Dahlan Minta Transaksi BUMN Pakai Mata Uang Asing

BUMN turut diminta lebih menggunakan mata uang rupiah untuk seluruh transaksi di dalam negeri. 

Jakarta, GATRAnews – Menteri BUMN Dahlan Iskan menginstruksikan kepada perusahaan BUMN agar penerimaan pembayaran dari seluruh transaksi ekspor dilakukan dalam bentuk mata uang asing.

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran No: SE-04/MBU/2013 tentang Kebijakan Melakukan Ekspor di Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.

“Tujuan dari penerbitan surat edaran ini semata-mata mengajak BUMN turut serta bersama pemerintah menjaga dan meningkatkan stabilitas perekonomian nasional,” tutur Dahlan, sebagaimana dilaporkan Antara, di Jakarta, Jumat (18/10).

Ia menyebutkan, surat edaran ini diperuntukkan bagi BUMN yang melakukan kegiatan ekspor komoditas. Adapun dasar dari surat edaran, antara lain UU Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN, Keputusan Presiden Nomor 59/PP tahun 2011, dan Keputusan rapat pimpinan Kementerian BUMN tanggal 19 September 2013.

Lebih jauh diutarakannya, BUMN yang melakukan ekspor harus berhubungan secara langsung dengan pelanggan dan tidak melalui perantara, serta menggunakan Letter of Credit (LC).

BUMN juga dituntut selektif dalam melakukan impor sehingga impor harus dilakukan dengan benar terhadap barang dan jasa yang apabila tidak dimpor, akan mengganggu proses produksi.

“Bagi BUMN yang melakukan ekspor dalam volume kecil dapat melakukan koordinasi antar BUMN yang mengekspor komoditas yang sama atau dengan BUMN perdagangan,” tuturnya.

BUMN turut diminta lebih menggunakan mata uang rupiah untuk seluruh transaksi di dalam negeri. (*/DKu)

http://www.gatra.com/ekonomi-1/40994-dahlan-minta-transaksi-bumn-pakai-mata-uang-asing.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: