Bogasari Akan Beli Sorgum Petani Atambua

“Bogasari siap, mau kita tanam sorgum setinggi gunung juga mereka siap membeli,” 
174751_652862_sorgum_dahlan_iskan

ATAMBUA – Rona bahagia tak dapat disembunyikan dari wajah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. Pasalnya saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang menyatakan kesiapannya untuk membeli sorgum hasil masyarakat di Atambua.

“Masyarakat di Atambua memang tidak asing dengan tanaman sorgum, tapi mereka mempunyai ketakutan tersendiri kalau menanam sorgum ratusan atau ribuan hektar. Apa ada yang berminat membeli sorgum?,” ungkap Dahlan di sela-sela acara panen sorgum, Atambua, Nusa Tengara Timur, Sabtu (24/8).

Namun kekhawatiran masyarakat Atambua kini bisa terjawab, karena produsen tepung terbesar di Indonesia yakni Bogasari siap membeli tepung dari tanaman sorgum.

“Bogasari siap, mau kita tanam sorgum setinggi gunung juga mereka siap membeli,” tutur mantan Dirut PLN ini diiringi riuhan tepuk tangan warga Atambua.

Selain Bogasari, kata Dahlan, masih ada dua produsen lain yang siap membeli tepung sorgum milik warga Atambua. Namun pria yang dianugerahi gelar Doctor Honoris Causa dari IAIN Walisongo ini enggan menyebut siapa nama produsen itu.

Sebelumnya, Bupati Belu Joachim Lopez tak hentinya mengucap syukur pada Tuhan karena perekonomian warganya kini bisa lebih maju. Menurutnya, keberhasilan membudidayakan tanaman sorgum berkat dorongan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. (chi/jpnn)

jpnn.com

***

Dahlan Yakin Sorgum Banyak Diburu

ATAMBUA – Tanaman sorgum diklaim memiliki banyak keunggulan, terutama sebagai bahan dasar produk pangan. Sayangnya, masyarakat Indonesia masih belum banyak mengetahui manfaat dari tanaman sorgum.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, warga Kabupaten Bone yang saat ini menjadi wilayah percontohan penanaman, agar tidak perlu khawatir jikalau masa panen sudah datang. Sebab, adanya minat dari perusahaan Bogasari dan PT Fortuna yang ingin terhadap sorgum.

“Ada pembeli sorgum, baik tepung halus, atau masih kasar, yang sanggup membeli dari Bogasari, pabrik tepung dan mie yang terbesar di Indonesia, masih membutuhkan sebanyak-banyaknya,” ucap Dahlan kepada wartawan, Atambua, Sabtu (24/8/2013).

Pada kesempatan yang sama, salah seorang dari pihak Bogasari menuturkan. Bogasari sejak awal dicetuskan program penanaman sorgum di Nusa Tenggara Timur (NTT), pihaknya optimistis dengan hasil panen sorgum itu sendiri.

Selain itu, lanjut dia, kesiapan Bogasari terhadap program tanam sorgum ini begitu sangat dipersiapkan. Mulai dari kemasan, hingga cap halal.

“Intinya begini kita sudah rencana sejak awal tahun optimistis sekali dengan tanam sorgum ini, semuanya sudah di persiapan, hingga paket kemasan halal, saat ini kita tinggal menunggu pasokan, dan juga harga yang kompetitif, bisa di bawah harga tepung terigu pada umumnya,” tutup salah satu staff Bogasari.
()

okezone.com

***

Dahlan: Bogasari Butuh Banyak Sorgum

Ilustrasi. (Foto: Wikipedia)

ATAMBUA – Hari ini Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyambangi Kabupaten Benu, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kedatangan Dahlan ke NTT lantaran ingin memperkenalkan sorgum menjadi program pengentas kemiskinan.

Oleh karena itu, dia mengimbau kepada masyarakat daerah sekitar untuk segera menanam sorgum. Pasalnya, banyak masyarakat tani di Kabupaten Benu, NTT banyak menanam jagung yang sekaligus sebagai bahan pakan. “Petani yang belum nanam sorgum dan sekarang ingin menanam, siapa ?” jelas Dahlan di Atambua, Sabtu (24/8/2013).

Sorgum dipilih, lantaran pembudidayaannya tidak berbeda jauh dari jagung, begitu juga dengan pemanfaatan dari masing-masing buahnya. Namun dari segi pemanfaatan sorgum lebih unggul sedikit, di mana batang dari sorgum bisa menjadi gula dan bioetanol.

“Hasilnya sama kalau satu kali musim panen, tapi kalau sorgum begitu panen setelah potong bisa tumbuh kembali, Kelebihannya batang bisa diperas menjadi gula dan bioetanol,” ucapnya.

Tidak hanya itu, ketakutan para petani sorgum saat ini sudah terjawab dengan perusahaan Bogasari yang ingin membeli hasil panen sorgum tentunya sudah berupa tepung halus maupun tepung yang masih kasar.

“Ada pembeli sorgum, baik tepung halus, atau masih kasar, yang sanggup membeli dari Bogasari. Pabrik tepung dan mie yang terbesar di Indonesia, masih membutuhkan sebanyak-banyaknya,” tutupnya.
()

okezone.com

***

Dahlan: Bogasari Siap Beli Tepung Sergum Atambua Setinggi Gunung Sekalipun

http://images.detik.com/content/2013/08/24/4/140431_sorgum.jpgFoto: Dahlan dan Karen (Rista-detikFinance)
Atambua – Hari ini, Menteri BUMN Dahlan Iskan menghadiri acara panen raya Sorgum di Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dahlan mengatakan Bogasari dan 2 produsen tepung lokal siap membeli sorgum tersebut.

“Ada tiga produsen tepung yang siap membeli tepung sorgum yang di produksi oleh para petani khususnya di Atambua, NTT,” ujar Dahlan dalam kunjungannya di Atambua untuk melakukan penen raya sorgum yang didanai oleh Pertamina dan Askes, Sabtu (24/8/2013).

Dahlan mengatakan, produsen tepung lokal yang siap membeli sorgum dari Atambua ini di antaranya Bogasari dan Fortuna.

“Bahkan Bogasari siap membeli sebanyak-banyaknya tepung sorgum, bahkan kalau ada tepung sergum banyaknya hingga menggunung atau segunung pun akan dibeli oleh Bogasari,” ucap Dahlan.

Perwakilan Bogasari yang hadir dalam acara panen raya sorgum di Atambua mengungkapkan, pihaknya sudah siap membeli berapapun jumlah tepung sergum yang di produksi para petani.

Bogasari juga sudah mempunyai gudang, pabrik, dan peralatan untuk membeli tepung sorgum petani di Atambua, dan akan diolah menjadi produk makanan yang harganya lebih murah. Karena tepung sorgum harganya jauh lebih murah dibandingkan tepung terigu yang sampai saat ini 100% dipasok melalui impor.

“Ini menjawab rasa khawatir para petani yang takut menamam sorgum tapi nanti tidak ada yang beli. Ini pasti ada yang beli, makanya petani bisa segera tanam, kalau ragu sebagian lahan saja yang ditanam sorgum,” kata Dahlan.

Apalagi sorgum sangat bagus tumbuh di NTT yang daerahnya cukup gersang, dibandingkan tanaman lainnya jagung ataupun padi.

“Apalagi sorgum itu dulunya dikonsumsi masyarakat NTT, orang tua jaman dulu pasti tahu sorgum, tapi seiring program jaman orde baru nasionalisasi, maka orang lupa sorgum itu apa, apalagi anak muda saat ini sama sekali tidak tahu, dengan sorgum ini terus dibudidayakan, saya yakin NTT kebutuhan pangannya akan mandiri,” ujar Dahlan.

 

(rrd/dnl)

detik.com

Iklan

One Comment to “Bogasari Akan Beli Sorgum Petani Atambua”

  1. Langkah nyata pemimpin negara seperti yang dilakukan Menteri BUMN Dahlan Iskan inilah yang ditunggu masyarakat luas. Bahkan, Dahlan tidak hanya sekedar menyuruh masyarakat NTT menanam sorgum, tetapi juga mencarikan calon pembelinya. Sehingga paetani sorgum tidak khawatir hasil pertaniannya tidak ada yang beli. Kenyataannya, Bogasari siap membeli tepung sorgum, baik yang halus atau pun yang masih kasar.
    Ternyata mantan Dirut PLN itu berhasil memberikan solusi konkret, bagaimana mengatasi kemiskinan yang melilit masyarakat NTT. Inilah pemimpin yang diharapkan memimpin bangsa dan negara kita. Semuanya Demi Indonesia yang lebih baik dan lebih bermartabat…. Semoga sukses selalu serta selamanya…. amin amin ya rabbal alamin…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: