Serial Unyil 3D Produksi PFN

“Kita sedang mencari sponsor dan kita pengennya menjaring BUMN yang lain, karena kami merasa unyil ini sebagai ikon Indonesia yang harus dilestarikan,”

unyilPFN

JAKARTA – Perum Produksi Film Negara (PFN) akan menghidupkan kembali meramaikan perfilman Indonesia. Dalam waktu dekat PFN akan membuat serial Unyil 3 Dimensi (3D).

“Jadi selain kami mendokumentasikan proyek BUMN atau hasil karya BUMN seperti permintaan pak Menteri (Dahlan Iskan), yang jadi fokus pertama kami adalah membuat persembahan untuk anak-anak. Kita akan buat serial Unyil 3D, itu akan kita launching tahun depan,” ujar Direktur Utama Perum PFN Shelvy Arifin di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (4/10).

Shelvy ingin dunia anak-anak tetap berkembang di jamannya. Dia berharap dengan adanya serial Unyil 3D ini, setidaknya anak-anak bisa tersugguhkan tontonan yang sewajarnya.

“Kita tahu bahwa dunia anak-anak sekarang terenggut oleh gadget yang canggih ataupun tontonan orang dewasa. Maka itu kami ingin menyajikan Unyil kembali,” tuturnya.

Nantinya, kata Shelvy, Unyil 3D ini akan dikemas berbeda dan lebih menarik lagi. “Tentu Unyil 3D ini akan kita kemas berbeda. Kita tahu karena jaman semakin berkembang, jadi nanti akan ada tampilan Unyil yang berbeda. Namun tetap akan menjadi Unyil yang orang kenal,” terang wanita berkrudung ini.

Mengenai dana untuk memproduksi serial Unyil 3D ini, PFN membutuhkan dana sekitar Rp 3-4 miliar untuk membuat sekitar 13 episode. Maka itu saat ini pihaknya tengah mencari sponsor. “Kita sedang mencari sponsor dan kita pengennya menjaring BUMN yang lain, karena kami merasa unyil ini sebagai ikon Indonesia yang harus dilestarikan,” papar Shelvy.

Sejauh ini pihaknya juga belum tahu akan bekerjasama dengan televisi lokal ataupun swasta mana untuk menayangkan serial Unyil 3D ini. “Itu sedang kita pikirkan,” tutupnya. (chi/jpnn)

jpnn.com

***

15 tahun mati suri, BUMN ini janji hidupkan Unyil tahun depan

Perum Produksi Film Negara (PFN) adalah salah satu BUMN mayat yang belum dikubur. Menteri BUMN Dahlan Iskan ingin kembali menghidupkan PFN dengan mengangkat Shelvy Arifin menjadi direktur utama.

Shelvy yang ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta mengaku ingin kembali membangkitkan perusahaan pelat merah yang disebut-sebut sudah mati suri. Dia juga bertekad kembali menghidupkan film Unyil yang fenomenal di kancah hiburan Indonesia.

“Unyil tahun depan kita akan hidupkan lagi. Nanti tunggulah barunya dan stasiun televisi mana, nanti ya,” ucap Shelvy di Jakarta, Jumat (4/10).

Menurut Shelvi, Unyil adalah film karakter bangsa yang harus kembali dihidupkan. Saat ini perusahaannya mempunyai 46.000 arsip di mana sebagian besar adalah produksi film Unyil.

Tidak hanya menghidupkan Unyil, Shelvy juga berambisi memproduksi film anak-anak yang bisa ditampilkan di bioskop Indonesia. Namun demikian, Shelvi belum menyebut secara spesifik film apa yang akan diproduksinya dan masuk layar lebar Indonesia.

“Selain film dokumentasi kita akan buat film anak dan 2015 layar lebar. 2015 bisa masuk layar lebar. Pokoknya film anak,” imbuhnya.

[noe]

http://www.merdeka.com/

***

Kembali bergairah, PFN jajaki kerja sama dengan Fox Channel

Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang perfilman yaitu Perum PFN (Produksi Film Negara) tengah mencoba bangkit dari mati suri. Direktur Utama PFN yang baru yakni Shelvy Arifin mempunyai mimpi bekerja sama dengan Fox Channel.

Shelvy mengaku sudah bertemu pihak Fox Channel yang menaungi beberapa stasiun berbayar. “Fox channel, kita ingin produksi di lokal channel dan bisa ekspor ke regional,” kata Shelvy ketika ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (4/10).

Dia mengklaim usulan kerja sama ini disambut baik. Bahkan, kata dia, Fox Channel senang jika kerja sama dengan perusahaan yang melahirkan film Si Unyil ini bisa direalisasikan. Shelvy masih mencari film apa yang bisa di ekspose ke Fox Channel.

“Mereka positif dan kita baru bertemu Juni. Apa yang bisa kita kerjakan sama-sama. Masih pembicaraan awal,” katanya.

Pihaknya optimis kerja sama ini segera terjalin dengan baik. Namun dia belum bisa memastikan kapan kerja sama ini bisa dimulai.

“Intinya sama-sama mau dan kemungkinan akan kerja sama. Ini kemungkinan nanti channel di bawah Fox Channel. Tapi ini masih awal banget,” tutupnya.

[noe]

merdeka.com

***

Film Si Unyil 3 Dimensi Meluncur Tahun Depan

Film Si Unyil 3 Dimensi Meluncur Tahun Depan

Liputan6.com, Jakarta : Perum Umum Produksi Film Negara (PFN) berencana meluncurkan kembali film anak Si Unyil dengan versi barunya pada tahun depan. Film Si Unyil yang dirilis pada tahun depan rencananya berbentuk format tiga dimensi.

BERITA TERKAIT
Saingi AS, Inggris Imingi Sineas Hollywood Fasilitas Kredit Pajak Saingi AS, Inggris Imingi Sineas Hollywood Fasilitas Kredit Pajak
Hal ini disampaikan Direktur Utama PFN Shelvy Arifin ketika ditemui di Jakarta, Jumat (4/10/2013). “Kita akan launching film Si Unyil dengan versi yang baru pada tahun mendatang. Bentuk format film itu 3 dimensi,” ujar Shelvy.

Menurut Shelvy, film Si Unyil yang akan diluncurkan memiliki konsep sedikit berbeda. Itu dilakukan karena perusahaan menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi saat ini. Namun, untuk penokohan dan karakter Si Unyil masih tetap sama.

“Akan ditayangkan di televisi tapi kami belum bisa mengetahui film Si Unyil ini akan ditayangkan di televisi mana,” tambah dia.

Selain itu, dia menjelaskan, perseroan juga sedang menggarap film layar lebar versi untuk anak-anak. Untuk peluncuran film layar lebar ini, pihaknya memprediksi baru akan diluncurkan pada 2015.

“Film layar lebar versi anak yang akan kami garap bisa muncul di tahun 2015. Pada tahun ini bisa masuk layar lebar film anak-anak yang kita buat,” tutup Shelvy. (Dis/Nur)

http://bisnis.liputan6.com/read/711602/film-si-unyil-3-dimensi-meluncur-tahun-depan?wp.trkn

***

 

Pegawai BUMN ‘Si Unyil’ Tersisa 88 Orang dari 600, Paling Muda Umur 45

 

Nasib BUMN Produsen Si Unyil
Jakarta – Perum Produksi Film Negara (PFN) pernah punya pegawai hingga 600 orang pada masa kejayaannya di 1980-an hingga 1990-an. Seiring dinamika industri perfilman hingga penghentian suntikan modal dari negara pada tahun 1996, PFN kemudian mengalami guncangan.

Hal ini diakui oleh Direktur Utama PFN Shelvy Arifin saat berbincang dengan detikFinance di kantor pusat PFN, Jalan Otto Iskandar Dinata, Jakarta Timur, Jumat (6/9/2013).

“Dulu PFN ketika terpuruk, pegawai PFN itu dipecah dua. Ada yang istilahnya direktur lama pernah mengelurkan SK menunggu pekerjaan. Jadi SK ini membagi dua kelompok karyawan. Sebagian kerja di sini tapi menangani administrasi kepegawaian jadi mereka itu PNS Kominfo yang ditugaskan ke PFN. Jadi urusannnya sama Kominfo. Sisanya mereka dirumahkan untuk menunggu pekerjaan lah tapi mereka tetap digaji,” jelasnya.

Sering berjalannya waktu, kondisi BUMN yang pernah terkenal dengan karya Si Unyil ini semakin memburuk. Tepatnya tahun 2006, BUMN film ini mengalami audit keuangan yang terakhir.

“Kita terakhir diaudit tahun 2006. Dilaporan audit kita ruginya sudah sangat luar biasa jadi mereka ada target tahunan tapi pokoknya biaya produksi lebih besar daripada harga jual,” tambahnya.

Saat ini, jumlah pegawai PFN yang tersisa tinggal 88 dan berstatus PNS. Shelvy mengatakan usia termuda pegawainya berumur 45 tahun. Hal ini terjadi karena sekitar 20 tahun lebih tidak adanya proses regenerasi pegawai.

“Ada 88 orang tapi akhir tahun ini yang mau pensiun 20 orang jadi tinggal 66 orang. Usia yang paling muda itu 45 tahun,” sebutnya.

Menurut Shelvy, pegawai PFN memiliki kemampuan yang cukup mumpuni. Karena saking lamanya menganggur, keahlian pegawainya tidak bisa mengikuti perkembangan industri film saat ini.

“Di sini yang saya liat adalah mereka memang punya kemampuan tapi tidak diperbaharui keahliannya. Jadi referensinya masih yang dulu padahal referensi sekarang sudah berbeda,” jelasnya.
(feb/ang)

detik.com/

Tag:

2 Komentar to “Serial Unyil 3D Produksi PFN”

  1. Unyil boleh jadi ikon, tapi jangan dalam bentuk boneka. Dari kecil sampai ubanan tetap aja boneka. Malu lihatnya, negara lain sudah bikin animasi. Coba bikin Unyil versi animasinya. Di Indonesia sudah banyak animator…dan ada yang mendunia..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: