Dahlan: Samarinda Luar Biasa

Massa Melimpah pada Hari Kerja
dahlan-samarinda-luar-biasa

DI HATI WARGA KALTIM: GOR Segiri dipenuhi ribuan orang sejak pukul 05.30 Wita. Semua ingin bertemu dengan Dahlan Iskan. Tampak sang Menteri BUMN bersama istri (inset), asyik mencontohkan gaya senam Da
SAMARINDA – Cuaca gerimis dan hari kerja kerap menjadi momok bagi setiap orang untuk beraktivitas olahraga. Tapi, itu untuk tidak berlaku dalam pelaksanaan senam ala Dahlan Iskan Style di parkiran GOR Segiri Samarinda, Rabu (21/8) pagi. Sekira 8.000 orang tumpek-blek mengikuti event olahraga bertajuk Senam Sehat Demi Indonesia tersebut.

Samarinda masih basah ketika pada pukul 05.45 Wita, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan terlebih dulu berjalan kaki dari Hotel Bumi Senyiur menuju GOR Segiri. Dia didampingi jajaran manajemen Kaltim Post Group (KPG) dan BUMN, seperti PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT), Perusahaan Listrik Negara (PLN), dan Pegadaian. Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim Zuhdi Yahya tampak mendampingi. Jarak hampir dua kilometer dilalui dengan cepat, karena seperti diketahui Dahlan adalah pejalan kaki yang cepat.

Di halaman GOR Segiri, warga telah siap. Sesampai di sana, Dahlan Iskan tanpa basa-basi naik panggung dan mulai melakukan senam. Semakin tinggi matahari merangkak, makin banyak warga merapat. Mereka datang dari berbagai kalangan, dari karyawan swasta, pelajar dan guru, hingga pegawai negeri sipil. Tua, muda, anak-anak, membaur menjadi satu. Jadilah halaman GOR Segiri bak lautan manusia. Dan, itu dilakukan tepat hari kerja, bukan pada hari libur atau weekend!

Istri Dahlan, Nafsiah Sabri menemani sang suami menjadi instruktur senam di atas panggung. Pasangan yang dua hari lalu merayakan usia pernikahan ke-38 itu kompak mengenakan kaus berwarna oranye dipadu celana panjang olahraga berwarna hitam. Ditemani 10 instruktur senam yang khusus dibawa dari Jakarta, mereka langsung mengajak warga ibu kota Kaltim bersenam-ria.

Di atas panggung 6×4 meter, Dahlan tampak luwes menggerakkan tubuhnya mengikuti musik senam. Ada 15 lagu pengiring, dan semua dikuasainya. Selain panggung utama tadi, ada dua panggung pelengkap bagi instruktur, agar peserta dapat dengan mudah meniru gerakan senam Dahlan Style.

Di tengah-tengah ribuan peserta, tampak Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengambil tempat tepat di muka panggung. Di sebelahnya, Direktur Utama PKT Bontang Aas Asikin. Selain itu, hadir pula Manajer Area PLN Samarinda Ismail Deu dan Pemimpin Wilayah IV Pegadaian Persero Suwarno. Mereka, tentu saja, didampingi jajaran manajemen KPG.

Setelah beberapa lagu, Abah Dis, begitu Dahlan disapa di lingkungan keluarga, mengatakan semua orang pasti tak asing dengan senam yang satu ini.

“Namanya Tari Ayam Goreng. Seluruh dunia pasti tahu,” seloroh ayah dua anak ini, disambut gelak tawa peserta senam. Ya, gerakan senam di sesi tersebut memang seperti ayam mengepakkan sayapnya.

Selesai senam, Dahlan diminta naik ke panggung tempat pengundian kupon senam. Bukannya memberi sambutan. Dia malah berseru, “Tidak ada pidato hari ini. Pidato tidak penting. Yang penting kerja, kerja, kerja!”

Sontak ribuan peserta senam menjadi riuh dan memberi tepuk-tangan.

Ditemui setelah acara, orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut mengatakan sangat mengapresiasi semangat para peserta senam. “Samarinda ini sangat luar biasa. Saya lihat dari panggung, semua sudah bisa (mengikuti gerakan senam, Red). Ini hebat,” kata dia.

Mengenai berapa lagu senam yang dihafal mantan direktur utama PLN ini, dia mengaku sudah 50 lagu dikuasainya. “Kalau pelatih saya sudah lebih dari 100 lagu. Saya juga masih belajar,” ucapnya di bawah tenda saat beristirahat. “Untung saja, halamannya aspal. Kalau rumput pasti licin,” tambah pria berusia 62 tahun pada 17 Agustus lalu.

Manajer Area PLN Samarinda Ismail Deu menuturkan, ini merupakan kali pertama dirinya mengikuti senam Dahlan Iskan Style. Menurutnya cukup bagus, gerakannya mudah, dan bervariasi. “Lagunya juga enak didengar, sehingga tidak membosankan. Yang jelas tentu menyehatkan,” ungkap mantan manajer Area PLN Balikpapan ini.

Selepas senam, dilakukan pengundian puluhan hadiah doorprize. Mulai dari kompor gas, rice cooker, sepeda, kulkas, dan tiga unit sepeda motor sebagai hadiah utama. Khusus dua sepeda motor disponsori oleh PLN Samarinda dan Pegadaian (Persero) dan satu unit dari Kaltim Post. Hadiah itu disiapkan untuk memeriahkan gelaran Senam Dahlan Style di Samarinda.

Selain itu, puluhan peserta juga mengantre untuk melakukan cek kesehatan di stan yang telah disiapkan PT Askes (Persero) Cabang Samarinda. “Para peserta cukup antusias melakukan cek kesehatan. Ada yang cek gula darah, asam urat, dan cek kolesterol,” terang staf bagian Manajemen Provider dan Utilisasi PT Askes (Persero) Cabang Samarinda, Aslamia.

Salah satu pemenang motor Tjan Giok Iin menuturkan, ini merupakan kedua kalinya dia mendapat motor pada senam Dahlan Iskan Style (sebelumnya Juni).

“Senang dan tidak menyangka bisa mendapat motor lagi. Maunya sering-sering ngadain senam seperti ini, karena di samping sehat tentunya bisa mendapatkan hadiah,” terang salah satu anggota komunitas ibu-ibu jalan sore Balai Kota ini. Pada gelaran Dahlan Iskan Style Juni lalu, dia mendapat motor Yamaha Mio, sekarang mendapat Honda Revo. (*/ril*/gus/wan/zal/k1)

http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/28080/dahlan-samarinda-luar-biasa.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: