Dahlan Iskan Pasrah Proyek Tol Trans Sumatera Tertunda

“Jalan tol trans sumatera ya nggak disetujui. Tertunda lah,”
https://i0.wp.com/images.detik.com/content/2013/09/10/4/jorr2.jpg

Jakarta – Keputusan Komisi VI DPR menolak Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk 5 BUMN termasuk PT Hutama Karya berdampak pada diundurnya proyek pembangunan jalan tol Trans Sumatera.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, anggaran pembangunan proyek tol Trans Sumatera berarti tertahan.

“Jalan tol trans sumatera ya nggak disetujui. Tertunda lah,” kata Dahlan usai rapat dengar pendapat dengan Komisi VI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2013).

Dalam pengajuan PMN tersebut, ada dana suntikan Rp 2 triliun yang diajukan untuk Hutama Karya. Dana ini untuk pembangunan jalan tol Trans Sumatera. Tahun depan ada lagi PMN untuk Hutama Karya Rp 5,1 triliun untuk proyek ini.

Meski begitu, Dahlan mengaku akan kembali menyerahkan pengajuan PMN ini ke Komisi VI DPR untuk dilakukan pembahasan.

“Saya akan menulis surat lagi untuk ke Komisi VI, untuk melaksanakan UU, yang di situ menyebutkan, yang itu dibahas di Komisi VI, kami akan melaksanakan pembahasan,” sebutnya.

Dahlan menyatakan, surat tersebut akan diserahkan dalam beberapa hari ke depan. Sehingga proyek tol Trans Sumatera tidak terlalu lama tertunda. Bila PMN tidak memungkinkan tahun ini, maka akan dimasukkan di 2014.

“Secepatnya, besok atau lusa. Kalau tidak bisa sekarang itu bisa dimasukan ke tahun 2014,” jawab Dahlan.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan UMum (PU) Djoko Kirmanto pernah mengatakan, empat ruas tol di Sumatera rencananya akan mulai dikerjakan akhir September 2013 ini adalah:

Tol Medan-Binjai 16,8 km dengan investasi Rp 2 triliun
Tol Pekanbaru-Dumai 135 km dengan investasi Rp 14,7 triliun
Tol Palembang-Indralaya 22 km dengan investasi Rp 1 triliun
Tol Bakauheni-Terbanggi Besar 150 km dengan investasi Rp 13,8 triliun
Ditargetkan paling cepat, salah satu ruas sudah mulai groundbreaking pada September 2013 dan paling akhir di awal 2014, semua ruas telah mulai dikembangkan. Namun rencana ini tampaknya akan tertunda.

(mkl/dnl)

http://finance.detik.com/read/2013/09/10/130932/2354357/4/dahlan-iskan-pasrah-proyek-tol-trans-sumatera-tertunda

 

***

Pembangunan Tol Trans Sumatera Terancam Molor

Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan pembangunan jalan tol Trans Sumatera terancam molor karena penyaluran dana Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk PT Hutama Karya sebesar Rp 5,1 triliun ditolak oleh komisi VI DPR.

Menurut dia, alasan komisi VI DPR menolak karena komisi VI belum pernah diajak dan terlibat langsung dalam pembahasan tersebut.

Meski demikian Dahlan menjelaskan, Kementerian BUMN akan mencari jalan lain agar pembangunan tol trans Sumatera tetap bisa direalisasikan. Cara pertama yang akan dilakukan adalah mengirimkan surat kepada komisi VI DPR agar mau membahas PMN untuk BUMN, walaupun telah masuk ke dalam nota keuangan.

“Saya akan mengirim surat kepada komisi VI, surat ini merupakan tanda penindaklanjutan nota keuangan dan tidak menyalahi aturan,” ujar dia saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (10/9).

Dahlan berharap komisi VI DPR menyetujui penyaluran dana PMN untuk Hutama Karya dan melakukan pembahasan setelah menerima surat dari Kementerian BUMN.

Penulis: DHO/WBP

http://www.beritasatu.com/ekonomi/137340-pembangunan-tol-trans-sumatera-terancam-molor.html

Iklan

6 Komentar to “Dahlan Iskan Pasrah Proyek Tol Trans Sumatera Tertunda”

  1. BEGITULAH KELAKUAN dewan KITA YANG ANDA JUGA TAHU BAGAIMAN kwalitas DAN kmauanya. MEREKA TUDAK SUKA KEMAJUAN RAKYATNYA, YANG PENTING MAUNYA SENDIRI. INGAAAAAAAAAAAAAAAT SIAPA SAJA MEREKA JANGAAAAAAAAAAAAAAAAAAN DIPILIH LAGI TAHUN DEPAN. OK BRO JGN MENYERAH UNTUK BERJUANG. SOLDIER IS NEVER DIE

  2. dhewan yang terhormat,

  3. Ah..Gampang. Kasih tahu bahwa dari anggaran yang diajukan itu, sekian persen untuk DPR, nanti pasti disetujui.

  4. lanjutan- Mohon maaf rakyat sumatera utamanya rakyat lampung, sumsel dan sum, wakil kalian di Dhewan belum berkenan memberikan persetujuan pemberian biaya bikin tol. (tanya kenapa ?)

  5. Dari pada buat proyek Jembatan Selat Sunda, mending jalan trans Sumatera dulu dibenahin

  6. Tidak usah repot-repot. Catat nama anggota dhewan itu, dari partai apa, daerah pemilihannya mana, jangan pilih dalam Pemilu Legislatif April 2014 nanti. Bahkan, kalau perlu jangan pilih mereka semua dari daerah mana pun.
    Mereka sebenarnya bukan tidak setuju jalan tol trans Sumatera dibangun, cuma mereka tidak setuju kalau BUMN yang membangunnnya, karena Menteri BUMN Dahlan Iskan sama sekali tidak akan mengucurkan sepeserpun untuk mereka dari anggaran yang puluhan triliiyun itu. Ini persoalan pokoknya.
    Tapi tidak masalah, yang penting rakyat Sumatera bersabar dulu. Kita tunggu dalam Pemilu nanti, jangan pilih mereka, bahkan kalau perlu partainya pun jangan dipilih. Mereka hanya memikirkan kantongnya sendiri. Maklum mereka juga sedang cari duit untuk menyogok rakyat dengan berbaik muka agar dipilih dalam Pemilu Legislatif. Jangan sampai mereka dipilih dalam Pemilu nanti.
    Maklum, biasa menggarong uang rakyat, kalau tidak menggarong, kayaknya gimana gitu…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: