Dahlan Iskan Siapkan Proyek Besar di Papua

“Sehingga nanti Pelabuhan Sorong akan sama besar dengan pelabuhan Makassar,” 


JAKARTA,FAJAR – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memaparkan berbagai rencana pembangunan di Papua yang akan dilakukannya bersama perseroan.

Salah satunya adalah proyek besar yang akan dibangun BUMN di Papua, yakni pelabuhan Sorong yang nantinya akan diperluas. “Sehingga nanti Pelabuhan Sorong akan sama besar dengan pelabuhan Makassar,” papar Dahlan dihadapan ratusan pelajar dan mahasiswa asal Papua saat berdialog di Aula Museum Listrik, TMII, Jakarta, Jumat malam (30/8).

Menurut Dahlan, dengan adanya pelabuhan besar di Sorong maka komoditas ekspor dari wilayah Papua dan sekitarnya tidak perlu lagi melalui Pelabuhan Makassar. Begitupun komoditas asal Maluku dan NTT.

“Selain akan memperpendek waktu, juga akan mengurangi biaya. Bisa berkurang 50 persen lah,” akunya.

Agar cepat terwujud rencana itu, semua proses pembiayaan akan dikerjakan oleh perusahaan pelat merah ini. Setidaknya proses pembangunan akan dimulai akhir tahun ini. “Yang pasti semua akan dibiayai BUMN sendiri, tidak pakai dana APBN, agar lebih cepat pengerjaannya seperti tol Bali di atas laut,” tandasnya

Selama dialog berlangsung Dahlan juga tampak cepat berbaur dengan ratusan pelajar dan mahasiswa asal Papua ini. Bekas Dirut PLN ini juga sempat berujar kalau dia suka makan talas dari Wamena. Bahkan di rumahnya Dahlan mengaku punya banyak stok talas.

“Saya tadi pagi sarapan talas Papua, rasanya enak. Saya selalu punya stok talas Papua. Tiap bulan saya dikirimi 20 kg talas dari Wamena,” pungkas Dahlan sembari diiringi riuh tepuk tangan. (chi/jpnn)

http://www.fajar.co.id/dahlaniskan/2913795_6441.html

 

***

Sorong akan Punya Pelabuhan Besar, Kalahkan Tanjung Perak Surabaya

Jakarta – Sorong, Papua bakal memiliki pelabuhan laut skala besar yang bisa menampung kapal-kapal berkapasitas 3000 kontainer karena memiliki kedalaman laut. Jika ini terealisasi, maka Pelabuhan Sorong akan mengalahkan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya Jawa Timur.

“Proyek BUMN yang besar lagi ada pelabuhan di Sorong, pelabuhan kontainer namanya. Itu belum ada sebelumnya, itu dibangun sama besar dengan pelabuhan di Makassar,” ungkap Menteri BUMN Dahlan Iskan di Wamena Papua, Rabu (1/8/2012).

Dahlan menjelaskan, megaproyek pembangunan pelabuhan Sorong tersebut nantinya akan mampu menampung kapal berukuran besar.

“Itu tidak maen-maen, bisa dimasuki kapal yang bisa membawa 3000 kontainer. Pelabuhan di Surabaya (Tanjung Perak) sekarang ini yang besar itu, baru bisa dimasuki kapal 1300,” tambahnya.

Pembangun pelabuhan yang ditargetkan selesai pada awal tahun 2014 ini menurut Dahlan bisa memangkas biaya logistik yang tinggi untuk pengiriman barang ke Papua.

“Sakarang kirim barang dari Jakarta ke Sorong, satu satu kontainer itu bayarnya Rp 12 juta. Nanti kalau pelabuhan kontainer itu sudah jadi, satu kontainer ongkos kirimnya tinggal Rp 6 juta,” katanya.

Pelabuhan yang nantinya akan dikelola oleh PT Pelindo II dan PT Pelindo IV juga akan melibatkan pihak swasta. Menurut Dahlan akan menjadi infrastruktur penting pendukung perekonomian Papua.

“Jadi kalau ada ekspor dari Papua tidak lagi lewat Surabaya bisa Sorong langsung ke Hongkong atau ke Shanghai,” tutup Dahlan.

 

(feb/hen)

detik.com/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: