Mobil Listrik Dahlan Iskan Belum Uji Kelaikan

“Diujinya di bekasi di Balai Pengujian Kemenhub. Paling sehari (selesai), nggka lama,”

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hingga pekan lalu belum juga melakukan uji kelaikan mobil listrik untuk keperluan KTT APEC 2013. Mobil listrik akan diuji di Balai Pengujian Kementerian Perhubungan di Bekasi, Jawa Barat.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Suroyo Alimoeso mengatakan dirinya belum sempat melakukan uji kelaikan mobil listrik. Namun, dirinya sudah berkoordinasi dengan pejabat terkait dan segera akan melakukan pengujian.

“Belum saya cek. Sudah melakukan koordinasi untuk diproses. Saya kan belum ke kantor selama seminggu. Minggu kemarin belum ada,” kata Suroyo saat ditemui di Museum Transportasi, TMII, Jakarta Timur, Senin (16/9/2013).

Apa saja yang diuji? Suroyo mengatakan, aspek pengujian dilakukan lebih kepada kesiapan kendaraan tersebut saat melaju di jalanan, juga termasuk spesifikasi teknis dari kendaraan tersebut.

“Artinya fungsi rem, fungsi emisi, fungsi lampu dan lain-lain. Itu sesuai dengan yang diajukan dalam spesifikasinya atau tidak,” katanya.

Menurutnya tak membutuhkan waktu lama untuk melakukan pengujian. Setelah selesai, mobil listrik ini akan diserahkan ke Kementerian Perindustrian untuk disertifikasi.

“Diujinya di bekasi di Balai Pengujian Kemenhub. Paling sehari (selesai), nggka lama,” kata Suroyo.

Sebelumnya, Menteri BUMN Dahlan Iskan menyebutkan dirinya sedang menunggu sertifikat uji kelaikan mobil listrik dari Menteri Perindustrian MS Hidayat. MS Hidayat sendiri belum menandatangani sertifikat tersebut karena uji kelaikan tersebut masih dalam proses dan ada di Kementerian Perhubungan

Mobil Bus dan ‘Alphard’ listrik made ini Depok, Jawa Barat akan selesai pada September 2013. Kedua jenis kendaraan yang akan dioperasikann pada KTT APEC di Bali.

Untuk tipe bus listrik akan dibuat sebanyak 8 unit dengan kapasitas hingga 17 penumpang dan akan dilengkapi dengan gear box. Selain itu, juga merancang mobil listrik tipe mobil mewah eksekutif sekelas Toyota Alphard.

(hen/syu)

 
Iklan

5 Komentar to “Mobil Listrik Dahlan Iskan Belum Uji Kelaikan”

  1. Pejabat Kita ini, memang terkenal lelet banget. Kalah gesit dengan rakyatnya.

  2. saya sepakat dengan intipres@ymail.com

  3. Gak bisa diajak lari mengejar ketertinggalan dengan negara2 maju

  4. pesan buat pak dahlan iskan. anda menteri bumn, dulu anda dirut pln. nanti ditahun 2014 lebih baik anda pensiun jangan jadi presiden. anda kepala bumn, 4x sehari listrik di medan mati, anda sibuk Main sinetron. dimana rasa malu anda ketika di riau masyarakat riau buang tv ke kantor pln. anda tidak sukses memimpin pln, anda tidak malu jadi calon presiden. anda harusnya tegaskan tidak mencalonkan diri. jabatan itu amanah, rakyat hanya butuh aman, listrik, jalan, air. itu saja. kalau tidak sanggup pln, swastakan saja listrik. jalan dimonopoli, masyarakat hanya dapat sampah. jika dikelola swasta, bersaing mencapai mutu. saya merasa anda pak dahlan iskan sudah gagal menjalankan tugas, anda lebih senang dengan pencitraan. saran saya, baiknya anda mundur dari menteri bumn. anda sudah cacat jika jadi calon presiden. contoh jokowi, banyak berbuat, sedikit bicara. semua beres. era pencitraan sudah lewat pak dahlan iskan, sekarang era jokowi, kerja dan hasil. buat pak dahlan,bekerjalah untuk rakyat dengan tangan. thanks

  5. pak DP berapa? gaji UMP masih bisa cicil tidak? apa cuma buat orang kaya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: