PT Timah Cuma Beli Timah yang Jelas Asal-usulnya

“Harus ada sertifikat dari Surveyor Indonesia atau Sucovindo. Kalau tidak ada sertifikat tersebut, kami tidak bisa melakukan kerja sama,” 

Ilustrasi. (Foto: Okezone)
JAKARTA – Menteri BUMN Dahlan Iskan menegaskan bahwa PT Timah Tbk (TINS) mendukung sepenuhnya regulasi Kemendag 32 Tahun 2013 yang mewajibkan transaksi timah batangan melalui Bursa Komuditas dan Derivatif Indonesia (BKDI).

PT Timah tidak akan melakukan pembelian timah batangan dari smelter, karena transaksi harus dilakukan di bursa. PT Timah tidak akan membeli timah batangan meski asal-usulnya tidak jelas.

Terkait dengan minimnya keanggotaan di BKDI, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) tanggal 18 September 2013 mengirim surat kepada para eksportir terdaftar timah. Tujuan adalah mendorong peningkatan keanggotaan dengan memberikan sejumlah fasilitas. Salah satu yang ditawarkan adalah kerjasama yang ditawarkan PT Timah.

Dirut PT Timah Sukrisno menegaskan, dengan adanya Permendag 32/ 2013 maka asal-usul timah yang diperdagangkan harus jelas. Terkait dengan pola kemitraan dengan smelter kecil, PT Timah masih menunggu payung hukum dari Gubernur Bangka Belitung.

Sukrisno mengatakan, konsep kerja sama dengan smelter kecil adalah business to business sehingga prinsipnya saling menguntungkan. Namun, sebelum kerja sama dilakukan, smelter tersebut harus bisa menunjukkan asal-usul dari bijih timah atau timah batangan tersebut.

“Harus ada sertifikat dari Surveyor Indonesia atau Sucovindo. Kalau tidak ada sertifikat tersebut, kami tidak bisa melakukan kerja sama,” tegas dia dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/10/2013).

Hal serupa juga disampaikan Dahlan dalam pesan singkatnya. Dahlan menegaskan bahwa timah yang diperdagangkan harus diperiksa oleh surveyor sehingga jelas asal-usulnya. Jadi tidak mungkin PT Timah membeli biji timah atau timah batangan hasil jarahan. (wdi)

http://economy.okezone.com/read/2013/10/08/278/878346/pt-timah-cuma-beli-timah-yang-jelas-asal-usulnya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: