Dahlan Larang Kegiatan `Buang Duit` Jelang Akhir Tahun

“Mulai pertengahan Oktober ini tidak boleh lagi ada seminar, lokakarya atau kunjungan, pokoknya kegiatan-kegiatan yang sifatnya menghabiskan anggaran,” 

Dahlan Larang Kegiatan `Buang Duit` Jelang Akhir Tahun

Liputan6.com, Jakarta : Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mulai pertengahan Oktober ini bakal melarang setiap kegiatan kementerian yang hanya bertujuan menghabiskan anggaran yang telah dialokasikan sejak awal tahun.

“Mulai pertengahan Oktober ini tidak boleh lagi ada seminar, lokakarya atau kunjungan, pokoknya kegiatan-kegiatan yang sifatnya menghabiskan anggaran,” ujarnya usai Rapat Pimpinan BUMN di Kantor Askes, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2013).

Dahlan menjelaskan, ultimatum tersebut dikeluarkan ini dilakukan untuk menghindari pemborosan anggaran secara sia-sia dengan tujuan agar anggaran yang sudah dijatahkan bisa terserap hingga akhir tahun nanti.

“Ini alasanya karena agar tidak ada kegiatan yang dibuat-buat hanya untuk menghabiskan anggaran. Toh kalau tidak ada seminar, kementerian juga tetap jalan kan,” jelasnya.

Menurutnya, bila kementerian yang dipimpinnya hingga saat ini masih belum mampu melakukan penyerapan anggaran secara maksimal atau masih dalam persentase yang kecil, lebih disebabkan oleh penggunaan anggaran yang diupayakan sehemat mungkin.

“Seperti belanja modal pada tender lift kemarin, itu kan bisa ditekan, tadinya harusnya beli dengan harga berapa kemudian bisa dihemat jadi cuma berapa,” katanya.

Dahlan memperkirakan anggaran kementeriannya diakhir tahun bakal terserap hingga 70% hingga akhir 2013. Sayang, menteri yang juga mencalonkan diri menjadi presiden ini enggan menjelaskan detail anggaran yang sudah terserap hingga saat “Perkara nanti bakal dihujat karena dianggap tidak bisa serap anggaran secara maksimal ya biarin saja,” tandasnya. (Dny/Shd)

http://bisnis.liputan6.com/read/716514/dahlan-larang-kegiatan-buang-duit-jelang-akhir-tahun?wp.bsns

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: