Hal Ini yang Bikin Gubernur BI `Acungi Jempol` Dahlan Iskan

“Kalau saya, sambut baik inisiatif di pemerintah khususnya Kementerian BUMN yang kita lihat beberapa kebijakan yang perlu diberikan jempol itu adalah terkait dengan inisiatif mengarahkan BUMN yang punya eksposure yang atau yang punya transaksi valas untuk melakukan hedging,” 

Hal Ini yang Bikin Gubernur BI `Acungi Jempol` Dahlan Iskan

Liputan6.com, Jakarta : Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengapresiasi keputusan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengizinkan perusahaan-perusahaan besar BUMN untuk menerapkan sistem hedging demi melakukan lindung nilai saat keterpurukan rupiah.

Hal ini diungkapkan Agus saat ditemui di Gedung Mahkamah Agung usai menghadiri pengambilan sumpah jabatan Mirza Adityaswara sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (DGS-BI).

“Kalau saya, sambut baik inisiatif di pemerintah khususnya Kementerian BUMN yang kita lihat beberapa kebijakan yang perlu diberikan jempol itu adalah terkait dengan inisiatif mengarahkan BUMN yang punya eksposure yang atau yang punya transaksi valas untuk melakukan hedging,” ujar dia, Kamis (3/10/2013).

Agus menambahkan dengan adanya SOP yang sudah ditandatangani Menteri BUMN Dahlan Iskan tersebut nantinya di antara BUMN akan mampu saling mendukung dalam menjaga kebutuhan likuiditas rupiah.

“Inisiatif untuk menemukan BUMN yang punya kelebihan valas dan BUMN yang memerlukan valas di matching atau ditemukan upaya untuk melakukan transaksi diantara BUMN dalam mata uang rupiah,” tuturnya.

Seakan tak mau kalah dengan ide dari Kementerian BUMN, nantinya Bank Indonesia juga akan mengeluarkan sebuah Peraturan Bank Indonesia (PBI) dalam mendukung transaksi hedging.

Namun sayang, Agus masih enggan mengungkapkan kapan aturan tersebut akan dikeluarkan, yang pasti saat ini masih dalam tahapan pembahasan.

“Kita nanti akan juga terbitkan aturan yang mendukung transaksi lindung nilai. Saat ini masih dalam taraf finalisasi,”tegas Agus. (Yas/Nur)

http://bisnis.liputan6.com/read/709915/hal-ini-yang-bikin-gubernur-bi-acungi-jempol-dahlan-iskan

Iklan

2 Komentar to “Hal Ini yang Bikin Gubernur BI `Acungi Jempol` Dahlan Iskan”

  1. Gubernur BI Agus Martowardoyo faham apa yang dilakukan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan yang terus berusaha untuk menguatkan nilai tukar rupiah dengan dolar atau valuta asing lainnya. Sehingga, mantan Menkeu itu secara terbuka mendukung dan mengapresiasi langkah mantan Dirut PLN tersebut. Jelas, langkah tersebut diusahakan oleh Dahlan Demi Indonesia yang lebih baik dan lebih bermartabat. Semoga sukses selalu,,,,,,

  2. Berani mengambil resiko yang terukur, siap untuk tidak populer…jika nantinya gagal. Nggak banyak pemimpin yang bernyali demikian, dari militer juga kalah nyali dengan DI. Sebagian pemimpin terus menendang bola api (masalah) karena takut ikut terbakar tapi ketika menghampiri DI. Beliau tidak ikut menendangnya kembali seperti pemimpin lainnya, tapi menyiramkan “Air”…… seseorang baru layak dinobatkan sebagai seorang pemimpin kalau dia “tidak lari” dari masalah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: