Askes Diminta Lepas InHealth ke Bank Mandiri

“Jadi tadi malam rapat dengan Wakil Presiden, bahwa BPJS tidak boleh punya anak usaha. Makanya harus segera diproses Askesmelepas InHealth. Jadi ini bisa dilepas ke Bank Mandiri atau siapapun yang berminat,” 

Dahlan Iskan - askes inhealth
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meminta PT Askes segera melepas anak usahanya, PT InHealth kepada Bank Mandiri. Hal ini terkait Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) diharuskan tidak boleh memiliki anak perusahaan.

“Jadi tadi malam rapat dengan Wakil Presiden, bahwa BPJS tidak boleh punya anak usaha. Makanya harus segera diproses Askesmelepas InHealth. Jadi ini bisa dilepas ke Bank Mandiri atau siapapun yang berminat,” kata Dahlan selepas Rapat Pimpinan BUMN di kantor Bank Mandiri Jakarta, Kamis (17/10/2013).

Maksud pemerintah agar BPJS tidak memiliki anak usaha karena BPJS ini harus berdedikasi terhadap pelayanan kesehatan dan bukan untuk semata-mata tujuan bisnis. Bahkan nantinya investasi BPJS juga akan dibatasi.

“Intinya sebelum 1 Januari 2014 mendatang, InHealth harus segera dilepas. Namun InHealth ini memang sudah siap dilepas sejak dulu,” tambahnya.

Harapan Dahlan, dengan InHealth bisa dilepas ke Bank Mandiri, maka bank beraset terbesar ini bisa mengonsolidasikan aset InHealth ke Axa Mandiri, salah satu lini bisnis Bank Mandiri di sisi perusahaan asuransi.

Dengan aset yang tidak terlalu besar, maka proses akuisisi ini akan lebih mudah dilakukan. Bilapun dijual, maka prosesnya pun relatif gampang karena tidak ribet harus konsolidasi asetnya.

 

***

Askes Diminta Lepas Anak Usahanya saat Jadi BPJS

Liputan6.com, Jakarta : PT Asuransi Kesehatan (Persero) atau dikenal Askes akan berubah bentuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mulai 1 Januari 2014.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meminta sebelum BPJS berjalan, Askes harus melepas anak perusahaannya yaitu PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia.

Hal itu karena sesuai aturan pemerintah, BPJS dilarang untuk memiliki cabang usaha.

“Tadi malam ada rapat kordinasi di kediaman Wapres, Wamen BUMN menyampaikan dalam forum itu BPJS nggak boleh punya anak perusahaan karena harus dedicated pelayanan kesehatan itu. Bahkan investasi akan dibatasi,” jelas Dahlan saat berbincang dengan wartawan usai menggelar rapat pimpinan BUMN di Kantor Pusat Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (17/10/2013).

Dahlan menambahkan supaya Direktur Utama PT Askes, Fachmi Idris segera memproses pelepasan Inhealth dari daftar laporan pembukuan perusahaan.

Selebihnya, saat ini sudah ada dua perusahaan BUMN lain yang siap menerima Inhealth untuk menjadi anak perusahaannya yang baru.

Kedua perusahaan itu adalah PT Bank Mandiri (Persero) dan PT Kimia Farma (Persero). “Dari situ saya minta Dirut Askes untuk segera memproses pelepasan Inhealth, bisa ke Mandiri, bisa ke Kimia Farma atau bisa ke kedua-duanya,” jelas Dahlan. (Yas/Nur)

http://bisnis.liputan6.com/read/722392/askes-diminta-lepas-anak-usahanya-saat-jadi-bpjs?wp.trkn

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: