Dahlan Iskan Ajak Bupati Kampar Nginap di Rumahnya Diskusikan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat

“Saya sudah coba di PTPN-PTPN yang ada di Indonesia untuk beternak sapi. Tapi kayaknya saya musti banyak belajar di sini. Jadi Pak Bupati, kalau ke Jakarta, saya minta tidur di rumah saya. Kita diskusi semalaman, ya,” 

Menteri BUMN Dahlan Iskan terkesan dengan program pemberdayaan ekonomi rakyat yang dilakukan Pemkab Kampar. Merasa sangat tertarik, ia mengajak Bupati Jefry Noer menginap di rumahnya untuk mendiskusikan lebih lanjut.

Riauterkini-SIAKHULU- Nyaris tak berkedip Meneg BUMN Dahlan Iskan saat melihat Bupati Kampar Jefry Noer berpidato di bawah tenda biru raksasa yang ada di Komplek Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Karya Nyata Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu itu, Ahad (13/10/13).

Angka-angka kemiskinan, jumlah peserta pelatihan P4S, pinjaman dana bergulir, dan besaran dana yang dikucurkan oleh Bank Bukopin kepada koperasi yang ada di kecamatan dan desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Kampar, dia catat.

“Saya sudah coba di PTPN-PTPN yang ada di Indonesia untuk beternak sapi. Tapi kayaknya saya musti banyak belajar di sini. Jadi Pak Bupati, kalau ke Jakarta, saya minta tidur di rumah saya. Kita diskusi semalaman, ya,” pinta Dahlan Iskan saat dia yang kemudian berdiri di atas podium.

Dahlan tak malu-malu pula mengatakan rasa bangganya terhadap gagasan pendidikan yang dibikin Jefry kepada masyarakatnya. “Sukses story Muslim sungguh luar biasa,” katanya.

Muslim adalah ‘komandan’ enam sekawan petani cabai di Desa Danau Lancang Kecamatan Tapung Hulu. Di kunjungan kerja Dahlan Iskan ke Kubang Jaya itu, Muslim sempat dikasi waktu untuk menceritakan pengalamannya bertanam cabai. Pengalaman atas keuntungan bersih Rp 1,2 miliar lebih yang didapat oleh enam sekawan ini dalam tempo enam bulan bertanam cabai di atas lahan seluas 3 hektar.

“Gimana kalau tanaman kedua ini gagal?” dari tempat duduknya, Dahlan bertanya kepada Muslim yang masih berdiri di podium.

“Saya tidak pernah mau memikirkan kegagalan Pak. Saya musti selalu optimis. Biar saya tidak takut melakukan apa yang saya anggap sebagai jalan hidup saya,” Muslim yang jebolan P4S Karya Nyata Kubang Jaya itu menjawab diplomatis.

Mendengar jawaban itu, Dahlan senang. “Jangan takut dengan masalah. Justru lebih baik pikirkan cara mengatasi masalah itu. Petani kita memang sudah sangat pintar memilah apa yang akan dia tanam. Buktinya, kedelai murah, mereka tak mau tanam kedelai. Wajar jika kemudian kedelai menghilang. Tapi di Kampar, Bupati nya justru inovatif. Saya salut,” kata Dahlan.

Selain bertanya kepada muslim, Dahlan juga bertanya kepada Sofyan Bahrum, warga Desa Kubang Jaya yang menjadi lulusan terbaik di angkatan 13 dan 14 P4S. Sama seperti Muslim yang tak grogi, Syofian bilang kalau hidupnya ada di pertanian.

“Cita-cita saya ingin naik haji, Pak. Saya akan ajak anak saya yang besar untuk bertani, mengolah lahan sesuai arahan instruktur saya di pelatihan,” katanya. “Gimana kalau nanti gagal?” Dahlan memancing Sofyan.

“Sebagai petani, saya musti optimis. Petani tak boleh mengeluh. Musti terus berusaha. Malam tahajjud, siang kerja, kerja dan kerja,” Syofyan menjawab.“Inti sukses itu ya kayak apa yang dikatakan Sofyan. Kerja, kerja dan kerja. Tanyakan pada diri sendiri, berapa karat kesungguhan itu. hasilnya akan sesuai dengan karat kesungguhan tadi,” kata Dahlan.(man)

http://www.riauterkini.com/usaha.php?arr=65518

Iklan

One Comment to “Dahlan Iskan Ajak Bupati Kampar Nginap di Rumahnya Diskusikan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat”

  1. Menteri BUMN Dahlan Iskan selalu mendukung program, siapa pun dan dari mana pun, yang berusaha meningkatkan perekonomian rakyat sekaligus mengentaskan kemiskinan. Dan, mantan Dirut PLN itu buka rahasia, kalau dirinya sudah berkali-kali mendorong PTPN-PTPN (BUMN) agar dalam perkebunan mereka juga mengembangbiakkan sapi, dari pada pelepah sawitnya dibuang begitu saja, lebih baik dijadikan makanan sapi, ternyata belum banyak yang sukses.
    Untuk ini, mantan wartawan Jawa Pos itu perlu belajar dari Bupati Kampar, Riau yang kini mengembangkan sekolah petani.
    Seperti itulah yang terus dipikirkan Dahlan sehingga Indonesia bisa lebih baik dan lebih bermartabat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: