Akhirnya Gaet BUMN, Jokowi Bangun 4 Bendungan di Jakarta

Dahlan Iskan - Jokowi
JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Provinsi DKI Jakarta dalam pembangunan empat bendungan yang terletak di hulu Kali Ciliwung. Kerjasama ini terjalin dalam bentuk mengurangi debit air yang masuk ke Jakarta.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, dalam kerjasama membangun empat bendungan ini memerlukan nilai investasi sekira Rp1,2 triliun. Dirinya menyebutkan dana investasi difasilitasi oleh pinjaman komersial dan dana korporasi.

Dahlan menambahkan, dari kerjasama ini komposisi saham BUMN lebih tinggi 2 persen dengan kepemilikan saham 50 persen dari kepemilikan saham BUMD yang hanya 49 persen.

“Sahamnya 51:49, 51 persen BUMN, 49 persennya BUMD. Kemarin saya minta 50-50 supaya adil. Tapi di perusahaan, 50-50 itu sering dalam kasus, Pak Jokowi juga tahu kalau ada suatu masalah enggak bisa dipecahkan nanti proyeknya terlantarkan, proyeknya macet,” ucap Dahlan di Kantor Gubernur Jakarta Joko Widodo, Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (2/10/2013).

Dahlan mengungkapkan, dalam pembangunan empat bendungan ini nantinya akan mengalami sedikit pembebasan lahan. Dia menuturkan dengan dibangunnya empat bendungan ini nantinya mampu mengurangi banjir Jakarta sebesar 20-30 persen.

“Tadi pak Gubernur sudah menyampaikan mengurangi banjir 20-30 persen. Kemudian airnya daripada dibuang ke laut, untuk air minum warga Jakarta yang tiap tahun yang keperluan air minumnya menginkat,” tambahnya.

Akan tetapi, Mantan Dirut PLN ini belum bisa mengungkapkan lokasi bendungan air tersebut dibangun. “Lokasinya masih rahasia, karena masih ada sedikit pembebasan lahan, kamu tanya sama Hutama Karya saja,” tutupnya.

Dapat kita ketahui, kerjasama tersebut akan dilaksanakan oleh PT Hutama Karya (Persero) yang mewakili BUMN dan PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero), sedangkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diwakili oleh Badan Usaha Milik Daerah yaitu Pembangunan Jaya dan PAM Jaya.

Proyek ini merupakan proyek investasi yang akan dilakukan oleh joint venture PT Hutama Karya (Persero), PT PPA (Persero) dan PT Pembangunan Jaya. Pengembalian investasi proyek ini direncanakan dari bisnis SPAM (Sistem Pengelolaan Air Minum), di mana PAM Jaya sebagai offtaker yang akan didistribusikan kepada konsumen di wilayah Jakarta. (wdi)

http://economy.okezone.com/read/2013/10/02/320/875318/gaet-bumn-jokowi-bangun-4-bendungan-di-jakarta

***

Kompak Berbatik, Dahlan dan Jokowi Sepakat Tuntaskan Banjir di DKI

Jakarta – Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) bertemu di Balai Kota, Jalan Merdeka Selatan. Kedua tokoh terlihat menggunakan baju batik.

Dahlan yang tetap setia menggunakan sepatu ketsnya, mengaku pada pertemuan kali ini membahas kerjasama untuk solusi penanganan banjir dan penyediaan air baku bagi warga di Jakarta. Solusinya air dari sungai Ciliwung dibendung pada area hulu yang terletak di daerah Bogor.

“Di hulu sungai Bogor nanti ada solusi mengurangi banjir 20-30% terus bisa supply air 3.000 m3. Kira-kira akan selesai 2 tahun. Meskipun solusi pertama nggak ideal. Biaya di atas Rp 1 triliun. Banyak proyek untuk bangsa bisa bersama kita selesaikan tanpa banyak prosedur,” ucap Dahlan di Balaikota Jakarta, Rabu (2/10/2013).

Proyek ini dikerjakan oleh PT Hutama Karya (Persero), PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) dan Pembangunan Jaya. Proyek ini bakal dikerjakan dalam waktu 2 tahun dengan menelan dana hingga Rp 1,5 triliun.

Porsi BUMN dalam pembiayaan ini mencapai 51% sedangkan sisanya oleh BUMD. Pada sambutannya, Jokowi menjelaskan kerjasama ini merupakan wujud konkrit sinergi antara BUMN dan BUMD. Solusi pembendungan sungai Ciliwung selain mampu mengurangi banjir DKI hingga 30%, air hasil bendungan juga bisa memenuhi pasokan air baku untuk warga DKI.

“Ini sebuah realisasi pertemuan nanti kali Ciliwung kan dibendung di 4 lokasi. Dengan bendungan itu air yang nengalir dikendalikan kurangi banjir 20-30%. Air yang dibendung itu akan digunakan air bagi warga Jakarta. Ini kerjasama BUMD dan BUMN miliknya menteri BUMN. Ini kerjasama yang konkret, riil, pengerjaan dalam waktu cepat. Ini realisasi yang kita segera laksanakan,” kata Jokowi.
(feb/dru)

http://finance.detik.com/read/2013/10/02/120821/2375376/4/kompak-berbatik-dahlan-dan-jokowi-sepakat-tuntaskan-banjir-di-dki

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: