Dahlan Minta Bandara Buka 24 Jam

“Ini untuk mengurangi kepadatan khususnya di Jakarta, sehingga kota-kota lainnya khususnya di luar Pulau Jawa bisa membantu mengurangi sedikit kepadatan di Jakarta,” 

Dahlan Iskan - Bandara Sepinggan 05

JAKARTA – Menteri BUMN Dahlan Iskan meminta PT Angkasa Pura (AP) I dan II selaku BUMN pengelola bandara di Indonesia memberikan layanan operasional bandara 24 jam per hari. “Saya sudah meminta kepada Angka Pura agar bandaranya bisa beroperasi selama 24 jam per hari,” kata Dahlan usai meresmikan pembangunan masjid di Kantor Kementerian BUMN, Jl Merdeka Selatan, Minggu (8/9).

Dahlan mengaku sudah meminta agar bandara yang dikelola AP I dan II bisa beroperasi 24 jam sudah sejak 3 bulan lalu. “Saya sudah minta 3 bulan lalu, tapi ini kan tidak mudah, memang harus dipersiapkan banyak infrastruktur tambahan lagi, jadi tidak mungkin bisa cepat,” ucap Dahlan.

Menurutnya, tujuan operasional bandara buka 24 jam, agar mengurangi kepadatan rute penerbangan khususnya di kota besar. Saat ini bandara-bandara di Indonesia mengalami peningkatan jumlah penerbangan sejalan peningkatan permintaan masyarakat.

“Ini untuk mengurangi kepadatan khususnya di Jakarta, sehingga kota-kota lainnya khususnya di luar Pulau Jawa bisa membantu mengurangi sedikit kepadatan di Jakarta,” papar Dahlan.

Dahlan pernah mengatakan misalnya kapasitas landasan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten sudah tidak mampu lagi melayani tambahan pesawat yang akan mendarat. Akibatnya ada sekitar 170 pesawat dari luar negeri terpaksa ditolak mendarat di Soetta selama tahun ini.

“Kapasitas landasan pesawat Bandara Soetta sudah tidak cukup lagi dan sangat mendesak harus ditambah,” ujar Dahlan. Alasannya karena di Soetta, dalam 1 jam ada sekitar 60 pesawat yang mendarat pada saat periode 3-4 bulan.

Dahlah Iskan juga setuju para BUMN menunda pembelian impor pesawat terbang untuk menekan defisit neraca perdagangan. Ini karena setiap impor satu pesawat terbang sangat menguras devisa hasil ekspor Indonesia. “Saya dukung usulan menunda impor pesawat, usul Wamendag (Bayu Krisnamurthi) untuk Indonesia menunda impor pesawat, termasuk BUMN (Garuda dan Merpati),” papar Dahlan.

Namun ia tidak bisa mencegah apabila dalam kodisi tertentu, impor terjadi dan tak bisa dihindari karena sudah terikat kontrak dengan produsen pesawat terbang. “Tapi kalau sudah diteken ya tidak bisa ditunda, karena harus dibayar, kalau tidak kita bisa diklaim membuat kerugian besar,” jelasnya.

Menurut Dahlan, impor pesawat memang akan menguras devisa negara, bahkan untuk satu pesawat terbang setara dengan hasil devisa ekspor ribuan ton teh. “Satu pesawat impor itu nilainya sama dengan menguras devisa ekspor dari ribuan ton teh,” katanya.

Peresmian tiang pancang itu dilakukan setelah Dahlan kembali dari kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS). Masjid tersebut akan dibangun PT Adhi Karya dengan dana Rp 54 miliar dan berlokasi di lapangan parkir sepeda motor di Kementerian BUMN. Bangunan tersebut akan berdiri di lahan seluas 2.400 meter persegi dan luas masjid akan mencapai 1.530 meter persegi. “Akan terasa seperti di Turki, kalau lihat desainnya,” jelas Dahlan.

Masjid tersebut merupakan proyek yang sudah direncanakan sejak 5 tahun lalu bahkan sudah dilalui oleh 2 Menteri BUMN sebelumnya, mulai dari Sofjan Djalil, Mustafa Abubakar. Dalam peresmian tersebut Dahlan juga memboyong para direksi BUMN dan meminta ikut memberikan sumbangan untuk pembangunan masjid.

“Saya kira yang utama kita rame-rame kita kumpul dengan direksi sekalian agar terkumpul uang, jadi segeralah menyisihkan sebagian rijekinya agar di kita nantinya punya istana di surga,” katanya.
Saat ini dana yang terkumpul untuk pembangunan masjid kata Dahlan baru Rp 10 miliar dari yang dibutuhkan sebesar Rp 54 miliar. “Dana yang terkumpul sekarang baru Rp 10 miliar,” paparnya.

Pembangunan masjid di BUMN tersebut ditergetkan selesai dalam 9 bulan kedepan. Dan Dahlan tidak kecewa jika nantinya belum merasakan masjid tersebut saat menjadi Menteri BUMN. “9 bulan selesai, ya kalau nggak bisa merasakan masjid tersebut saat jadi Menteri BUMN ya nggak papa,” ungkapnya.

Usai meresmikan pembangunan masjid di BUMN tersebut, Dahlan lalu mengajak seluruh direksi yang hadiri pada saat peresmian di hari libur untuk rapat di Kantornya. “Ayo Bapak-Ibu, kita segera rapat di lantai 19,” tandasnya. (sar)

http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=189985

 

***

Dahlan Minta Bandara Perpanjang Jam Operasional

 

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri BUMN Dahlan Iskan meminta bandara-bandara di luar Jakarta untuk memperpanjang jam kerja operasional. Hal ini kata dia dilakukan guna mengurangi kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta.

“Nggak harus misalnya sampai pukul 24.00, tapi minimal membuka (bandara) lebih malam,” katanya ketika ditemui di kantor Kementerian BUMN, Ahad 8 September 2013.

Ia mengatakan sebenarnya ide ini telah ia bahas dengan otoritas bandara sejak tiga bulan lalu. “Tapi kan nggak bisa langsung jalan, harus dipersiapkan dahulu infrastrukturnya, misalnya aja seperti lampu peneraangannya,” katanya. Namun ia berjanji akan terus mengawal wacana tersebut. “Ini saya akan konsultasikan terus.”

Seperti diketahui tidak semua bandara di Indonesia buka selama 24 jam. Akibatnya terjadi kepadatan pada waktu-waktu tertentu di Bandara Soekarno Hatta. Lion Air misalnya, mengeluhkan penuhnya slot penerbangan di Soekarno-Hatta. “Kalau semua bandara buka sampai jam 12 malam, kami juga bisa buka penerbangan sampai semalam itu,” katanya.

Sejuh ini dari informasi yang dihimpun Tempo, dari 13 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II, baru tiga bandara yang sudah beroperasi 24 jam. “Yang resmi beroperasi 24 jam itu Bandara Soekarno-Hatta (Cengkareng), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), dan Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta),” kata Kepala Humas Angkasa Pura II, Kristanto.

tempo.co/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: