Dahlan Janji Krisis Listrik di Sumatera Beres November

“Pembangunan pembangkit Teluk Sirih juga juga akan selesai pada November. Jadi, perhitungannya November selesai krisis listriknya,” 

Dahlan Iskan - Sumatra

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan persoalan krisis listrik Sumatera akan terselesaikan pada November mendatang. Alasannya, kata Dahlan, beberapa pembangkit sudah selesai diperbaiki pada November, seperti Sibolga I dan II yang masing-masing berkekuatan 80 MW serta Ombilin yang berkekuatan 160 MW.

“Pembangunan pembangkit Teluk Sirih juga juga akan selesai pada November. Jadi, perhitungannya November selesai krisis listriknya,” katanya usai rapat pimpinan di Kementerian BUMN, Kamis, 17 Oktober 2013.

Menurut Dahlan, terjadinya byar pet listrik di Sumatera belakangan ini disebabkan oleh prosedur perawatan beberapa pembangkit, seperti Sibolga, Ombilin, dan Belawan. Untuk Belawan, ia mengaku perbaikan baru akan selesai pada Desember.

Selama menunggu pembangkit-pembangkit tadi bekerja optimal, Dahlan melanjutkan, PLN telah menyewa beberapa genset dan ditempatkan di Paya Pasir Medan Sumatera Utara.

Genset itu akan menyala secara bertahap dengan tahap pertama sebesar 30 MW, kemudian minggu depannya 45 MW. “Bisa mengurangi byar pet di Sumatera Utara hingga 75 persen,” katanya. Di wilayah Sumatera Barat juga dilakukan hal yang sama. Untuk daerah ini, Dahlan akan mendatangkan genset yang dapat menghasilkan listrik hingga 50 MW.

Namun, nantinya diperlukan lagi banyak tambahan pembangkit listrik karena ada peningkatan konsumsi listrik secara drastis. “Listrik sekarang cukup, enam bulan lagi belum tentu cukup. Apalagi, di Medan kenaikan konsumsi listriknya luar biasa,” katanya.

ANANDA PUTRI

http://www.tempo.co

***

Dahlan Janji Listrik di Sumatera Tidak “Byar Pet” Lagi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengharapkan agar krisis listrik di wilayah Sumatera akan segera berakhir. Bahkan mantan bos PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) ini menjanjikan listrik di wilayah tersebut tidak akan mati lagi.

“Jadi November, masalah krisis listrik di Sumatera (baik Medan, Padang, Riau hingga Aceh) bisa selesai semua,” kata Dahlan selepas Rapat Pimpinan BUMN di kantor Bank Mandiri Jakarta, Kamis (17/10/2013).

Saat ini, PLN sudah mengirim genset ke Paya Pasir, Medan untuk membantu membangkitkan listrik di wilayah tersebut. Apalagi di lokasi tersebut banyak pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) maupun diesel (PLTD). Genset ini akan berkapasitas 75 MW. Genset tersebut akan beroperasi secara bertahap yaitu seminggu ini 30 MW dan minggu depannya lagi sekitar 45 MW.

“Jadi tiga minggu lagi akan selesai. Ini bisa kurangi byar pet di sana sekitar 75 persen,” tambahnya.

Khusus wilayah Sibolga, Dahlan mengaku, perbaikan genset di sana sudah hampir selesai dan bisa menghasilkan listrik sekitar 80 MW. Begitu juga dengan Naganraya Meulaboh yang mampu mengoperasikan hingga 60 MW, dari kapasitas total 100 MW.

“Di Meulaboh ini sempat terganggu sedikit akibat gempa yang terjadi beberapa hari lalu. Tapi akhir November ini, genset yang satu lagi di Sibolga bisa selesai perbaikannya. Harapannya ini bisa memberi tambahan 80 MW,” jelasnya.

Dahlan mengatakan, krisis listrik di Sumatera karena masalah genset listrik di Belawan dengan potensi kehilangan daya sekitar 160 MW. Begitupun di Sibolga yang kehilangan daya listrik 160 MW dan Umbilin 150 MW. “Kehilangan daya listrik tersebut menyebabkan listrik mati di Sumatera Utara, Sumatera Barat hingga Riau dan Aceh,” tambahnya.

Namun Dahlan yakin bahwa kondisi listrik di wilayah Sumatera ini akan segera pulih. “Memang warga Sumatera boleh marah saya, meski saya tidak jadi Dirut PLN lagi,” katanya.

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/10/17/1300312/Dahlan.Janji.Listrik.di.Sumatera.Tidak.Byar.Pet.Lagi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: