Dahlan Bangga PTPN III Bisa Ekspor CPO ke Tanzania

“Tepatnya pada 7 Oktober, PTPN III ekspor perdana. Mereka ekspor 10 ribu ton dari Dumai ke Tanzania. Saya bangga dan terharu sekali,”

2013-07-09_16-01-02-2013-02-25_15-59-25-CargillPalmFruit-1024x682

Liputan6.com, Jakarta : Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku bangga dengan keberhasilan PT Perkebunan Negara III (Persero) menggelar ekspor minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) perdana ke Tanzania.

“Tepatnya pada 7 Oktober, PTPN III ekspor perdana. Mereka ekspor 10 ribu ton dari Dumai ke Tanzania. Saya bangga dan terharu sekali,” ujar Dahlan ketika ditemui usai rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (10/10/2013).

Dahlan menyebutkan CPO yang diekspor oleh PTPN III merupakan gabungan antara hasil produksi perseroan dengan PTPN V. Pengangkutan CPO dilakukan dengan menggunakan kapal raksasa.

“Kapal itu berlayar dari Dumai ke Tanzania, jadinya langsung kami datangkan ke sana. Kapal itu ada ruang untuk CPO dan minyak goreng. Kalau CPO dari PTPN III dan minyak goreng yang mengirimkan swasta,” katanya. (Dis/Ndw)

http://bisnis.liputan6.com/read/716943/dahlan-bangga-ptpn-iii-bisa-ekspor-cpo-ke-tanzania?wp.trkn

***

BUMN Perkebunan Ekspor Sawit 10 Ribu Ton

INILAH.COM, Jakarta – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Perkebunan Nusantara III melakukan ekspor perdana 10 ribu ton kelapa sawit ke Tanzania.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, ekspor perdana ini patut membuat bangga. Artinya sawit yang dikelola BUMN dapat dipercaya di luar negeri. “7 Oktober kemarin PT PN III mengekspor 10 ribu ton ke Tanzania. Belum sebulan PTPN menggalakkan ekspor,” ujar Dahlan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (10/10/2013).

Dahlan menjelaskan ekspor sawit ke Tanzania ternyata cost atau pengeluarannya tidak besar. Padahal ekspor dimulai dari Dumai. Murahnya ongkos ke Tanzania karena kapalnya besar yang dapat mengangkut sekaligus 10 ribu ton kelapa sawit. “Wah hebat yah, kalau kapalnya bisa angkut 10 ribu ton, itu ekonomis,” jelas Dahlan.

Produksi kelapa sawit menurut Dahlan mencapai 25 juta ton. Ini merupakan produksi besar. Wajar kalau ekspor sawit selalu mengalami surplus. Surplus ekspor CPO mencapai Rp200 triliun.

http://bisnis.liputan6.com/read/716943/dahlan-bangga-ptpn-iii-bisa-ekspor-cpo-ke-tanzania?wp.trkn

Iklan
Tag:

One Comment to “Dahlan Bangga PTPN III Bisa Ekspor CPO ke Tanzania”

  1. semoga disusul ekspor-ekspor selanjutnya ke negara-negara lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: