Dahlan Iskan Kunjungi Anak Usaha PT DI di Amerika

“Saya di sana bertemu dengan Direktur Utama Ina Inc Gautama Indra Djaja, mendiskusikan apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan usaha di Amerika Serikat,” 

Dahlan Iskan - PT. DI

TEMPO.CO, Jakarta -Menteri BUMN Dahlan Iskan sengaja menyempatkan diri mengunjungi salah satu anak usaha PT Dirgantara Indonesia (Persero) di Seattle di Amerika, IPTN North America, Inc. (INA, Inc.). INA bergerak di bidang usaha pemasok suku cadang  pesawat terbang.

Tidak hanya untuk PTDI tapi juga negara-negara lain, bahkan lebih besar (pasokannya) ke negara-negar lain, kata Dahlan dalam rilis yang diterima Tempo, Rabu 4 September 2013.

Ia mengatakan kedatangannya untuk mendiskusikan hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan usaha di negeri Abang Sam tersebut. Ada tujuh program yang dirumuskan dalam rapat kemarin, termasuk apa yang bisa dilakukan untuk bekerja sam dengan industri pesawat terbang di AS, kata dia.

Secar garis besar, ia menggambarkan kondisi INA yang sudah mandiri secara korporasi. Menurut Direktur Utamanya, Gautama Indra Djaja sudah tiga tahun ini INA bisa mandiri dan tidak dapt subsidi dari induknya di Bandung,” kata dia.

Setelah mengunjungi bangunan dua lantai milik INA, Dahlan kemudian memenuhi undangan masyarakat Indonesia yang ada Seattle. Dalam acara itu ia mengatakan banyak didiskusikan masalah diaspora dan ekonomi Indonesia. “Hadir di acara tersebut tenaga-tenaga ahli yang bekerja di Seattle antara lain di Pabrik pesawat Boeing dan di Microsoft,” katanya.

Seperti diketahui Dahlan sangat menaruh minatnya pada perkembangan PT DI. Dalam berbagai kesempatan ia selalu berusaha mejadi PT DI baik dalam negeri maupun luar negeri. Pada November tahun lalu bahkan ia mengunjungi kediaman pendiri PT DI, B.J. Habibie untuk belajar resep menghidupkan kembali PT DI.

ANANDA PUTRI

http://www.tempo.co/read/news/2013/09/04/092510144/Dahlan-Iskan-Kunjungi-Anak-Usaha-PT-DI-di-Amerika

***

Dahlan: Anak Usaha PTDI Berkibar di AS

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan kemarin mengunjungi Ina Inc, anak usaha PT Dirgantara Indonesia (PTDI) di Seattle, Amerika Serikat. Kunjungan tersebut dalam rangka melihat prospek perusahaan tersebut di masa mendatang.

Ina Inc merupakan kepanjangan dari IPTN North America. Perusahaan ini 100 persen sahamnya dimiliki oleh PTDI. Perusahaan ini berkantor di bangunan dua lantai miliknya sendiri yang sepadan dengan kantor-kantor lain di sekitarnya.

“Saya di sana bertemu dengan Direktur Utama Ina Inc Gautama Indra Djaja, mendiskusikan apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan usaha di Amerika Serikat,” kata Dahlan dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (4/9/2013).

Berdasarkan diskusi dengan jajaran direksi, Ina Inc sudah mampu mandiri dan tidak mendapat subsidi dari induknya (PTDI) di Bandung, Jawa Barat. Usaha yang dilakukan Ina Inc adalah menjadi pemasok suku cadang (spare part) pesawat terbang, tidak hanya untuk PTDI tapi juga untuk negara lain.

Dari sisi omzet, Ina Inc ini sudah memperoleh hasil yang signifikan. Bahkan omzet dari PTDI ini hanya sekitar 10 persen dari omzet Ina Inc sendiri. “Saya juga mendiskusikan usaha berikutnya yang akan dilakukan Ina Inc di masa yang akan datang. Ada tujuh program yang diputuskan dalam rapat kemarin, termasuk apa yang bisa dilakukan untuk melakukan kerjasama dengan industri pesawat terbang di AS,” tambahnya.

Selain menemui Ina Inc, Dahlan yang selama sepekan berada di AS juga mengunjungi para diaspora (orang Indonesia yang bekerja atau menetap di AS).Dalam pertemuan itu juga dihadiri oleh tenaga-tenaga ahli yang bekerja di Seattle baik di pabrik pesawat terbang Boeing dan di Microsoft.

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/09/04/1035087/Dahlan.Anak.Usaha.PTDI.Berkibar.di.AS

***

Dahlan Iskan Kunjungi Kantor PTDI di Amerika

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyempatkan kunjungan kerjanya di Amerika Serikat dengan menyambangi kantor perwakilan PTDIrgantara Indonesia (PTDI).

“Saya mengunjungi kantor sebuah perusahaan Amerika yang sahamnya 100 pct milik PTDI di Seattle, INA Inc (Iptn North America). Perusahaan ini berkantor di bangunan dua lantai miliknya sendiri yang sepadan dengan kantor-kantor lain di sekitarnya,” ujar Dahlan yang dihubungi via SMS, Rabu (4/9).

Di sana, Dahlan disambut oleh Dirut Ina inc, Gautama Indra Djaja dan mendiskusikan hal-hal yang menarik terkait perkembangan perseroan.

“Saya mendiskusikan apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan usaha di As,” terangnya.

Menurut Indra, sudah tiga tahun ini Ina Inc bisa mandiri dan tidak mendapat subsidi dari induknya di Bandung. “Usaha yang dilakukan adalah menjadi pemasok spare part pesawat terbang tidak hanya untuk PTDI, tapi juga untuk negara-negara lain,” kisah pria berusia 62 tahun ini.

Bahkan, masih menurut Indra omset dari PTDI hanya 10 pct dari omset secara keseluruhan. Sehingga pembicaraan ini semakin menarik. Maka dibuatlah beberapa program yang akan dilakukan.

“Saya juga mendiskusikan usaha berikutnya yang akan dilakukan Ina Inc di masa yang akan datang. Ada tujuh program yang diputuskan dalam rapat kemarin, termasuk apa yang bisa dilakukan untuk melakukan kerjasama dengan industri pesawat terbang di AS,” papar mantan Dirut PLN ini.

Dari sana, Dahlan lalu memenuhi undangan masyarakat Indonesia yang ada di Seattle. Dalam acara itu, dia mengatakan banyak didiskusikan masalah diaspora dan ekonomi Indonesia. “Hadir di acara tersebut tenaga-tenaga ahli yang bekerja di Seattle antara lain di pabrik pesawat Boeing dan di Microsoft,” tutupnya.(chi/jpnn)

www.jpnn.com

***

Ternyata PTDI Punya Anak Perusahaan di AS

iBerita.com – Barangkali nama PT Dirgantara (dahulunya IPTN) saat ini sudah tidak booming seperti dahulu lagi. Perusahaan BUMN yang pernah digadang-gadang menjadi industri unggulan Indonesia yang mampu membuat pesawa terbang sendiri itu seolah-olah hilang kabarnya.

Namun, hal menggembirakan datang dari kunjungan yang dilakukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan saat ke Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam itu, Dahlan mengunjungi Ina Inc, anak perusahaan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) di yang berlokasi di Seattle, Amerika Serikat. Kunjungan itu ia lakukan untuk melihat perkembangan BUMN Indonesia guna melihat prospeknya di masa depan. Selain itu ia juga melakukan pertemuan dengan diaspora Indonesia yang berada di negara adidaya itu.

Ina Inc adalah sebuah perusahaan yang merupakan kepanjangan dari IPTN North America. Sebagai anak perusahaan PTDI, sahamnya dikuasai 100 persen oleh induknya. Perusahaan ini memiliki kantornya sendiri dan aktif melakukan kegiatan produksi suku cadang pesawat terbang, baik untuk dikirim ke pusat PT maupun untuk memenuhi pesanan di negara lain.

Dalam diskusi yang dilakukan Dahlan bersama jajaran direksi Ina Inc, ternyata perusahaan itu sudah mampu mandiri dan tidak lagi mendapatkan subsidi dari PTDI. Bahkan omzet perusahaan itu terus mengalami pertumbuhan yang signifikan melebihi induk perusahaannya. Pendapatan Ina Inc mencapai 10 kali lipat pendapatan PTDI sendiri.

Pembicaraan lainnya yang dilakukan Dahlan adalah mengenai program unggulan BUMN tersebut. Diantaranya adalah prospek kerja sama di masa depan dengan industri pesawat terbang di AS. Selain melakukan koordinasi dengan jajaran direksi Ina Inc, Dahlan juga menggelar pertemuan dengan para diaspora Indonesia, termasuk mereka yang menjadi tenaga ahli di Boeing dan Microsoft.

http://www.iberita.com/12479/ternyata-ptdi-punya-anak-perusahaan-di-as

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: