Ide Dahlan bikin tol di atas laut Jakarta-Surabaya dimentahkan

“Masih akan memprioritaskan pembangunan tol Trans Jawa daripada tol yang digagas Dahlan,” 

Dahlan Iskan - Joko Kirmanto

Ide Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan untuk membangun tol atas laut dari Jakarta hingga Surabaya ditanggapi dingin Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto. Ide Dahlan itu belum menjadi prioritas saat ini.

“Masih akan memprioritaskan pembangunan tol Trans Jawa daripada tol yang digagas Dahlan,” ujarnya saat di Kementerian PU, Jakarta, Jumat (4/10).

Djoko menegaskan, yang lebih mungkin diwujudkan adalah terkoneksinya tol dengan panjang 1.000 kilometer ini. Sejauh ini usulan Dahlan baru sebatas wacana dan belum melalui kebijakan yang matang.

“Baru sekadar usulan saja tanpa adanya studi lebih lanjut ataupun kajian khusus kan,” jelas dia.

Mimpi Dahlan membangun tol di atas laut Jawa tidak akan terlaksana tanpa persetujuan Djoko. Sebab, kata dia, Kementerian PU yang berwenang menentukan jaringan jalanan nasional.

Namun, Djoko tidak ingin buru-buru membuyarkan impian Dahlan. Jika ada perusahaan atau konsorsium yang datang kepadanya mengajukan pembangunan itu dilengkapi dengan segala kajiannya, maka tidak menutup kemungkinan bisa terlaksana.

“Akan diterima dengan tangan terbuka tapi sebelum ada pengajuan resmi, saya tetap akan fokus untuk pembangunan tol Trans Jawa,” tutup dia.

Sebelumnya, Dahlan meminta momentum keberhasilan pembangunan jalan tol di atas laut Bali menjadi pintu masuk pengembangan infrastruktur serupa di masa datang. Dari itu, munculnya ide untuk membangun tol atas laut di Jakarta sampai Surabaya.

“Ini kita belum mau dibangun atau tidak. Ini 19 BUMN tanda tangan studi dulu bersama-sama tol di pantai Jakarta-Surabaya tanpa pembebasan tanah,” kata Dahlan.

Dahlan tengah meminta anak buahnya membuat studi. Setelah studi selesai, pihaknya berencana mengajukan izin pembangunan ke pemerintah. Dahlan memberi waktu sekitar 6 bulan kepada BUMN untuk melakukan studi sebelum diajukan izin dan lainnya.

[noe]

http://www.merdeka.com/uang/ide-dahlan-bikin-tol-di-atas-laut-jakarta-surabaya-dimentahkan.html

***

Tol Atas Laut Jakarta-Surabaya Tak Ada Kendala

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum berpendapat secara teknis jalan tol atas laut Jakarta-Surabaya sangat memungkinkan untuk dibangun.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menuturkan ada beberapa opsi yang bisa diadopsi untuk proyek sepanjang 775 km tersebut.

“Bisa berbentuk tanggul atau jembatan yang panjang,” katanya, Jumat (4/10/2013).

Apalagi, katanya, jalan bebas hambatan yang ditaksir menelan investasi hingga Rp150 triliun tersebut sudah pernah diwacanakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Sebagai bangsa Indonesia kita harus yakin bisa bangun apapun,” ujarnya.

Kemarin, 19 perusahaan pelat merah bergabung untuk menandatangani nota kesepahaman proyek tol atas laut sepanjang jalan pantai utara Jawa.

BUMN yang tergabung dalam konsorsium tersebut di antaranya PT Jasa Marga Tbk, PT Adhi Karya Tbk, PT Waskita Karya Tbk, PT Wijaya Karya Tbk, PT Istaka Karya, PT Nindya Karya, PT Brantas Abipraya, PT Hutama Karya, PT Pembangunan Perumahan Tbk.

Kemudian, PT Bank Negara Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Tabungan Negara Tbk, PT Pelabuhan Indonesia II, PT Pelabuhan Indonesia III, PT Taspen, PT Jamsostek, PT Krakatau Steel Tbk, serta PT Semen Indonesia Tbk. (ltc)

bisnis.com

***

Proyek Pembangunan Tol Trans Jawa Masih Jadi Prioritas

JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) beberapa waktu lalu melalui 19 perusahaan BUMN atau konsorsium menyatakan akan segera mengkaji ide pembangunan Jalan Tol atas laut dengan rute Jakarta-Surabaya.

Akan tetapi, Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengatakan, 19 BUMN yang sebagai pemrakarsa pembangunan jalan tol atas laut Jakarta-Surabaya seharusnya menghadap ke Kementerian PU terlebih dahulu.

“19 BUMN tersebut punya inisiatif sebagai pemrakarsa pembangunan jalan tol pinggir laut datang dulu ke saya. Siapapun yang ngomong enggak akan kejadian, harus ngomong ke saya dulu,” kata Djoko saat ditemui di Kementerian PU, Jakarta, Jumat (4/10/2013).

Namun, Djoko tidak dapat memungkiri, bahwa ide pembangunan jalan tol atas laut tersebut memang suatu ide yang bagus. Dirinya menyebutkan, bahwa sebagai tahap awal pelaksanaan ide tersebut, ia mengatakan harus melakukan kajian terlebih dahulu.

“Tapi idenya bagus sekali, tapi harus dikaji terlebih dahulu, saya saat ini masih memprioritaskan pembangunan Tol Trans Jawa dulu,” tukas dia.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian BUMN memberikan apresiasi kepada konsorsium BUMN yang telah berhasil membangun jalan tol atas laut Bali. Pembangunan jalan tol Bali tersebut terbilang terselesaikan dalam waktu yang cepat.

Melihat semangat perusahaan BUMN, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengungkapkan idenya yang akan membangun jalan tol atas laut dari Jakarta hingga Surabaya. Dirinya pun telah membicarakan ide tersebut di depan 19 BUMN yang akan konsorsium.

“Ini hasil dari pembicaraan pada Senin lalu, belum tahu mau dibangun atau tidak, ini 19 BUMN tanda tangan studi dulu bersama-sama,” kata Dahlan. (wdi)

okezone.com

Iklan

8 Komentar to “Ide Dahlan bikin tol di atas laut Jakarta-Surabaya dimentahkan”

  1. Dua media online memandang ide Menteri BUMN Dahlan Iskan untuk membangun jalan tol atas laut Jawa dari Jakarta ke surabaya cukup berbeda. Merdeka.com berusaha mematahkan ide tersebut. Sedangkan Bisnis.com dengan pikiran optimismenya, bahwa jalan tol tersebut tidak ada kendala. Apalagi ide tersebut pernah dicetuskan oleh Presiden SBY.
    Dari segi pembebasan lahan, jelas ide Dahlan sangat menarik. Karena tol tersebut tidak memerlukan dana besar akibat pembebasan lahan, seperti pembangunan jalan tol di darat yang sering ribut dengan masyarakat pemilik lahan. Cuma sayang, pembangunan tol trans Jawa sepanjang 1000 km tidak dijelaskan, berapa anggaran yang diperlukan untuk membangun jalan tol trans Jawa yang menggunakan dana APBN. Sementara jalan tol laut itu, sama sekali tidak akan menggunakan dana APBN, melainkan dana BUMN secara keroyokan…..
    Kalau ide mantan Dirut PLN itu bisa direalisasikan, jelas akan menghemat dana APBN yang mungkin anggarannya bisa lebih Rp 300 triliyun dan tidak perlu ribut-ribut dengan DPR, seperti saat konsorsium BUMN membangun tol atas laut di Bali yang sangat membanggakan bagi bangsa Indonesia.
    Ketika jalan tol Bali akan dibangun dengan APBN nilainya mencapai sekitar Rp 5,6 triliyun. Sedangkan ketika ditangani oleh konsorsium BUMN, menciut tinggal Rp 2,4 triliyun, tidak sampai separuhnya, karena pembangunan tol itu tidak perlu pembebasan tanah yang sangat sulit dan mahal, apalagi jika sudah jatuh ke tangan makelar tanah. Ini yang ingin dihindari Raja Media Dari Timur itu. Dan, ini yang tidak mau difahami oleh Menteri PU Jokir (Joko Kirmanto).
    Lagi pula, jika jalan tol laut itu jadi dibangun, ya para pejabat PU sebagai penguasa pembangunan infrastruktur, bisa dipastikan mereka tidak akan kebagian apa-apa dari proyek itu. Ini yang paling prinsip bagi mereka……. he he he…….

  2. Saya ingin daftar jadi staf bersih. Bagaimana caranya pak Bahar?? Mendukung Abah Dahlan Iskan menjadi Presiden RI 2014

  3. Tunggu pak, s.d Juli 2014. Pas Abah Dahlan Iskan jadi Presiden. Pembangunan tol jakarta ke Surabaya pasti terwujud.

  4. Kemeterian PU seharusnya memberikan respon positif dong. kan aneh kalau domainnya malah responnya negatif. atau merasa didahului ? atau ……? tunjukkan bahwa PU paling kompeten dalam bangun membangun. mana prestasimu ?

  5. tol jakarta surabaya lewat diatas rel kereta api saja, MUNGKIN lebh murah lagi daripada diatas laut
    bagaimana ?

  6. semoga dpt terealisasi dg segera,,, ide p Dahlan itu , bila perlu diteruskan sampai ke panurukan , biar mas Bahar senang kalo mo balek kampung , he,heee

  7. Subhanallah.. Ide pak Dahlah itu besar-besar ya..!? Biasanya, kalau Pak Dahlan punya ide, insyaallah terwujud.!

  8. tp jangan membuat laut kita kotor lho..
    karena pesisir pantai utara dan selatan kita jadi objek wisata.
    tolong diperhitungkan, membangun tol itu baik, tapi jangan sampai merusak alam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: