Dahlan Iskan di Seminar Kode Etik

173025_475

TEMPO.CO, Bantul – Menteri BUMN, Dahlan Iskan membagikan uang ke sejumlah mahasiswa dalam seminar “Etika Jurnalistik vs Jurnalisme Online” di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Sabtu, 19 Oktober 2013. Pada kesempatan itu, Dahlan yang menjadi pembicara membahas tentang kode etik jurnalistik.

“Siapa yang berani menjelaskan apa perbedaan pekerjaan dengan profesi dan mengapa profesi memerlukan kode etik,” kata Dahlan kepada ratusan mahasiswa di hadapannya. Bagi mahasiswa yang berani maju ke podium dan menjawab pertanyaan tadi dengan benar, Dahlan memberi iming-iming berupa uang Rp 500 ribu.

Tentu tawaran itu mendorong puluhan mahasiswa mengacungkan tangan agar ditunjuk Dahlan maju ke podium. Jawaban para mahasiswa beragam. Rico misalnya, mahasiswa Fakultas Ekonomi UMY angkatan 2011 ini menjawab profesi merupakan pekerjaan yang dilakukan dengan panggilan jiwa, bukan sekadar melamar dan diterima tempat bekerja.

Sementara Nawawi, mahasiswa Jurusan Komunikasi angkatan 2011 menganggap profesi berkaitan dengan kepentingan umum sehingga berbeda dengan pekerjaan biasa, makanya butuh kode etik.

Memang, tidak semua jawaban mahasiswa dianggap Dahlan benar. Tapi, setidaknya ada sekitar sepuluh mahasiswa yang berhasil membawa pulang masing-masing duit Rp 500 ribu sebagai pemberian cuma-cuma bos Jawa Pos Grup itu.

Dahlan akhirnya menyampaikan jawaban versinya. Menurut dia pelaku profesi menjalani pekerjaan dengan kehendak hati sehingga memiliki karakter independensi dan kemerdekaan yang kuat. Pelaku profesi, menurut Dahlan tidak bekerja mutlak di bawah tekanan aturan formal. “Perlu kode etik agar mereka tidak semaunya sendiri, bisa bahaya jika tidak ada batasan,” ujar dia.

Menurut dia hampir semua profesi memiliki citra buruk karena pelakunya kerap melupakan substansi pekerjaannya yang harus mengabdi kepada kepentingan publik. “Dokter, pengacara, wartawan, hakim atau pendidik banyak yang sering melupakan hubungan pekerjaanya dengan kepentingan masyarakat,” ujar dia.

ADDI MAWAHIBUN IDHOM

http://www.tempo.co/read/news/2013/10/19/078522968/Dahlan-Iskan-Bagi-bagi-Duit-di-Seminar-Kode-Etik

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: