Kementerian BUMN Tak Buka Lowongan CPNS Tahun Ini

“Tidak merekrut bertahun-tahun juga tidak betul. Tahun depan baru buka, Menpan ngomong di sidang kabinet, seharusnya kementerian lain contoh kementerian BUMN,” 

lowongan-cpns-130916b

Liputan6.com, Jakarta : Beberapa kementrian dan lembaga kenegaraan sedang berlomba-lomba menjaring Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk mengisi formasi di instansinya.

Namun dari sekian banyak instansi, mungkin Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak berkeinginan menambah jumlah PNS. Mengapa demikian?

Menteri BUMN Dahlan Iskan menjelaskan, jajaran birokrasi di kementeriannya saat ini masih terfokus pada program reformasi birokrasi pemerintah. Sebab itu pihaknya justru sedang melakukan pemangkasan birokrasi agar tidak terjadi penggemukan karyawan.

“Kita pingin supaya tidak gemuk, dan tidak ada keperluannya. Bahkan kita mengurangi jumlah pejabat 20% karena satu deputi dikurangi, jadi semangat kita malah mengurangi,”ujar Dahlan seperti ditulis Rabu (18/9/2013).

Dahlan menambahkan bagi para pencari lowongan CPNS untuk Kementrian BUMN akan lebih diarahkan kepada perusahaan-perusahaan BUMN yang memang sedang membuka lowongan. “Yang merekrut di perusahaan BUMN bukan dikementerian BUMN,” tegas dia.

Meski demikian, Dahlan mengaku tidak menutup kemungkinan Kementerian BUMN baru akan membuka lowongan CPNS pada tahun depan mengingat ada beberapa kursi jabatan yang memerlukan regenerasi.

Leih lanjut Dahlan menjelaskan, selama ini justru Kementerian BUMN mendapatkan pujian dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terkait reformasi birokrasi yang dilakukan.

“Tidak merekrut bertahun-tahun juga tidak betul. Tahun depan baru buka, Menpan ngomong di sidang kabinet, seharusnya kementerian lain contoh kementerian BUMN,” pungkasnya. (Yas/Nur)

http://bisnis.liputan6.com/read/695832/kementerian-bumn-tak-buka-lowongan-cpns-tahun-ini

***

Kementerian BUMN tak Buka Lowongan CPNS

JAKARTA – Jika semua kementerian tengah sibuk membuka lowongan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), berbeda dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Perusahaan pelat merah ini justru tengah merampingkan puluhan jabatan. Karenanya tahun ini BUMN tidak membuka lowongan pegawai baru.

“Bahkan kita mengurangi jumlah pejabat 20 persen, karena satu deputi dikurangi. Jadi semangat kita malah mengurangi,” ujar Menteri BUMN Dahlan Iskan di Gedung Kementerian BUMN, Selasa (17/9) malam.

Meski Kementrian BUMN tak membuka lowongan, namun perusahaan BUMN membuka kesempatan bagi para pencari pekerjaan. “Tapi perusahaan-perusahaan BUMN lakukan perekrutan,” tuturnya.

Namun jangan khawatir, karena tahun depan rencananya BUMN akan membuka lowongan pegawai baru. Hal itu dilakukan supaya ada regenerasi karyawan di Kementerian BUMN agar lebih bersemangat membuat gebrakan-gebrakan baru untuk negara dan rakyat.
“Mungkin tahun depan (buka lowongan, red) karena sebuah perusahaan memang perlu regenerasi, kalau tidak merekrut terus menerus juga enggak bagus,” kata dia.

Nah langkah ini diakui Dahlan telah diapresiasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, di mana berani melakukan perampingan karyawannya di saat yang lainnya justru menambah SDM.

“Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memuji di Rapat Terbatas (Ratas) Kabinet. Semua kementerian harus seperti Kementerian BUMN,” pungkas Dahlan menirukan. (chi/jpnn)

http://www.jpnn.com/read/2013/09/18/191556/Kementerian-BUMN-tak-Buka-Lowongan-CPNS-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: