Airlangga: Batalkan Rencana Pembelian Lahan Ternak Australia

Ketua DPP Partai Golkar ini sebagai tindakan pelarian modal negara oleh BUMN di tengah defisit neraca perdagangan

bahas-rapbn-2014-airlangga-hajriyanto-minta-pemerintah-tegas-004-farikh-ibrahim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Komisi VI DPR Airlangga Hartarto menilai, rencana pembelian tanah untuk ternak sapi di Australia oleh PT RNI sebagai langkah yang tidak tepat dan disinyalir sebagai tindakan pelarian modal negara oleh BUMN di tengah defisit neraca perdagangan.

“Sebaiknya rencana tersebut dibatalkan,” kata Airlangga kepada wartawan di Jakarta, Minggu.

Diberitakan sebelumnya, Menteri BUMN Indonesia, Dahlan Iskan, menyatakan telah menyediakan anggaran senilai satu triliun rupiah untuk membeli lahan peternakan seluas satu juta hektar di Australia.

Dahlan Iskan mengaku sudah menunjuk dua perusahaan negara yakni PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) dan PT Pupuk Indonesia yang bakal membeli perusahaan lokal pemilik lahan peternakan.

PT RNI sendiri menyatakan siap membeli lahan ternak sapi seluas satu juta hektare di Australia. Tapi, itu dilakukan RNI jika diberi mandat oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Sementara Direktur Utama RNI Ismed Hasan Putro mengaku telah mengajukan proposal ke Kementerian BUMN. Saat ini, pihaknya menunggu persetujuan dari Kementerian BUMN untuk merealisasikan rencana tersebut.

Menanggapi hal itu, Airlangga Hartarto malah meminta rencana pembelian lahan ternak sapi tersebut dibatalkan.
Pasalnya, Indonesia masih harus menelurkan banyak produk-produk dalam negeri. Baik di sektor pertanian maupun migas.

“Harusnya Kementerian BUMN membangun kilang-kilang baru migas untuk kepentingan bangsa, bukan malah membeli lahan di luar negeri,” katanya.

Tindakan tersebut, tambah Ketua DPP Partai Golkar ini sebagai tindakan pelarian modal negara oleh BUMN di tengah defisit neraca perdagangan.

Kementerian BUMN, kata Airlangga, sebaiknya bertindak membangun kilang untuk mengurangi defisit neraca migas, bukan malah melanggengkan ketergantungan peternakan atau breeding cattle di Australia.

republika.co.id

Iklan

6 Komentar to “Airlangga: Batalkan Rencana Pembelian Lahan Ternak Australia”

  1. Airlangga menginginkan agar Indonesia impor daging terus. Hasilnya nyata, seperti yang akan diperoleh oleh mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, cukup Rp 5.000,-/kg dari PT. Indoguna Utama yang mendapat jatah impor daging 8000 ton atau 8 juta kg. Jangan-jangan dia juga kebagian dari jatah impor daging itu…. he he he……

  2. Betul Pak Bahar.. giliran daging mahal bilangnya pemerintah gak bisa mengatasi, diberi solusi gak mau tapi dia sendiri gak ngasih solusi gimana cara cepat mengatasi impor daging.. jadi heran maunya gimana nih orang.. kayaknya pemerintah seperti gak ada benarnya..

  3. Itulah beda poli tikus dan poli klinik pak…hehehe

  4. Dana RNI tidak mungkin dialirkan untuk investasi kilang minyak, kecuali dana keuntungan Pertamina atau PGN….. sudah diVoting saja ide Airlangga. China berani investasi besar di Indonesia. Membeli lahan, joint venture untuk penambangan, pengangkutan dll…. karena hasilnya pasti dibutuhkan dinegaranya dan harga akan murah karena diusahakan sesama perusahaan China. India, Malaysia dll. juga melakukan hal sama. Kalau permintaan sapi, gandum, kapas, minyak dll sangat laris dan bahkan mahal di Indonesia….. apa anehnya jika kita juga meniru mereka… Tolong ajak rombongan komisi VI ke tambang-tambang, perkebunan yang dikuasai asing biar luas sedikit wawasan…

  5. mungkin airlangga gak kebagian jatah ……jadinya mo minta dibatalkan aja….klo dibatalkan kan mungkin dia dapat ……komisi…. ato KOMISI di dpr dihapus aja …..lha setiap kerjaan nya minta komisi……

  6. BETUL AIR COMBERAN EH AIRLANGGAR BIAR DUITNYA KAMU KORUP YA…..SIAPA SIH SI AIRLANGGAR ITU… KAYAKNYA GAK KENAL AKU DARI DAERAH MANA YA…..PARTAI KORUP ITU YA??? OOOOO……..EMANG ITU KERJAANYA…….KALO GAK KORUP GAK KERJA NAMANYA………TUH LIAT….TUH …….SIAPA YG PILIH AIRLANGGAR… HEBAT DIA KAN.PARA KOMENTATOR DIATAS TUH SALAH SASARAN……ORANG KORUP BEBAL GITU DIKOMENT YG BENER……MALAH JADI DIA…….JADI GILA…..MERAJALELA…….KALO DISURUH KAN MALAH SENENG….NGOMONG ASAL NJEPLAK GAK MIKIR………EH SALAH…IA MIKIR GIMANA DANA SEGEDE ITU BISA DIKOROP..BUATY CALEG 2014 BIAR BISA NANGKRING LAGI…….ENAK TENAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: