Soal kartu debit BBM, Dahlan lebih pilih untuk kontrol konsumsi

“Yang bagus mengontrol penggunaannya bukan pembayaran. Apa betul dengan ini menggunakan BBM subsidi bisa dikontrol,” 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengomentari rencana pemerintah yang akan melarang pembelian BBM subsidi dengan uang tunai.

Dalam aturan ini, pembeli BBM subsidi diwajibkan menggunakan kartu debit khusus agar bisa dipantau pemakaiannya dalam keseharian. Sebelum digunakan kartu debit khusus, pemerintah akan menggunakan kartu ATM sebagai media pembayaran BBM subsidi.

Menurut Dahlan, untuk menghemat BBM subsidi lebih baik mengontrol konsumsi daripada mengontrol pembayaran.

“Yang bagus mengontrol penggunaannya bukan pembayaran. Apa betul dengan ini menggunakan BBM subsidi bisa dikontrol,” kata Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (25/9).

Namun demikian, sebagai bagian dari pemerintahan Dahlan akan mengikuti aturan yang ada. Jika aturan tersebut diberlakukan, Dahlan akan mempersiapkan Pertamina untuk melakukannya.

“Tapi kalau diputuskan pemerintah Pertamina harus menjalankan. Kita tunggu keputusannya. Sekarang belum disahkan kan,” tutupnya singkat.

Sebelumnya, sejumlah kalangan menolak wacana pemerintah ini. Pembayaran menggunakan kartu debit justru dinilai akan semakin menambah beban rakyat kecil.

Pasalnya, belum seluruh masyarakat khususnya kalangan ekonomi bawah terkena akses keuangan. “Penggunaan ATM untuk pembelian BBM bersubsidi justru menyusahkan rakyat,” tutur salah seorang warga Yogyakarta, Dwininta Widyastuti.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Harry Azhar Azis melihat dampak kebijakan ini akan fatal dan berbahaya. “Secara tidak langsung pemerintah menyuruh rakyat miskin beli BBM non subsidi dan kelompok kaya diberi keringanan boleh membeli BBM subsidi,” tegasnya pada merdeka.com.

Jika memang kebijakan ini masih dipaksakan oleh pemerintah maka Harry dapat memastikan bahwa pemerintahan saat ini tidaklah pro rakyat miskin. “Ini jelas perencanaan dan implementasi yang tidak pas,” ucapnya.

[bmo]

http://www.merdeka.com/uang/soal-kartu-debit-bbm-dahlan-lebih-pilih-untuk-kontrol-konsumsi.html

Iklan

One Comment to “Soal kartu debit BBM, Dahlan lebih pilih untuk kontrol konsumsi”

  1. “Namun demikian, sebagai bagian dari pemerintahan Dahlan akan mengikuti aturan yang ada. Jika aturan tersebut diberlakukan, Dahlan akan mempersiapkan Pertamina untuk melakukannya.”

    Ini baru benar. Ga setuju boleh, tapi ketikika sudah diputuskan pemerintah & sebagai bagian pemerintah tetap harus menjalankan sebaik-baiknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: