya longsor.

Karena itu, Dahlan mengatakan, BUMN berencana mengaktifkan kembali jalur kereta api dari Bogor menuju Sukabumi yang dalam satu tahun terakhir tidak berjalan. Ia mengaku sudah meninjau stasiun kereta api.

“Rel masih baik sehingga tinggal datangkan kereta, gerbong-gerbong,” kata Dahlan disambut riuh tepuk tangan warga Sukabumi yang hadir.

Dahlan memprediksi, dalam dua bulan kedepan kereta api sudah bisa beroperasi. Selain itu, dalam 5 bulan kedepan, kata dia, akan diaktifkan juga jalur Sukabumi-Cianjur. Jalur menuju Cianjur diperlukan sebagai alternatif transportasi lantaran akses jalan yang rusak.

Kepada Presiden, Dahlan meminta doa restu. Anggaran pembangunan infrastruktur tersebut sebenarnya bukan dari BUMN, tapi pemerintah. Namun, Dahlan mengaku ingin pembangunan itu menggunakan anggaran BUMN.

Dalam sambutannya, Presiden mengaku mendukung penuh usulan tersebut. Nantinya, kata Presiden, anggaran pembangunan akan dibantu dari Kementerian Perhubungan.

Presiden mengaku sudah meminta Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto untuk meninjau lokasi-lokasi jalan rusak atau rawan longsong di daerah Sukabumi.

Untuk diketahui, baru terjadi longsor di jalur menuju Sukabumi. Longsor tersebut mengakibatkan para undangan harus berputar melalui Cianjur sehingga menambah waktu tempuh.

“Saya putar lewat Cianjur. Dari Cikeas (kediaman) lalu ke Cipanas, Cianjur baru ketempat ini. Saya beri dukungan penuh agar prakarsa BUMN itu menjadi solusi. Kalau Dahlan katakan dua bulan, itu paling lambat. Jadi tolong segera direalisasikan,” kata Presiden.

kompas.com

***

Dahlan Iskan Janji Hidupkan Lagi KA Jalur Sukabumi-Bandung, Sukabumi-Bogor

Metrotvnews.com, Sukabumi: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) segera mengoperasikan kembali jalur kereta api Sukabumi-Bandung dan Bogor yang sudah tidak beroperasi dalam waktu yang lama.

“Untuk tahap awal kami akan memperbaiki jalur lintasan, sarana, dan prasarana mulai dari lintasan kereta api Sukabumi-Bandung dan Sukabumi-Bogor,” kata Menteri BUMN Dahlan Iskan di Sukabumi, Senin (21/10).

Menurut Dahlan, perbaikan akses jalur transportasi darat kereta api itu untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan yang cepat dan aman, sehingga diharapkan kereta di dua jurusan tersebut bisa segera beroperasional kembali melayani masyarakat.

Pihaknya juga akan meninjau seberapa jauh lintasan kereta api tersebut masih bisa digunakan karena seperti diketahui sudah lamanya tidak beroperasional kereta api di Sukabumi khususnya jurusan Bandung dipastikan ada sarana yang rusak.

Selain itu, pihaknya juga akan mempercepat pembangunan sarana dan prasarana transportasi darat di Sukabumi menuju Bogor, karena percepatan peningkatan sarana transportasi di khususnya di Sukabumi sangat perlu ditingkatkan agar mobilitas manusia dan barang bisa lebih baik.

“Saya berharap perbaikan sarana transportasi ini bisa segera dilakukan dan akan segera dianggarkan sehingga proses pembangunan untuk peningkatan sarana transportasi di Sukabumi bisa dilaksanakan,” tambahnya. (Antara)

Editor: Henri Salomo Siagian

metrotvnews.com

***

Dahlan Iskan Telah Disetujui Untuk Membuka Kembali Jalur Kereta Api Bogor-Sukabumi

Sukabumi – Menteri BUMN Dahlan Iskan sudah merencakan akan membuka kembali jalur kereta api Bogor-Sukabumi, dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga telah memberikan ijin proyek yang akan dijalankan itu. Bahkan untuk proyek tersebut SBY ingin agar Dahlan Iskan segera mewujudkan proyek itu.

Saat berada di Sekolah Pembentukan Perwira (SETUKPA) Sukabumi, Jabar, Senin (21/10/2013) Pak SBY mengatakan, “Saya sudah menduga kalau warga Sukabumi menanti tanggapan dari saya, mengenai proyek ini. Saya sepenuhnya akan mendukung apa yang akan direncanakan oleh Pak Dahlan Iskan, yang paling penting segera terlaksana dan kita akan sesuaikan dengan anggaran perhubungan”.

Pak SBY juga memberikan perintah kepada Menteri Pekerjaan Umum untuk melihat lebih jelas lokasi kereta api Bogor-Sukabumi itu. Serta secara detail melihat titik-titik yang dianggap rawan longsong di jalur kereta.

“Saya sudah perintahkan agar Menteri Pekerjaan Umum benar-benar melihat titik yang rawan longsor, sebab jangan sampai terjadi longsor yang akhirnya bisa memperlambat jalur tersebut lebih lama,” ujharnya.

Rencana Dahlan Iskan ini sungguh mendapatkan respon yang positif dari Presiden SBY, bahkan beliau berterima kasih karena Pak Dahlan mempunyai gagasan yang sangt cemerlang untuk membangun proyek rute kereta api Bogor-Sukabumi-Cianjur. Presiden SBY akan menunggu proyek itu selesai dalam kurun waktu 2 bulan seperti apa yang telah dijanjikan oleh Dahlan ISkan.

Jalur kereta api ini memang telah mendapat persetujuan dari Pak Presiden, ini karena jika jalur ini telah ada maka jalur transportasi yang padat merayap hingga berjam-jam akan bisa ditempuh dengan waktu yang lumayan singkat yaitu hanya 1-1,5 jam jika menggunakan kereta api. Dan ini merupakan jalur alternatif antara Bogor-Sukabumi.

Dulu pada tahun 2008 Dirjen Perkeretaapian Departemen Perhubungan Wendy Aritenang juga sempat berencana untuk kembali mengaktifkan jalur kereta api Bogor-Sukabumi namun belum terlaksana hingga saat ini.

Hasil tinjauan yang pernah dilakukan Dirjen Perhubungan, memang proyek mengaktifkan kembali jalur kereta api tersebut sudah berjalan sekitar 90 persen. Jika jalur kereta api Bogor-Sukabumi telah dibuka kembali maka selanjutnya giliran jalur kereta api Sukabumi-Cianjur dan juga Cianjur-Bandung yang akan diaktifkan kembali. Tita Yanuantari – HarianIndo.Com)

harianindo.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: