Pabrik Gondorukem Terbesar di Asean Ada di Pemalang

“Pabrik yang dibangun dengan investasi sekitar Rp190 miliar ini akan menjadi pabrik pengolahan gondorukum terbesar di Asia Tenggara,”

gum-rosin

Perum Perhutani akan mengoperasikan pabrik pengolahan derivatif gondorukem atau getah pinus dan terpentin di Pemalang, Jawa Tengah, pada akhir Oktober 2013 dengan kapasitas olah sekitar 30.000 ton per tahun.

“Pabrik yang dibangun dengan investasi sekitar Rp190 miliar ini akan menjadi pabrik pengolahan gondorukum terbesar di Asia Tenggara,” kata Direktur Utama Perhutani Bambang Sukmananto di Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Menurut Bambang, pabrik yang berlokasi di Kampung Bojongbata, Pemalang, ini akan diresmikan langsung oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan.

bumper-bumper-besar-di-tengah-krisis-besar

Bambang menjelaskan dari pengolahan gondorukem tersebut akan menghasilkan produk turunan dari terpentin berupa glicerol rosin ester, alpha pinene, betha pinene, limonen, cineol dan alpha terpineol atau terpentin yang dapat dijadikan bahan dasar industri makan dan minuman, adhesive, indutri kertas, industri cat dan tinta, parfum serta farmasi.

“Mulai dari industri kertas, industri plastik, kulit, hingga sabun cuci membutuhkan turunan produk terpentin,” ujarnya.

Dia menjelaskan pabrik yang dibangun di lahan seluas 2,5 hektar ini akan menghasilkan turunan terpentin untuk memenuhi kebutuhan industri dalam negeri.

“Namun, setelah pabrik tersebut mencapai kapasitas produksi yang lebih tinggi maka juga akan disekpor ke sejumlah negara seperti Jepang, India, Amerika Serikat, Jerman, Inggris dan Singapura,” kata Bambang.

Bambang menjelaskan selama ini hampir semua industri di Indonesia memenuhi kebutuhan produk derivatif gondorukem dari pasar impor, seperti China, Eropa dan India.

“Dengan dibangunnya pabrik gondorukem dan terpentin ini diharapkan dapat memenuhi permintaan industri di dalam negeri,” ujarnya.

Perhutani memprediksi dengan dibangunnya pabrik derivat gondorukem tersebut mampu menghasilkan nilai tambah 1,5 hingga 4 kali lipat dari pendapatan sebelumnya.

“Awalnya pengolahan gondorukem Perhutani masih dalam skala kecil. Dengan pengembangan ini diharapkan nilai produk gondorukem Perhutani bisa meningkat tajam,” ujarnya.

Pada 2013, Perhutani mengalokasikan dana belanja modal (capex) sekitar Rp500 miliar, sekitar Rp190 miliar di antaranya digunakan untuk pembangunan pabrik gondorukem.

Sisanya untuk pembangunan pabrik sagu di Sorong sekitar Rp200 miliar, dan pengembangan pabrik pengolahan kayu plywood di Pare, Kediri. (Antara)

http://www.bisnis.com/pabrik-gondorukem-terbesar-di-asean-ada-di-pemalang

***

Perhutani Mulai Operasikan Pabrik Getah di Jawa Tengah

JAKARTA – Perum Perhutani akhir bulan ini akan mulai mengoperasikan pabrik Derivatif Gondorukem Terpentin. Gondorukem adalah produk olahan dari getah pinus. Untuk membangun pabrik tersebut, Perhutani menghabiskan dana sekitar Rp 190 miliar. Nantinya pabrik ini berlokasi di Pemalang, Jawa Tengah.

Direktur Utama Perhutani, Bambang Sukmananto menuturkan pengoperasian pabrik ini merupakan penataan industri hilir sejalan dengan roadmap korporat.

“Untuk tahun 2013 sampai 2014 adalah era penataan bisnis dan proses bisnis inti. Investasi untuk pabrik ini sekitar Rp 190 miliar, 70 persen pinjaman dan 30 persen dari kas internal. Akhir bulan ini mulai dioperasikan,” ujar Bambang di Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (9/10).

Bambang menyebut pabrik berkapasitas 24.500 ton getah pinus per tahun ini akan menghasilkan bermacam jenis. Seperti glicerol rosin ester, alpha pinene, betha pinene, delta limonen, cineol dan alpha terpineol. “Bahan kimia ramah lingkungan ini merupakan bahan baku bagi industri makanan dan minuman, industri kertas, industri cat, tinta, parfum dan farmasi,” tuturnya.

“Sampai saat ini Perhutani adalah penghasil gondorukem terbesar di Indonesia. Ekspor untuk produk Gondorukem ini melonjak 12 persen dari angka RKAP,” imbuh Bambang.

Perhutani sebagai pengelola hutan bersama Masyarakat (PHBM) telah membentuk dan bekerjasama dengan 5.253 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Selain memberikan bagi hasil produksi untuk LMDH, Perhutani sejak 1992 juga telah melak.

 

 

****

Perhutani Operasikan Pabrik Olahan Getah Pinus di Pamelang Akhir 2013

LRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perusahaan Umum (Perum) Perhutani akan mengoperasikan pabrik Derivatif Gondorukem Terpentin di Pemelang, Jawa Tengah di akhir 2013.

Pabrik pengolahan produk turunan getah pinus dan terpentin tersebut, berkapasitas produksi mencapai 30 ribu ton per tahun.
“Hasil produksi akan didistribusikan bagi pasar dalam negeri dan ekspor ke Jepang, Korea, ataupun Eropa,” ujar Direktur Utama Perhutani Bambang Sukmananto, Rabu (9/10/2013).

Biaya pembangunan pabrik derivatif tersebut mencapai Rp 190 miliar. Pendanaan berasal dari pinjaman Bank Negara Indonesia (BNI) sekitar 70 persen, dan sisanya dari kas internal.

Operasional pabrik Derivatif Gondorukem Terpentin, lanjut Bambang, akan dikelola anak perusahaan Perhutani. “Tahun depan akan terbentuk anak perusahaan yang memfokuskan pada pengolahan gondorukem,” ungkap Bambang.

Ia mengatakan, Perhutani merencanakan anak perusahaan yang mengelola bahan baku gondorukem akan melaksanakan penawaran umum saham perdana (initial public offering; IPO) pada tahun 2018.

Perhutani, hingga kekinian mengelola 2,4 juta hektare area hutan di Jawa dan Madura untuk memproduksi bahan baku gondorukem. “Selama ini, bisnis sektor hulu Perhutani bertumpu pada hasil hutan kayu, nantinya akan beralih pada getah pinus,” jelas Bambang.

http://www.tribunnews.com/bisnis/2013/10/09/perhutani-operasikan-pabrik-olahan-getah-pinus-di-pamelang-akhir-2013

***

Pabrik Gondorukem Perhutani Segera Beroperasi

Koran Tempo, Jakarta – Direktur Utama Perusahaan Umum Perhutani Bambang Sukmananto memastikan pabrik derivatif gondorukem dan terpentin di Pemalang, Jawa Tengah, akan mulai beroperasi pada akhir Oktober ini. Pabrik yang digadanggadang akan menjadi yang terbesar se-Asia Tenggara ini ditargetkan memproduksi 30 ribu ton getah pinus per tahun.

Pabrik itu akan mengubah struktur pendapatan perseroan yang selama ini mayoritas disumbang dari penjualan kayu. “Selama ini kayu menyumbang 55 persen dan non-kayu 45 persen. Pabrik itu akan membalik sumber pendapatan. Sebab, ke depan, mengandalkan kayu saja akan sulit,” kata dia di Jakarta kemarin.

Produk gondorukem dan terpetin merupakan hasil destilasi getah pinus berkualitas tinggi. Gondorukem banyak digunakan di bidang farmasi, sedangkan minyak terpentin merupakan pelarut dan digunakan sebagai bahan baku pelarut cat, bahan baku parfum, disinfektan, dan campuran kimia lain.

Untuk membangun pabrik tersebut, Perhutani mengeluarkan investasi Rp 160 miliar. Sebesar 30 persen bersumber dari kas internal dan pinjaman perbankan 70 persen. Nantinya 40 persen produk untuk pasar domestik dan sisanya diekspor. Jika kinerja pabrik sesuai dengan target, Bambang mengatakan, ke depan bisnis gondorukem akan dipisahkan menjadi anak usaha. “Lima tahun ke depan citacitanya akan dilakukan penawaran perdana saham atau IPO,” kata dia.

Kompetitor utama segmen bisnis gondorukem adalah produk impor dari Cina. Negeri Panda ini mampu memproduksi 600 ribu ton getah pinus per tahun. Pada semester I 2013, Perhutani membukukan laba bersih Rp 465,12 miliar dengan total pendapatan Rp 1,77 triliun.

Pabrik gondorukem milik Perhutani adalah salah satu dari 15 pabrik yang ditargetkan Kementerian BUMN bisa rampung tahun ini. Menteri Dahlan Iskan sebelumnya mengatakan, pabrik lain yang akan dibangun di antaranya pabrik sagu di Papua dan pabrik gula di Banyuwangi, Jawa Timur.

Juga pabrik baja di Cilegon, Jawa Barat, serta pabrik semen di Rembang, Jawa Tengah. Bambang menambahkan, Perhutani juga akan membangun pabrik sagu, yang berlokasi di Distrik Kais, Kabupaten Sorong Selatan.

Pemancangan tiang dilakukan bulan ini dan ditargetkan mulai beroperasi tahun depan dengan kapasitas produksi 30 ribu ton tepung sagu per tahun. Untuk merealisasinya, Perhutani menggandeng BUMN lain, yakni PT PLN (Persero) dan PT Barata (Persero).

Jurnalis : Ananda Putri

Iklan

16 Responses to “Pabrik Gondorukem Terbesar di Asean Ada di Pemalang”

  1. Kehebatan anak bangsa ternyata luar biasa, jika dikasih kesempatan dan didukung pengembangannya. Kali ini PT. Perhutani, sebuah perusahaan pelat merah yang unjuk gigi dengan kemampuannya membangun pabrik gondorukem terbesar di Asia Tenggara.
    Hanya tokoh yang punya visi pembangunan kemajuan Indonesia ke depan yang terus mendorong putra bangsa untuk membangun Indonesia menjadi negara maju dan membanggakan. Dialah Dahlan Iskan, mantan wartawan yang kini dipercaya Presiden SBY sebagai menteri BUMN.
    Demi Indonesia yang lebih baik dan lebih bermartabat, Dahlan Iskan selalu mendorong kemandirian bangsa dan negara Indonesia dari ketergantungan pada barang-barang impor. Bahkan, kalau perlu produk-produk Indonesia harus bisa menguasai pasaran dunia. Ini ambisi Dahlan yang sebenarnya bukan hal sulit untuk mencapainya. Semoga sukses selalu…..

  2. Demi Indonesia, demi Kemajuan Indonesia Pak Dahlan Iskan jadi RI 1 2014-2019 Amin2 YRA

  3. Menuju Indonesia yang maju, sejahtera dan bermartabat bersama Dahlan Iskan yang jadi presiden-nya. Insya Alloh.

  4. minta alamat e mail pt gondorukem dong,,,,saya mau melamar ke situ

  5. 0819 02650 747 tlong tar krim alamt e mail nya ke no ini yah,,,,,aku anak pemalang

  6. apa masih ada lowongan kerja di pabrik gondo rukem,,,,,,? tolong infonya ke 087889161501,,,,trim’s

  7. Masih ada lowongan gk ni pak. . ?saya orang pemalang yang krja d.tangerang alhamdulilh skarang jd warehouse
    infoin ke no ini ya pak. . Please saya pengin mengabdi untuk negeri
    0877 6422 7173 atau email ke fachrul.synnat@gmail.com
    terima kasih

  8. Alhamndulilah, dengan berdirinya pabrik Gondorukem di Pemalang , mudah-mudahan bisa mengangkat perekonomian daerah,,, dan terutama warga sekitar.

  9. Saya sebagai Putra Daerah Pemalang Bangga untuk ini (Pabrik Gondorukem Terbesar di Asean)
    dan Bilamana saya dibutuhkan tenaga untuk kerja di PT. Gondorukem saya pun bersedia
    dikarenakan dekat dengan kampung saya.

  10. Hebat kota kecil menjadi cermin untuk kota kota besar.blajar lebih maju untuk kesejahteraan rakyat pemalang.jika msh membutuhkan tenaga kerja handal.sy siap untuk kotaku pemalang.pengalaman sy bekerja staff operational.safety.monitoring drv management transportsi di perusahaan aneka kimia raya (AKR )jakarta.bila diberi kesempatan bekerja hub 087777957000.trims n bangkitlah kotaku

  11. saya orang bojongbata, sekiranya saya berminat dan apa saja persyaratan yang harus di lengkapi,

  12. Selamat dan sukses

  13. Saya Riki Suferdi_Pengalaman Bekerja sebagai Engineer Project Laboratorium Electrical, Mechanical & Auditor Factory ISO9001 & SNI ISO di Sucofindo (BUMN) & TUV Rheinland Indonesia-(swasta-Jerman) sejak 2008-sekarang
    Jika memang di butuhkan saya Siap untuk memajukan kota kelahiran saya

    Salam Hormat
    Riki Suferdi
    087830911945

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: