Dahlan Akan Uji Coba Teknologi Baru Tanjung Perak

“Bila ini berhasil dilakukan, maka direncanakan juga akan dibagun di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta,” 

Dahlan Akan Uji Coba Teknologi Baru Tanjung Perak

TEMPO.CO, Surabaya – Menteri BUMN Dahlan Iskan direncanakan mendemonstrasikan proyek monorel Automated Container Transport (ACT) di Pelabuhan Tanjung Perak, Sabtu 28 September 2013. Juru bicara PT Pelindo III (Persero), Edi Priyanto, mengatakan proyek monorel Petikemas tersebut menghubungkan Terminal Teluk Lamong dan Pelabuhan Tanjung Perak.

Menurutnya, ACT merupakan salah satu solusi atas permasalahan kemacetan beberapa ruas jalan di sekitar depo petikemas dan Pelabuhan Tanjung Perak. Kemacetan ini menimbulkan inefisiensi pada distribusi logistik barang. “Bila ini berhasil dilakukan, maka direncanakan juga akan dibagun di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta,” kata Edi kepada Tempo, Kamis 26 September 2013.

Proyek dengan investasi sekitar Rp 2 triliun tersebut digarap PT Pelindo III dan PT Adhikarya selaku kontraktor. Sementara ACT dirakit oleh PT Inka dan PT LEN dengan pengujian kelayakan proyek oleh BPPT. Selain mendemonstrasikan ACT, Dahlan Iskan juga dijadwalkan melihat perkembangan proyek pembangunan Terminal Penumpang modern di Pelabuhan Tanjung Perak. Setelah itu meninjau mega proyek Terminal Teluk Lamong dan melakukan kegiatan penghijauan disana.

Edi berharap, proses konstruksi terminal penumpang modern bisa diselesaikan april 2014 mendatang sehingga diharapkan berbarengan dengan penyelesaian Terminal Teluk Lamong yang akan dioperasikan pada awal mei 2014. “Terkait ground breaking monorel ACT diharapkan sudah bisa dimulai dibangun pada awal tahun 2014 dan diperkirakan membutuhkan waktu pengerjaan 1,5-2 tahun”, ucapnya.

Nantinya ada 5 Sentra Train Station (STS), yakni STS Teluk Lamong, STS Greges, STS Kalianak, STS Tanjung Batu dan STS Tanjung Perak. STS berfungsi sebagai terminal bongkar muat petikemas menggunakan ACT. Sebelum diangkut ACT, petikemas dari depo akan dikirim menggunakan truk ke STS. Pelindo III juga berencana membentuk anak usaha yang menjalankan unit bisnis ACT. Setelah BPPT menyatakan proyek tersebut lulus uji kelayakan, Pelindo III segera membahas pembagian komposisi modal dengan PT Adhi Karya. “Bagi-bagi modal ini menunggu uji kelayakan keluar dulu,” katanya.

DIANANTA P. SUMEDI

http://www.tempo.co/read/news/2013/09/26/058516955/Dahlan-Akan-Uji-Coba-Teknologi-Baru-Tanjung-Perak

***

Adhi Karya bangun monorail kontainer Surabaya senilai Rp 3,5 T

Monorail Surabaya

PT Adhi Karya akan merilis pengangkut kontainer otomatis (ACT) berbasis monorail pada 28 September 2013. Monorail kontainer ini akan menghubungkan Pelabuhan Teluk Lamong dengan Tanjung Perak sepanjang 4,7 Km.

Pembangunan monorail diperkirakan menelan dana berkisar Rp 3 triliun sampai Rp 3,5 triliun. Perseroan akan menggunakan skema pinjaman untuk pembiayaan.

“Sisanya berasal dari konsorsium BUMN yang ikut terlibat seperti PT Inka Persero dan PT Len Persero,” ujar Direktur Utama Adhi Karya, Kiswodarmawan di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (25/9).

Skema pembiayaan ini nantinya Adhi Karya mendapatkan porsi minoritas sekitar 20 persen. Pembiayaan pembangunan monorail lebih besar dibebankan kepada PT Inka dan PT Len.

“Desember ini sudah bisa tanda tangan agreement bertiga dan selanjutnya dengan Pelindo III Persero sebagai pemilik proyek,” imbuhnya.

Adhi Karya bersama konsorsium lainnya berencana akan membangun monorail kontainer Tanjung Priok pada tahun depan. Pembangunannya diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 1,5 tahun sampai 2 tahun.

“Kalau ini berhasil maka akan bisa menjadi benchmark untuk Pelabuhan Tanjung Priok,” tutupnya.

[bmo]

http://www.merdeka.com/uang/adhi-karya-bangun-monorail-kontainer-surabaya-senilai-rp-35-t.html

***

Mendukung sarana Monorel Petikemas

ACT segera aktif di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

LENSAINDONESIA.COM: PT Pelindo III dan PT Adhikarya akan merilis dan sekaligus mendemokan penggunaan alat pengangkut container petikemas otomatis/Automatic Container Transporter (ACT) di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, pada hari 28 September 2013, Kamis (26/9/2013).

ACT itu dirakit PT Inka dan PT Len, sedangkan pengujian kelayakan dilakukan BPPT. Rencananya, acara bakal dihadiri langsung Menteri BUMN Dahlan Iskan dan beberapa Direksi BUMN serta asosiasi kepelabuhanan. Selain melihat ACT, Dahlan Iskan juga dijadwalkan melihat perkembangan proyek pembangunan Terminal Penumpang modern di Pelabuhan Tanjung Perak.

Baca juga: Pelindo III bebaskan Organda Tanjung Perak cari pinjaman bank dan Kasus Paving Pelindo III mandek di Kejari Tanjung Perak

Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto mengungkapkan, Monorel Petikemas itu akan menghubungkan terminal Teluk Lamong dan pelabuhan Tanjung Perak. ACT sendiri, merupakan sebuah jawaban atas permasalahan kemacetan beberapa jalan-jalan di sekitar depo dan pelabuhan Tanjung Perak sehingga bisa dilakukan efisiensi pada distribusi logistik barang.

Menurutnya, apabila hal ini berhasil dilakukan, maka direncanakan hal serupa akan dibangun di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. “Setelah itu, kami akan melakukan peninjauan mega proyek terminal teluk lamong dan melakukan kegiatan penghijauan disana,” ujarnya kepada LICOM saat di konfirmasi di Surabaya, Kamis (26/9/2013).

Pihaknya juga menyampaikan, bahwa pembangunan terminal penumpang modern ditargetkan bisa diselesaikan April 2014 mendatang sehingga diharapkan akan bersamaan dengan penyelesaian Terminal Teluk Lamong yang akan dioperasikan pada awal Mei 2014. “Terkait pembangunan monorel petikemas atau ACT diharapkan sudah bisa dimulai dibangun pada awal tahun 2014 yang di estimasikan membutuhkan waktu pengerjaan antara 1,5 hingga 2 tahun”, pungkasnya. @dony

http://www.lensaindonesia.com/2013/09/26/act-segera-aktif-di-pelabuhan-tanjung-perak-surabaya.html

Dahlan: Monorel Pertama RI Rampung Januari 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: