Dahlan Kunjungi Diler Mobil Listrik Tesla Buatan Pengusaha Nyentrik di AS

“Ternyata mobil Tesla yang saya lihat ini menggunakan gearbox,” 

https://i1.wp.com/images.detik.com/content/2013/09/04/1036/telsamodel.jpg
Jakarta – Pada kunjungannya ke Amerika Serikat (AS), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan sempat mendatangi diler mobil listrik Tesla di Seattle, AS.

“Malam ini (waktu AS) saya mengunjungi diler mobil listrik Tesla di Seattle, sebuah kota yang menjadi pusat industri pesawat Boeing, Microsoft, dan tempat lahirnya Starbucks,” kata Dahlan dalam keterangannya kepada detikFinance, Rabu (4/9/2013).

Tesla adalah mobil listrik paling laris di AS dengan penjualan yang direncanakan mencapai 25.000 tahun ini. Salah satu produk Tesla yang dipajang di tempat itu, kata Dahlan, adalah sedan empat pintu dengan empat penumpang berwarna merah.

“Yang menarik perhatian saya adalah apakah benar semua mobil listrik di AS tidak menggunakan gearbox, seperti mobil listrik generasi pertama yang saya tabrakkan ke tebing di daerah Sarangan, Magetan itu,” jelasnya.

“Ternyata mobil Tesla yang saya lihat ini menggunakan gearbox,” kata Dahlan.

Belum puas dengan gambar yang terpampang di diler tersebut, Dahlan pun bertanya kepada teknisi Tesla yang ada di diler itu. Jawabnya tegas, mobil ini menggunakan gearbox. Tujuannya untuk pengendalian mobil saat menghadapi jalan yang curam.

Berarti, Dahlan menambahkan, tidak salah kalau mobil listrik generasi kedua yang dibidani Pendawa Putra Petir juga menggunakan gearbox. Dahlan mengatakan sekitar dua minggu lagi mobil-mobil listrik nasional generasi kedua sudah akan bisa dilihat di Jakarta. Baterai lithium mobil listrik nasional generasi kedua ini sudah bikinan Indonesia.

Begitu larisnya mobil listrik Tesla ini sampai-sampai untuk membelinya harus inden enam bulan. Maka kapasitas produksinya dinaikkan.

“Sekarang antrenya hanya dua minggu,” ujar petugas diler tersebut seperti ditirukan Dahlan.

Menurut Dahlan, Tesla bisa menempuh jarak 200km/sekali charger. Interiornya juga cantik dan display screen-nya sebesar layar laptop 15 inci.

Harga jualnya US$ 70.000 dan sama sekali tidak terkena pajak. Bahkan 10% dari harga itu bisa untuk faktor pengurangan pajak.

Guncangan ekonomi yang terjadi di Indonesia sekarang ini membuat mobil listrik semakin relevan. Apalagi impor BBM masih sangat besar. Besarnya impor BBM ini telah menyebabkan terjadinya defisit neraca perdagangan yang besar yang kemudian menjadi faktor utama terjadinya krisis.

Tesla adalah mobil listrik bikinan pengusaha nyentrik Elon Musk. Selain sudah menghasilkan Tesla, Musk juga sedang merancang sistem trasportasi masa depan berbentuk kapsul. Transportasi kapsul ini diperkirakan bisa bergerak lebih cepat dibandingkan kereta peluru.

detik.com

Iklan

5 Komentar to “Dahlan Kunjungi Diler Mobil Listrik Tesla Buatan Pengusaha Nyentrik di AS”

  1. Pelajaran yang didapat Menteri BUMN Dahlan Iskan tentang mobil listrik di Amerika Serikat. Ini akan menjadikannya lebih yakin, bahwa mobil listrik adalah mobil masa depan yang sangat prospektif bagi Indonesia agar bisa mengurangi ketergantungan transportasi dari BBM yang dari hari ke hari semakin mencekik rakyat Indonesia. Yang lebih penting lagi, mobil listrik ramah lingkungan, tidak ada gas buang dari mobil yang akan segera diluncurkan itu.

  2. Indonesia memang sudah harus beralih ke sumber energi lain, terutama yang terkait dengan sektor transportasi. Bagaimanapun kodisi geografis Indonesia sangat memerlukan system transportasi yang tidak terlalu membebani anggaran pembangunan yang lain. Dengan jumlah penduduk yang sedemikian besar,transportasi adalah salah satu hal yang paling besar menyedot anggaran utamanya dari kebutuhan BBM. Indonesia beriklim tropis dan selalu mendapat sinar matahari sepanjang tahun. Listrik sudah pasti mutlak keperluannya,dan di bidang inilah salah satu keunggulan Indonesia ( dari sumberdaya alamnya ). Indonesia bisa…..dan pasti gak akan kalah dengan negara maju lainnya. Asal petinggi petinggi kita berjiwa INDONESIA RAYA……kita bisa jauh lebih Maju dan Sejahtera…… 🙂

  3. Yang dimaksud dengan single drive gearbox di Tesla itu adalah Planetary Gear yang gunanya mentransfer tenaga motor listrik ke roda kanan dan kiri, ….dan itu mesti ada, sedang yang dimaksud Pak Dahlan dengan mobil listriknya si Dasep dengan gearboxnya karena si Dasep menggunakan sistem transmisi ICE yang tinggal mengganti enginenya dengan motor listrik dan tetap mengggunakan gearbox manualnya untuk mempermudah penyelesaian. Intinya Tesla tidak menggunakan multidrive gearbox karena semua dikontrol lewat electronic drive

  4. Kalau tetap menggunakan manual gearbox konvensional akan merugikan daya yang dihasilkan akibat friksi yang bertambah dari gearbox, untuk mengatasi jalan diturunan lebih baik jadikan motor listrik sekaligus sebagai generator sehingga ada pengereman sekaligus pengisi baterai dan diatur pengaturannya dari ECU

  5. Gearbox fungsinya adlh mereduksi putaran kalau di mobil bs jadi hrs mampu menahan berat mobil x kecepatan x curamnya saat laju mobil turun.Kalau designednya bs dg cermat maka akan menambah keamanan pengguna mobil listrik.Penting berikutnya utk pengisian / charger listriknya bs di pasangkan disetiap pompa pengisian bahan bakar bl perlu bs disetiap kelurahan ada kios2 pengisian listrik dg tarip premium alias sama dg tarip nasional….jadi sy juga mau beli mobil listrik yg murah2 saja dan selamat bagi inisiator pembuatan mobil listrik ….enak nggak bising dan nggak ada polusi udara….dan asyiiiik brow!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: