Dahlan Lobi-Lobi agar Pertamina Bisa Hedging

“Karena mungkin ada nasib jelek, ketika hedging nanti merugi dan Pertamina disangka merugikan,” 

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi penggunaan dolar Amerika Serikat (AS) dalam transaksi adalah mengizinkan Pertamina melakukan hedging atau kontrak pembelian bahan bakar minyak (BBM).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkapkan, aksi tersebut bisa dilakukan untuk menghindari kerugian, bila dolar AS semakin menguat. Namun hal ini juga memiliki kemungkinan risiko kerugian. Oleh karena itu, Dahlan meminta dukungan dari DPR, agar Pertamina dapat melakukan hal tersebut.

“Karena mungkin ada nasib jelek, ketika hedging nanti merugi dan Pertamina disangka merugikan,” jelas Dahlan dalam rapat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (18/9/2013) malam.

Dia mengatakan, saat ini sudah melakukan koordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), agar tidak membawa kebijakan hedging dan kontrak ini ke ranah hukum.

“Mereka sepakat tidak akan mengkriminalisasi kebijakan, dalam langkah gejolak kebijakan ekonomi ini Pertamina diizinkan beli forward dan hedging,” tutur dia.

Dahlan mengatakan, lembaga-lembaga terkait sudah sepakat untuk tidak mengkriminalisasikan Pertamina ketika menghadapi kerugian jika melakukan hegding nanntinya. Dia mengatakan lembaga-lembaga tersebut hanya akan melakukan tindakan jika dari audit BPK nantinya ditemukan praktek-praktek korupsi. ()

http://economy.okezone.com/read/2013/09/19/19/868414/dahlan-lobi-lobi-agar-pertamina-bisa-hedging

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: