Dahlan Kirim 16 Mobil Listrik ke Bali untuk Fasilitasi APEC

“Besok atau lusa sudah sampai di Bali semua. Sekarang sudah disterilkan, karena pengamanannya sudah tinggi,” 

Gendhis

JAKARTA – Indonesia tahun ini menjadi tuan rumah gelaran KTT APEC. Acara tersebut dilaksanakan di Bali mulai hari ini atau Selasa 1 Oktober 2013. Berbagai fasilitas penopang acara APEC pun dibenahi, seperti Bandara Ngurah Rai yang mengalami perluasan avron dan jalan tol di atas Laut Bali.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan pernah mengatakan bahwa gelaran APEC 2013 akan difasilitasi kendaraan bertenaga listrik. Dirinya menyebutkan, ada tiga tipe mobil listrik yang akan menjadi fasilitas saat acara APEC. Pertama adalah selo yang merupakan mobil listrik model sports, lalu ada yang model Alphard, dan bus.

“Kemarin sudah dikirim ke Bali sebagian, sebagian lagi hari ini, dan sebagian lagi besok. Sudah melalui tes sertifikasi di Kemenhub. Sudah selesai, semua sekarang sudah di Bali,” kata Dahlan kepada wartawan di Gran Hyatt Jakarta, Selasa (1/10/2013).

Dia menuturkan tidak bisa mencoba kendaraan idamannya yaitu Selo lantaran saat ini kendaraan bertenaga listrik tersebut sudah disterilkan dan dalam pengamanan yang tinggi.

“Besok atau lusa sudah sampai di Bali semua. Selo juga sudah sampai di Bali. Sekarang sudah disterilkan. Karena pengamanannya sudah tinggi,” tegasnya.

Dahlan menuturkan, dari total 16 kendaraan listrik yang akan menghiasai lingkungan APEC, saat ini sudah ada empat yang berada di Bali.

“Yang sudah sampai di Bali empat unit, yang masih dalam perjalanan 10 unit. Total 16 unit,” tutupnya.

Klik Liputan Khusus APEC CEO 2013 hanya di Okezone.com. Liputan selengkapnya klik di sini. (wdi)

http://economy.okezone.com/read/2013/10/01/320/874728/dahlan-kirim-16-mobil-listrik-ke-bali-untuk-fasilitasi-apec

***

Dahlan pamer 16 mobil listrik di KTT APEC Bali

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan akan memamerkan 16 mobil listrik dalam perhelatan forum kerjasama ekonomi Asia Pasifik atau APEC Summit 2013 di Nusa Dua, Bali. Empat dari 16 mobil listrik itu sudah sampai di Bali.

“Yang masih dalam perjalanan 12 unit. Total ada 16 unit,” ujar Dahlan, di Jakarta, Selasa (1/10).

Dahlan menjelaskan, mobil listrik yang dipamerkan sudah di sertifikasi oleh Kementerian Perhubungan. Sehingga, mobil sudah siap digunakan saat APEC berlangsung nanti.

“Besok atau lusa sudah sampai di Bali semua. Sekarang sudah disterilkan, karena pengamanannya sudah tinggi,” katanya.

Salah satu mobil listrik yang akan dipamerkan Dahlan adalah Selo. Dahlan mengklaim mobil listrik terbarunya itu lebih canggih ketimbang Tucuxi, mobil listrik sport lawasnya yang hancur menabrak tebing di Magetan.

[yud]

http://www.merdeka.com/uang/dahlan-pamer-16-mobil-listrik-di-ktt-apec-bali.html

***

2 Mobil Listrik RI Siap Pukau Obama

DIPAMERKAN KE PEMIMPIN DUNIA: Beginilah tampilan Selo, mobil sport listrik buatan anak negeri. Dahlan Iskan kabarnya merogoh uang pribadi hingga Rp 1,5 miliar untuk pengembangannya. Saat ke Samarinda

INDUSTRI otomotif Indonesia makin maju setelah Menteri BUMN Dahlan Iskan turun tangan mendorongnya. Meskipun Tucuxi menabrak tebing dan nyaris membunuhnya, Dahlan Iskan tak patah semangat. Ketika beberapa hari lagi pemimpin dunia rapat di Bali, dia akan memamerkan dua mobil listrik keren buatan anak negeri.

Ya, dalam konferensi Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 5-7 Oktober nanti di Bali, Dahlan Iskan memastikan Ghendis dan Selo siap dipamerkan.
Gendhis adalah nama mobil listrik bertipe multi purpose vehicle (MPV). Bentuknya didesain elegan, mirip Toyota Alphard.

Sementara Selo, mobil sport listik yang keren. Banyak yang menyebut bentuknya mirip Lamborghini.

Saat Dahlan Iskan mengunjungi Relawan Demi Indonesia di Samarinda (29/9) lalu, kepada Kaltim Post di rumahnya di Jalan Gatot Subroto Samarinda, Dahlan memperlihatkan dengan bangga mobil yang dikabarkan dibuat menggunakan kocek pribadi senilai Rp 1,5 miliar itu.

Dalam konferensi APEC, Dahlan Iskan optimistis akan membuat bangga semua peserta yang hadir. Apalagi sudah dipastikan Presiden Amerika Serikat Barack Obama beserta Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Tiongkok Xi Jinping hadir.

“Selo sudah dikirim ke Bali, begitu juga Gendhis, sudah siap di sana. Nih lihat fotonya, bagus kan?” ucap Dahlan seraya memamerkan foto di handphone-nya yang menggambarkan dua mobil besutan tim Putra Petir (Dasep Ahmadi, Danet Suryatama, Ravi Desai, Mario Revaldi dan Ricky), sudah dipajang di dekat arena pertemuan.

Dahlan mengaku sudah menjajal Selo di kawasan Kementerian BUMN. Mobil keren warna kuning ini dinilainya sangat enak digunakan. Baik handling maupun kenyamanan lainnya.

Disinggung kelebihan mobil itu lebih dalam, Dahlan belum mau membeberkan secara detail. Yang pasti lebih canggih dari mobil listrik yang dipamerkan sebelumnya.

“Nanti saja, pokoknya yang sekarang sudah ada gear box-nya dan fiturnya lebih canggih,” tambahnya.

Penambahan gear box ini, erat kaitannya dengan kecelakaan yang menimpa Tucuxi saat dikendarai Dahlan. Saat itu (5 Januari 2013), karena tidak menggunakan gear box, motor listrik Tucuxi langsung menggerakan as roda. Struktur seperti ini sebenarnya efisien karena tidak ada gear box dan kopling.

Kerugian energi bisa ditekan, bobot jadi lebih ringan, tenaga bisa dipindah ke roda lebih mulus dan juga membuat mobil jadi responsif saat start.

Masalahnya, saat berada di turunan, ketika mobil diperlambat, rem bekerja sendirian menahan beban. Padahal, dengan kendaraan yang menggunakan mesin bensin atau diesel (lebih khusus lagi diesel), saat menurun – dengan adanya gear box – bisa menggunakan gigi 2 atau 3. Sehingga mesin ikut membantu kerja rem menahan laju mobil melalui efek yang disebut “engine brake”.

Sebenarnya di dunia otomotif, penggunaan gear box untuk mobil listrik masih menjadi perdebatan para insinyur. Hampir 90 persen mobil listrik yang sudah diproduksi dibuat tidak menggunakan gear box untuk memindahkan tenaga yang dihasilkan motor ke roda (as roda).

Meski demikian, Dahlan Iskan yakin penambahan gear box ini penting. (adc/che2/k1)

http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/33012/2-mobil-listrik-ri-siap-pukau-obama.html

***

Mobil Listrik Belum Tiba di Bali, Apa Jawaban Dahlan Iskan?

Liputan6.com, Jakarta : Gembar gembor mobil listrik yang akan mejeng di acara akbar Asia Pacific Economic Coorperation (APEC) pada awal Oktober ini ternyata belum terlihat wujud dan rupanya.

Dari pengamatan Liputan6.com, di kawasan bisnis Bali Tourism and Development Coperation (BTDC), tempat penyelenggaraan APEC ada sebuah lahan parkir yang diperuntukkan bagi mobil-mobil listrik.

Lahan ini spesial didesain menjadi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Listrik. Tercatat ada sebanyak delapan unit pengisian daya listrik untuk mobil-mobil ramah lingkungan itu.

Namun sayang, stasiun pengisian tersebut masih sepi dengan kondisi beberapa mesin pengisian listrik masih disegel secara rapi. Di sekitar area ini, justru tak satupun nampak mobil listrik yang dipuja-puja Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan dan Menteri Perindustrian MS Hidayat.

Ketika ditanyakan ke petugas yang berada di area tersebut, tidak ada satupun yang tahu mengenai kapan kedatangan mobil listrik ke Pulau Dewata.

Namun saat kembali dikonfirmasi kepada Dahlan Iskan, dia belum bersedia menjawab terkait kapan kedatangan mobil listrik ke Nusa Dua, Bali. “Besok SMS saya lagi, sekarang masih di Istana,” ucap dia dalam pesan singkatnya yang diterima Liputan6.com.

Padahal Hidayat sebelumnya memastikan bahwa pemerintah akan menyelesaikan perizinan mobil listrik tipe bus, Alpard dan sport sebelum KTT APEC berlangsung.

“Sertifikat (mobil listrik) harus bisa selesai sebelum APEC,” ujarnya singkat. Sedangkan Dahlan menjanjikan proses perizinan pada mobil listrik generasi kedua ini dapat rampung 20 September lalu. (Fik/Ndw)

http://bisnis.liputan6.com/read/706944/mobil-listrik-belum-tiba-di-bali-apa-jawaban-dahlan-iskan?wp.trkn

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: