Dahlan Minta Dapen dan BUMN Asuransi Borong Saham “Blue Chip”

“BUMN dan dapen tidak boleh lepas saham. Dapen tidak boleh sembarang ambil keputusan, karena kalau dapen salah ambil keputusan yang bertanggung jawab itu BUMN. Kita juga minta BUMN dan dapen masuk ke pasar saham untuk bantu stabilkan harga saham, sudah bisa dilihat harga saham mulai membaik,” 


Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meminta BUMN asuransi dan dana pensiun BUMN untuk tidak menjual saham yang dimilikinya saat kondisi pasar saham tengah bergejolak.

Dia bahkan meminta perusahaan pelat merah tersebut untuk membeli saham-saham unggulan berkapitalisasi besar (blue chip) khsusunya saham BUMN yang mengalami penurunan.

“BUMN dan dapen tidak boleh lepas saham. Dapen tidak boleh sembarang ambil keputusan, karena kalau dapen salah ambil keputusan yang bertanggung jawab itu BUMN. Kita juga minta BUMN dan dapen masuk ke pasar saham untuk bantu stabilkan harga saham, sudah bisa dilihat harga saham mulai membaik,” ujar Dahlan usai rapat pimpinan di kampus Universitas Indonesia, Depok, Kamis (22/8).

Menurut Dahlan, BUMN harus rela berkorban untuk kepentingan ekonomi negara mengingat langkah pembeliam saham ini akan menggerus dana cadangan perusahaan sehingga dikhawatirkan akan menekan laba BUMN pada tahun ini dari yang diharapkan sebelumnya.

“Kedua, mungkin marginnya turun, karena ada dana pensiun yang kita minta masuk ke sektor tertentu untuk selamatkan perekonomian,” ungkap dia.

Selain itu, menurut Dahlan, kemungkinan nanti akan ada perubahan porsi portofolio investasi BUMN asuransi dan dapen berbeda dari ketentuan yang seharusnya.

“Misalnya ternyata porsi investasi saham dapen lebih besar dalam realisasinya dibandingkan yang seharusnya karena memang ini kesempatan besar BUMN dan dapen untuk beli saham,” ungkap dia. Dahlan pun yakin gejolak yang terjadi pada pasar saham dan rupiah saat ini dapat segera mereda.

“Kita percaya. Presiden sudah pernah alami kejadian seperti ini pada 2008 dan bisa segera ambil kebijakan untuk penyelamatan. Sehingga saham bisa kembali menjadi di atas Rp 5.000 dan rupiah di level Rp 9.000 per dolar. Kemudian terjerat lagi. Tapi kita yakin ini bisa diselesaikan dengan baik,” tambah dia.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) sejak Senin (19/8) mengalami tekanan hebat. Meski sempat menguat (rebound) pada perdagangan kemarin (21/8), namun IHSG masih tergerus nyaris 10% dalam tiga hari perdagangan sejak awal pekan ini.

Bahkan tadi pagi, IHSG dibuka langsung anjlok 15 poin menjadi 4.167. Hingga pukul 09.07 JATS, IHSG kembali anjlok makin dalam 79,81 poin (1,89%) menjadi 4.138,64.

beritasatu.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: