DPR Desak Dahlan Iskan Bangun 2 Kilang Minyak

“Melihat GDP kita pembangunan refinary bukan hal yang susah dilakukan. Kita, paling tidak harus punya dua refinery untuk mengurangi ketergantungan pada impor,” 

Ilustrasi. (Foto: Okezone)
JAKARTA – Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) kembali menggelar rapat kerja bersama Kadin, Apindo, Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementrian BUMN tentang paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah.

Ketua Komisi VI Erlangga Hertanto mengatakan, rapat tersebut merupakan rapat lanjutan menangani defisit perdagangan. Dia mengatakan kehadiran Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam rapat tersebut sangat penting karena impor Migas yang menjadi penyebab besarnya defisit neraca perdagangan dilakukan oleh perusahan BUMN, yakni PT Pertamina (Persero).

Selain itu, dia mengatakan banyak perusahan BUMN tidak menggunakan Rupiah dalam melakukan transakasi dalam negeri. “Kalau kita bicarakan pelaku impor sebagian besar dilakukan BUMN yakni USD150 juta per hari. Selain itu Menteri BUMN kami undang karena penggunaan dolar yang paling besar adalah BUMN,” kata Erlanga di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (18/9/2013).

Dia mengatakan, Menteri BUMN menjadi krusial karena tidak semua BUMN menggunakan Rupiah sebagai transaksi dalam negeri sehingga menyebabkan keadaan yang tidak baik di tengah merosotnya nilai tukar Rupiah terhadap dolar.

Dia menambahkan, cara mengurangi ketergantungan akan impor migas yang dilakukan oleh perusahan BUMN adalah membangun refinery atau kilang minyak.

“GDP per kapita kita saat ini USD3.400. Kami dapat kesan untuk membangun refinery dibutuhkan insentif. Melihat GDP kita pembangunan refinary bukan hal yang susah dilakukan. Kita, paling tidak harus punya dua refinery untuk mengurangi ketergantungan pada impor,” tambahnya. (wdi)

http://economy.okezone.com/read/2013/09/18/320/868270/dpr-desak-dahlan-iskan-bangun-2-kilang-minyak

Iklan

2 Komentar to “DPR Desak Dahlan Iskan Bangun 2 Kilang Minyak”

  1. Pasti masih ada yang berakal sehat. Like Dis !

  2. Para ilalang akan condong kemana arah angin, jika angin perubahan kian kencang mereka juga akan condong kesana dan berusaha tampil (pamer) sebagai pilar perubahan….. tak masalah asal Ia tidak merongrong perubahan. Pahala bisa dipanen saat ini atau ditunda kemudian hari….. Kita hanya perlu menundukan 20% hal-hal terpenting untuk meraih 80% perubahan. seperti hukum pareto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: