2 Menteri Absen, Rapat Soal “Outsourcing” Batal Digelar

“Bintang filmya yang kita undang, aktornya tidak datang. Kemana menterinya? Mungkin menterinya kampanye. Ini doa rakyat lho,”
1225529-aci-buruh-tenaga-alih-daya-yang-bekerja-di-pt-petrokimia-gresik-780x390

JAKARTA, KOMPAS.com – Rapat kerja Komisi IX DPR batal dilaksanakan karena 2 menteri tidak hadir. Adalah Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar yang absen dalam rapat kerja Komisi IX DPR dengan dua kementerian dan beberapa BUMN tentang outsourcing buruh.

Ribka Tjiptaning selaku pimpinan rapat mempertanyakan absennya kedua menteri tersebut. Ia menyayangkan peristiwa itu karena seharusnya mereka menjadi penentu nasib 115 kasus outsourcing dan 280 buruh yang terancam PHK tanpa pesangon.

“Bintang filmya yang kita undang, aktornya tidak datang. Kemana menterinya? Mungkin menterinya kampanye. Ini doa rakyat lho,” katanya di Ruang Rapat Komisi IX DPR, Senin (26/8/2013).

Ribka juga menyayangkan tidak adanya perwakilan Kementerian BUMN. Adapun Menakertrans diwakili oleh Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Irianto Simbolon.

Anggota Komisi IX Fraksi PPP Okky Asokawati mengaku ingin bertemu kedua menteri itu. “Kita ingin mengklarifikasi dan menyelesaikan masalah ini, tentu harus dengan menterinya bukan dengan para direksi,” katanya.

Menteri BUMN Dahlan Iskan diketahui sejak Jumat hingga Minggu mengadakan kunjungan kerja ke sejumlah kota, seperti memberikan kuliah umum di Purwokerto, panen sorgum di Atambua, bertemu Bupati Rote, meninjau tol atas laut di Denpasar.

Selain itu, Dahlan juga meninjau terminal dua Bandara Juanda di Surabaya sekaligus menjajal pesawat CN-295 TNI AU.

kompas.com

 

***

DPR Akan Jemput Paksa Dahlan Iskan Bahas Outsourcing BUMN

JAKARTA – Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning mengaku geram terkait tindakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan yang kembali tidak memenuhi panggilan DPR untuk melaksanakan Rapat Gabungan (Ragab) bersama Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans).

Dapat kita ketahui, saat ini komisi IX DPR tengah melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP). Di mana agenda yang dirapatkan kali ini khusus membahas Penerapan praktek outsourcing pada perusahaan-perusahaan di lingkungan BUMN. Sebab, banyak penerapan praktek outsourcing dibeberapa perusahaan yang dapat dibilang merugikan masa depan para pegawainya.

Ribka menyebutkan, dengan tidak menghadirinya Ragub ini, Komisi IX akan melakukan tindakan panggil paksa seperti pada tindakan yang pernah dilakukan Komisi IX pada beberapa waktu yang lalu.

“Kita akan layangkan surat panggil paksa lagi, seharusnya kesadaran saja, masa begitu terus, inikan untuk rakyat, kami dipilih oleh rakyat dan bertanggung jawab kepada rakyat. Dia di pilih SBY, kalau masih enggak datang kita akan seret, ” ujar Ribka di ruang Komisi IX DPR, Senayan, Jakarta, Senin (26/8/2013).

Ribka menuturkan, Mantan Dirut PLN ini memang telah memberi tahu pihak Komisi IX untuk tidak bisa hadir dalam Ragub yang dilaksanakan pada saat ini. Namun, surat permohonan izin yang dikirimkan Dahlan baru masuk setelah rapat dimulai dengan alasan menjalankan tugas negara di daerah Jawa Timur.

“Dia cuma bilang alasannya ke Jawa Timur, tugas negara, Kemenakertrans saja ngirim, BUMN ini enggak ngirim siapa-siapa,” katanya.

Oleh karena itu, Ribka sangat menyayangkan tindakan yang diambil oleh Menteri BUMN tersebut, yang memutuskan tidak hadir dalam rapat mengenai outsourcing kali ini.

“Pada rapat yang dulu, kesimpulannya dibentuknya panja outsourcing ada. Dulu kita sampai menjemput dia pakai ojek nyamperin ke rumahnya. Akhirnya beliau datang,” tutupnya. (wan) (wdi)

okezone.com

***

Dahlan Absen Rapat, Nasib 280 Ribu Outsourcing BUMN Tak Jelas

Liputan6.com, Jakarta : Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan kembali tak menghadiri undangan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IX DPR yang membahas praktik alih daya (outsourcing) di perusahaan milik pemerintah.

Ketidakhadiran menteri yang mendaftar dalam konvensi calon presiden tersebut membuat Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjibtaning memutuskan menunda rapat tersebut.

“Masalah ini sangatlah krusial, yang menanggapi 280 ribu pekerja outsourcing, khususnya PT PLN (Persero) yang paling banyak menggunakan tenaga outsourching hingga 37 ribu orang,” kata Ribka ketika ditemui di Komisi IX Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (26/8/2013).

Komizi XI DPR menyayangkan langkah BUMN yang seharusnya bisa menjadi contoh dalam penerapan outsourcing kepada perusahaan lainnya.

“Kami akan layangkan surat lagi kepada pak Dahlan. Kami akan panggil paksa lagi. Masa harus diancam baru datang, kesadaran saja lah,” kata Ribka yang mengapresiasi Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) yang masih menghargai undangan DPR dengan mengutus Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial (PHI) Kemenakertrans.

Cepat Selesai

Ribka menyatakan, DPR sebetulnya berharap permasalahan tenaga kerja outsourcing bisa memperoleh jalan keluar terbaik yang tidak berdampak buruk bagi tenaga kerja di Indonesia.

“Permasalahan ini sangat berdampak pada orang banyak, maka dari itu saya inginkan pak Dahlan datang ke Komisi IX DPR, agar bisa membicarakan masalah outsourching tersebut,” kata Ribka. (Dis/Shd)

liputan6.com

Iklan

3 Komentar to “2 Menteri Absen, Rapat Soal “Outsourcing” Batal Digelar”

  1. Ribut thok ae iki, kerja, kerja, kerja….

  2. DPR ini buat keramain lagi tp telat, ini sudah berapa bulan sejak Panja dibuat? Hasil Panja apa, kok undang menteri lagi?

  3. biasa setorane kurang…. yang bikin UU tenaga kerja outsourcing kan dia ….. kok orang lain suruh tanggung jawab? apa kurang kerjaan tuh orang? trus hasilnya panja kemaren apa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: