Dahlan Pangkas 40 Jabatan di Kementerian BUMN

“Perampingan struktur jabatan ini bagian dari reformasi dan birokrasi yang merupakan program pemerintah dan mulai 1 September 2013 program ini segera kita jalankan,” 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri BUMN Dahlan Iskan melakukan pembenahan di Kementerian BUMN dengan menghilangkan sekitar 40 struktur jabatan agar lebih efisien, tidak gemuk dan fokus.

“Perampingan struktur jabatan ini bagian dari reformasi dan birokrasi yang merupakan program pemerintah dan mulai 1 September 2013 program ini segera kita jalankan,” kata Dahlan, usai menggelar Rapat Pimpinan Kementerian BUMN, di Jakarta, Kamis (29/8).

Menurut Dahlan, pengurangan struktur dilakukan di semua lini dari eselon I hingga IV. Pada eselon I, Dahlan melikuidasi Deputi Kementerian Bidang Infrastruktur dan Logistik yang selama ini dirangkap oleh Sekretaris Kementeian BUMN, Imam A Putro. Kedeputian Infrastruktur dan Logistik dihilangkan sama sekali, sehingga BUMN Deputi BUMN menyisakan 4 pejabat.

Saat ini BUMN yang berada di bawah Deputi Infrastruktur dan Logsitik antara lain, BUMN-BUMN Konstruksi, BUMN Transportasi PT Angkasa I dan II, PT Pelindo I-IV, PT Garuda Indonesia, PT Merpati Nusantara Airlines, PT Kereta Api Indonesia, Perum Damri, PPD, PT Perusahaan Listrik Negara, dan PT Pos Indonesia. Dengan perampingan ini masing-masing BUMN tersebut dialihkan ke Kedeputian lain, seperti BUMN Konstruksi, BUMN Transportasi dan BUMN Logistik disalurkan ke Deputi Jasa yang dipimpin Gatot Trihargo.

“PT PLN dialihkan ke Deputi Industri Strategis yang dipimpin Dwijanti Tjahjaningsih agar lebih memudahkan koordinasi dengan BUMN strategis lainnya seperti PT Pertamina,” ujar Dahlan.

Sedangkan BUMN yang sedang dalam program restrukturisasi seperti Merpati, PPD dialihkan ke Deputi Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis dibawah Wahyu Hidayat. Adapun Pelindo I-IV dan Angkasa Pura I-II dimasukkan ke Kedeputian Industri Primer di bawah kepemimpinan M Zhamkani.

Dahlan menuturkan, surat usulan pemangkasan jabatan di Kementerian BUMN sudah disampaikan sejak bulan Juli 2013 kepada Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi. “Kita tinggal menunggu arahan dari Kemen PAN. Sambil menunggu kita sudah melakukan reformasi birokrasi,” tegas Dahlan.

Mantan Direktur Utama PT PLN ini memastikan, program debirokratisasi ini tidak ada yang kehilangan pangkat dan kehilangan jabatan karena disalurkan ke Kedeputian lainnya. “Program perampingna ini sudah kita pelajari lebih dalam dan disesuaikan dengan cetak biru Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi. Kami pastikan akan seirama,” kata Dahlan.
Redaktur : Hazliansyah

republika.co.id

***

Dahlan Rombak Struktur Kementerian BUMN

 

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan menyatakan akan melakukan reformasi birokrasi dengan penyederhanaan struktur di Kementerian BUMN. Hal itu akan mulai berjalan pada 1 September mendatang. “Untuk reformasi birokrasi, lebih langsing dan lebih fokus,” katanya saat ditemui usai rapat pimpinan Kementerian BUMN di kantor Surveyor Indonesia, Kamis, 29 Agustus 2013.

Dahlan akan menghilangkan satu kedeputian yaitu Deputi Infrastruktur dan Logistik. Kemudian eselon II dikurangi lima, eselon III dan IV juga akan dipangkas. Dengan demikian, jumlah jabatan yang hilang akan sejumlah 40 jabatan.

Menurut Dahlan, pejabat yang terkena perombakan akan dipindahkan ke tempat yang lebih dibutuhkan. Penurunan pangkat jabatan ataupun pemecatan juga dipastikan tidak akan dilakukan. “Tidak ada turun pangkat dan tidak ada yang dipecat,” katanya.

Untuk melakukan hal ini, ia mengaku telah mengirimkan surat resmi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Dia juga telah mempelajari rencana ini dan menyesuaikan dengan rencana reformasi birokrasi Kementerian PAN-RB.

tempo.co

Iklan

One Comment to “Dahlan Pangkas 40 Jabatan di Kementerian BUMN”

  1. Ramping struktur, Kaya Fungsi. Mendukung Abah Dahlan Iskan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: