Hari Ini, Dahlan Iskan ke Atambua Tanam Sorgum

“Mengapa sorgum? Karena tanah di Atambua gersang, jadi tidak produktif untuk padi dan kurang produktif untuk jagung,” 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan merealisasikan inovasinya untuk warga Nusa Tenggara Timur (NTT), khususnya Atambua. Program penanaman sorgum yang telah lama dicanangkan itu, Sabtu (24/8) ini dimulai dengan menanam sorgum seluas 200 hektare di Atambua, Nusa Tenggara Timur. Program ini dimaksudkan untuk mengatasi kemiskinan.

“Mengapa sorgum? Karena tanah di Atambua gersang, jadi tidak produktif untuk padi dan kurang produktif untuk jagung,” ucapnya kepada mahasiswa saat memberikan bocoran mengenai kunjungannya Sabtu (24/8) ini saat Kuliah Umum di Kampus Unsoed Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat (23/8).

Pertimbangan lainnya, kata mantan Dirut PLN ini yaitu di masa lalu masyarakat Atambua menanam sorgum. Dan kenapa 200 hektare, karena dari perhitungannya dari 200 hektare tersebut bisa menghidupi sekitar 100 rumah tangga. “Jadi dari sorgum itu buahnya untuk nasi atau tepung, dan dari batangnya apabila diperas menghasilkan etanol,” paparnya.

Perlu diketahui, sorgum merupakan tanaman serealia (biji-bijian) yang memilki manfaat multi guna. Selain bijinya digunakan sebagai bahan pangan, batang dan daunnya untuk pakan ternak, maka gula yang terkandung dalam biji (karbohidrat) atau cairan/jus/nira batang (sorgum manis) dapat diproses menjadi etanol (bioetanol). Selain menanam sorgum, Dahlan juga telah menyiapkan SDM untuk mengembangkan etanol. Sejumlah siswa SMK dari Atambua, ia kirim ke Jakarta untuk belajar soal pengolahan etanol ini. (sar/medcen/ndy)

sumeks.co.id

 

***

Dahlan Pastikan Bogasari Bakal Serap Sorgum dari Atambua

Liputan6.com, Atambua : Saat ini Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan sedang melakukan uji coba pembudidayaan penanaman Sorgum di Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Empat bulan lalu, Dahlan juga telah mendatangi Atambua untuk menanam Sorgum, dan kali ini kembali mengunjungi untuk melakukan panen raya di lahan yang seluas 200 hektare.

Demi meyakinkan para warga Atambua untuk turut menanam sorgum, Dahlan telah membawa salah satu perwakilan dari Bogasari yang nantinya telah menyatakan komitmennya untuk membeli hasil panen sorgum untuk dijadikan bahan baku pembuat mie.

“Ini yang sanggup beli dari Bogasari. Ini pabrik tepung dan pabrik mie terbesar di Indonesia. Mereka perlu tepung sebanyak-banyaknya,” kata Dahlan di Atambua, NTT, Sabtu (24/8/2013)

Untuk lebih meyakinkan lagi, Dahlan memastikan berapapun tanaman sorgum yang akan ditanam sudah pasti akan ada pembelinya. Hal itu dikarenakan tidak hanya Bogasari saja yang akan menjadi pembeli utama melainkan ada dua perusahaan lainnya.

“Satu lagi itu ada namanya Fortuna, satu lagi saya lupa. Semuanya tiga,” jelasnya.

Mengingat Kabupaten Atambua merupakan salah satu daerah yang memiliki tingkat kemiskinan yang cukup tinggi, dengan adanya budidaya sorgum ini harapannya mampu meningkatkan ekonomi masyarakat Atambua.

“Harganya kalau bisa dibawah tepung terigu, masyarakat menengah ke bawah mengkonsumsi lebih banyak ini,” tambah Dahlan. (Yas/Ndw)

http://m.liputan6.com/bisnis/read/673901/dahlan-pastikan-bogasari-bakal-serap-sorgum-dari-atambua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: