Izin Kelaikan Mobil Listrik untuk APEC Masih Tunggu Menperin

“Kita tunggu Pak Hidayat,” 

Jakarta – Sertifikat kelaikan mobil listrik untuk operasional KTT APEC di Bali akan keluar pada 17 September 2013. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan masih menunggu persetujuan dari Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat.

“Nanti tanggal 17 September sertifikasinya,” kata Dahlan saat ditemui usai “Mengaruniakan” Gelar Professor Tamu Untuk Bapak Dahlan Iskan Menteri BUMN oleh Universiti Perlis Malaysia, di Hotel Mandarin, Jakarta, Jumat (13/9/2013).

Dahlan menyebutkan, pihaknya tinggal menunggu proses penyelesaian dan persetujuan sertifikasi yang saat ini masih di Kementerian Perindustrian. “Kita tunggu Pak Hidayat,” ujarnya.

Sebelumnya, mobil Bus dan ‘Alphard’ listrik made ini Depok, Jawa Barat akan selesai pada September 2013. Saat ini, kedua jenis kendaraan yang akan dioperasikann pada KTT APEC di Bali sudah masuk tahap akhir.

Untuk tipe bus listrik akan dibuat sebanyak 8 unit dengan kapasitas hingga 17 penumpang dan akan dilengkapi dengan gear box. Selain itu, juga merancang mobil listrik tipe mobil mewah eksekutif sekelas Toyota Alphard.

(drk/ikh)

detik.com

***

Sertifikasi Mobil Listrik “Tersandera” Birokrasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sertifikasi mobil listrik dari Kementerian Perindustrian diharapkan keluar pada pekan depan. Lamanya proses sertifikasi karena birokrasi yang berbelit.

Menteri BUMN Dahlan Iskan menjelaskan hingga saat ini surat dari Kementerian BUMN masih menyangkut di staf Kementerian Perindustrian, dan belum sampai di tangan MS. Hidayat, selaku menteri.

“Iyah, kan masih di anak buahnya,” kata Dahlan kepada wartawan, Jumat (13/9/20013). Soal apakah mobil itu nantinya bisa dipamerkan dalam hajatan besar APEC, Dahlan tidak terlalu yakin. “Tergantung sertifikasinya,” kata dia.

Beberapa waktu lalu, Dahlan menengok dealer mobil listrik Tesla di Seattle, Amerika Serikat (AS). Dalam studi bandingnya itu, mantan Dirut PT PLN itu, memastikan apakah benar mobil listrik keluaran AS, tidak menggunakan gearbox, seperti Ferrari jenis Tucuxi yang ditabrakkannya ke tebing di daerah Sarangan, Magetan.

Sebagai informasi, mobil listrik digadang-gadang menjadi mobil nasional. Oleh karenanya, sertifikasi menjadi penting. Sertifikasi ini menjadi tanda kendaraan tersebut layak dikendarai.

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/09/13/2049084/Sertifikasi.Mobil.Listrik.Tersandera.Birokrasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: