Dahlan Iskan Jadi Pemeran Film Singkong

“Pak Menteri (Dahlan Iskan) kita ambil gambarnya saat mengunjungi Ngadirojo, bersama para Dirut sejumlah BUMN,” 

1-Bikin-Dokumenter-300x225
Staf Bagian Humas Pemkab Wonogiri menyaksikan film dokumenter singkong.

Wonogiri – Gaung budidaya singkong terus digelorakan Pemkab Wonogiri. Tak hanya melalui pembinaan ke petani, upaya pengembangan singkong ditempuh pula melalui pembuatan film dokumenter.

Film dokumenter berdurasi sekitar 37 menit tersebut menceritakan seluk-beluk singkong di Wonogiri. Mulai penanaman, pemeliharaan, pemanenan, hingga pengolahan pasca panen, termasuk pula upaya mendatangkan investor di industri singkong.

“Film dalam wujud DVD, saat ini sudah selesai proses editing dan dubbing, tinggal memperbanyak. Nanti akan diberikan saat ada sosialisasi ke kelompok tani. Jadi, kalangan petani akan semakin mudah mendapatkan pengetahuan yang benar tentang budidaya singkong,” jelas Kabag Humas Pemkab Wonogiri, Waluyo, di ruangannya, Senin (7/10).

Menurutnya, setidaknya ada 7 lokasi berbeda yang dijadikan lokasi syuting film. Mulai Kecamatan Paranggupito, Ngadirojo hingga Jatiroto. Sementara tokoh yang dilibatkan di antaranya Bupati Danar Rahmanto, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DispertanTPH) Safuan, bahkan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

“Pak Menteri (Dahlan Iskan) kita ambil gambarnya saat mengunjungi Ngadirojo, bersama para Dirut sejumlah BUMN,” ujar Waluyo.

Tak hanya Bagian Humas yang terlibat dalam pembuatan film dokumenter. Ada beberapa SKPD ikut di dalamnya. Disebutkan Waluyo, selain Humas ada Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes), DispertanTPH, Kantor Ketahanan Pangan (KKP), 7 Pemerintah Kecamatan, dan dibantu Tim Penggerak PKK.

Terpisah, Bupati Danar Rahmanto menambahkan, singkong merupakan potensi lokal besar yang dipunyai Wonogiri. Potensi itu harus terus dikembangkan untuk mencapai tingkatan masyarakat yang lebih sejahtera.

timlo.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: