Dahlan ingin sapi di Indonesia berkualitas Australia

“Kita harus mengatasi masalah peternakan. Semalam kami rapat kabinet bahas daging, dan BUMN mengambil kesimpulan untuk mengatasi masalah ternak, bahwa kita harus segera membeli lahan perusahaan peternakan di Australia 1 juta hektar di Australia,”¬†

dahlan-ingin-sapi-di-indonesia-berkualitas-australia

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bakal segera membeli lahan ternak sapi seluas 1 juta hektar di Australia seperti yang sudah direncanakan sejak lama. Pembelian lahan tersebut dilakukan guna mengatasi kekurangan daging sapi yang selama ini selalu melanda Indonesia.

“Kita harus mengatasi masalah peternakan. Semalam kami rapat kabinet bahas daging, dan BUMN mengambil kesimpulan untuk mengatasi masalah ternak, bahwa kita harus segera membeli lahan perusahaan peternakan di Australia 1 juta hektar di Australia,” kata Menteri BUMN Dahlan Iskan, di kampus Unpad Bandung, Rabu (11/9).

Dahlan menuturkan, lahan yang akan dibeli itu nantinya khusus diperuntukkan melahirkan sapi. Setelah lahir, sapi akan dibawa ke Indonesia. “Nanti di Indonesia, sapi kembali digemukkan dan dirawat di sini,” jelasnya.

Cara itu, kata mantan bos PLN, cukup efektif mengingat sapi yang dihasilkan memiliki kualitas impor. Terlebih, biaya untuk melahirkan sapi di Australia lebih hemat dibanding di Indonesia.

“Kata ahli untuk melahirkan sapi di Indonesia harganya 5 kali lipat lebih mahal melahirkan di Australia,” ungkapnya.

Sedangkan, untuk menggemukkan sapi di Indonesia harganya 3 kali lebih murah dibandingkan dengan di Australia.”Jadi memang di sana melahirkan murah karena dibiarkan liar,” ujarnya.

Dia berharap cara tersebut bisa menjadi solusi atas kekurangan pasokan sapi di tanah air. Dahlan menerangkan proses untuk menghasilkan sapi di Australia yang sudah lebih maju dibanding di Indonesia.

“Ini karena dibiarkan liar sehingga terjadi inses. Perkawinan dengan ibunya dan lain-lainnya. Keturunan jadi jelek sementara di Australia tidak begitu. Karena setelah lahir, jantan langsung dikebiri. Sementara di kita, itu tidak bisa dilakukan karena masih ada paham yang tidak boleh mengebiri,” jelasnya.

Dahlan juga meminta, soal enzim menggemukkan sapi agar dikembangkan oleh Unpad. “Semoga manfaat dari penelitian Unpad ini bisa dirasakan ke depannya,” katanya.

[noe]

http://www.merdeka.com/uang/dahlan-ingin-sapi-di-indonesia-berkualitas-australia.html

Iklan

2 Komentar to “Dahlan ingin sapi di Indonesia berkualitas Australia”

  1. Sebaiknya Menteri Pertanian Gak Usah di Libatkan. Nanti ngajak-ngajak temannya separtai.

  2. iya nanti ngakunya itu hasil pola pikirnya. dan setelah itu impor dan hasilnya dibagi lagi seperti yg dilakukan AF.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: