Lalu Lintas Udara Padat, Ini Saran Dahlan

“Seperti Jakarta-Surabaya, 40 flight sehari, buat apa? 30 kali saja sudah cukup. Lalu, misalnya lagi Jakarta-Medan, 30 kali, harusnya 25 kali kan cukup,” 

JAKARTA, KOMPAS.com – Seiring dengan pesatnya pertumbuhan penerbangan dalam negeri, lalu lintas (traffic) udara menjadi padat. Untuk mengurai kepadatan itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, menyarankan perusahaan maskapai penerbangan untuk memangkas frekuensi terbang.

“Seluruh airlines harus memikirkan pengurangan frekuensi,” kata Dahlan dalam pembukaan Garuda Indonesia Travel Fair 2013, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (13/9/2013).

“Seperti Jakarta-Surabaya, 40 flight sehari, buat apa? 30 kali saja sudah cukup. Lalu, misalnya lagi Jakarta-Medan, 30 kali, harusnya 25 kali kan cukup,” lanjut mantan Dirut PT PLN itu.

Dalam kunjungannya ke Seattle, Amerika Serikat, di kantor pusat Boeing, Dahlan mengatakan berdiskusi dengan pihak Boeing soal pesawat yang lebih besar dari B777, sehingga bisa mengangkut penumpang lebih banyak. Dengan begitu, diharapkan dapat menurunkan frekuensi. “Tapi harganya masih tetap terjangkau,” imbuhnya.

Selain meminta airlines memangkas frekeunsi, Dahlan juga berharap pemerintah dapat mengeluarkan regulasi agar jam opersional bandara diperpanjang. “Bandara di luar Jakarta harus menambah jam operasi agar mengurangi kepadatan di Jakarta,” kata Dahlan.

Selain menambah jam operasional bandara di luar Jakarta, navigasi penerbangan juga diperbaiki. “Berbagai kemajuan terjadi termasuk kemampuan take off dan landing. Dulu 1 jam 60 kali. Sekarang 69 kali. Tapi tetep antri di landasannya,” jelasnya.

Akibat kepadatan udara, pesawat yang akan landing di bandara utama seringkali berputar-putar terlebih dahulu. Untuk mengurangi resiko ini, Dahlan mengatakan kini pesawat-pesawat sudah diantisipasi sejak dari keberangkatan. Ia mengklaim ini sudah dilakukan dua bulan lalu. “Jadi di-hold dulu di tempat keberangkatan. Jadi tidak perlu berputar-putar dulu,” pungkasnya.

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/09/13/1329501/Lalu.Lintas.Udara.Padat.Ini.Saran.Dahlan

***

Rute Terbang Jakarta-Surabaya & Jakarta-Medan Layak Dikurangi

Liputan6.com, Jakarta : Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meminta maskapai penerbangan Indonesia, terutama yang berpelat merah untuk memangkas frekuensi beberapa rute penerbangan. Hal ini bertujuan mengurangi kepadatan lalu lintas udara.

“Cobalah untuk mengurangi frekuensi penerbangan, misalnya rute Jakarta-Surabaya yang biasanya bisa 40 kali sehari menjadi 30 kali. Sedangkan Jakarta-Medan menjadi 25 kali dari sebelumnya 30 kali per hari,” ungkap dia saat pembukaan Garuda Indonesia Travel Fair di Jakarta, Jumat (13/9/2013).

Pasalnya, Dahlan mengaku, telah membahas soal kepadatan lalu lintas udara sewaktu mengunjungi markas Boeing di Amerika Serikat (AS).

“Makanya saya juga mendiskusikan dengan Bos Boeing, pesawat apa yang bisa mengangkut lebih banyak penumpang tanpa perlu banyak frekuensi penerbangan?,” jelas dia.

Selama ini, dia menceritakan, mayoritas pesawat yang digunakan maskapai penerbangan lokal adalah Boeing 737. “Jadi nanti dicarikan solusinya pesawat besar selain 737 tapi bisa tetap hemat untuk penerbangan jangka pendek,” jelas dia.

Dalam kunjungannya ke pabrik Boeing itu, Dahlan mengaku telah memperbaiki sistem navigasi dengan membentuk satu BUMN sehingga mampu menambah kapasitas pesawat take off maupun landing dari 60 kali per satu jam menjadi 69 kali.

“Sekarang juga lebih maju di mana pesawat akan di hold dulu di tempat pemberangkatan apabila lalu lintas padat dan pesawat belum siap untuk terbang,” tandas dia. (Fik/Nur)

http://bisnis.liputan6.com/read/691672/rute-terbang-jakarta-surabaya-jakarta-medan-layak-dikurangi

***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: