MS Hidayat sebut Chairul Tanjung siap kembangkan mobil listrik

“Saya katakan bahwa uji kelaikan itu dikeluarkan Kementerian Perhubungan. Kalau soal produksi secara massal itu baru di Kementerian Perindustrian. Tapi Pak Dahlan jangan khawatir, saya kira sebelum KTT APEC berlangsung izin kelaikan sudah akan keluar,” 

ms-hidayat-sebut-chairul-tanjung-siap-kembangkan-mobil-listrik

Menteri Perindustrian MS Hidayat melihat, pengembangan mobil listrik nasional untuk komersil membutuhkan investor yang siap menanggung risiko bisnis.

“Saya sudah bicara dengan Presiden untuk kemungkinan pengembangannya. Presiden bertanya apakah bisa dimulai, lalu saya jawab bisa asalkan bertahap. Saya bilang kalau memang sudah berjalan (komersil) harus ada investor yang siap menanggung risiko bisnisnya,” ujar MS Hidayat seperti dikutip Antara di Jakarta, Jumat (13/9).

Hidayat menyebut pengusaha nasional yang juga Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung menyatakan siap menjadi investor. Hanya saja, perlu disiapkan infrastruktur pendukungnya.

“Chairul Tanjung bilang siap. Tapi jika ingin benar-benar mengembangkan mobil listrik, kita tentu harus melengkapi infrastrukturnya dulu seperti tempat mengisi ulang baterai mobilnya, semacam SPBU. Kalau infrastruktur dan persyaratan secara publik sudah siap, barang kali produsen bisa memulai,” ujarnya.

Menteri BUMN Dahlan Iskan sebelumnya telah meminta Kementerian Perindustrian mengeluarkan izin kelaikan mobil listrik nasional, agar mobil listrik tersebut bisa digunakan dan diperkenalkan dalam forum KTT APEC di Bali awal Oktober 2013.

Terkait hal itu Menperin mengatakan uji kelaikan merupakan kewenangan Kementerian Perhubungan. “Saya katakan bahwa uji kelaikan itu dikeluarkan Kementerian Perhubungan. Kalau soal produksi secara massal itu baru di Kementerian Perindustrian. Tapi Pak Dahlan jangan khawatir, saya kira sebelum KTT APEC berlangsung izin kelaikan sudah akan keluar,” kata Hidayat.

[noe]

http://www.merdeka.com/uang/ms-hidayat-sebut-chairul-tanjung-siap-kembangkan-mobil-listrik.html

2 Komentar to “MS Hidayat sebut Chairul Tanjung siap kembangkan mobil listrik”

  1. Angin segar bagi pengembangan mobil listrik nasional Indonesia. Karena banyak pihak siap mendukungnya. Semoga perencanaan yang dilakukan Menteri BUMN Dahlan Iskan bersama seluruh timnya, bisa aplikatif. Sehingga, setelah uji coba penggunaannya dalam KTT APEC Oktober mendatang di Bali, bisa diproduksi secara massal. Banyak masyarakat menunggu masuknya mobil listrik ke pasaran nasional, bahkan internasional, sehingga kita tidak terlalu bergantung kepada BBM seperti selama ini

  2. jangan kelamaan prosesnya bro, Bung Dis. Motor listrik sudah banyak beredar disamarinda kaltim dan kuliat ditempat lainya juga gitu. Saya berharap MENTERI PENDIDIKAN TANGGAP DIKITLAH………TUH LIAT Adul anak si Dani…..disini juga banyak Adul yg lain…..anak sekolah belum cukup umur naik motor.ALANGKAH BIJAKNYA jika menteri pendidikan mendukung motor listrikuntk siswa2 yg belum cukup umur. kita gak bisa melarang mereka naik motor……………asalkan motor listrik karena yg paling bisa sesuai aturan. diluar jawa infrastruktur transportasi sangat terbatas sehingga sangat menyusahkan jika harus melarang anak2 tak boleh naik motor. KEPADA PARA SISWA SMK ATAU POLITEKNIK..cobalah membuat kreasi motor yang ada/sepeda ontel dibuat gandengan dengan saturoda yg lain digerakan oleh motor listrik sehingga kalo bateray abis.motor bisa digenjot atau menghidupkan mesin dengan bensin.hal ini untuk masa transisi yg bisa kita kerjakan sekarang. Saya pun dalam proses koordinasi dan konsentrasi pemanfaatan sumberdaya yg kami miliki ntuk menciptakan modifikasi motor listrik plus motor bensin dan motor listrik dengan ontel.Bagi teman2 yg punya alamat pabrik/produk motor listrik bisa menulis di blog ini untuk kami hubungi.tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: