Dahlan Iskan: Koruptor di BUMN Harus Dihancurkan

“Kalau ada yang terindikasi korupsi dalam skala besar maupun kecil di BUMN hancurkan saja. Hancurkan saja orang itu (koruptor),” 

Menteri BUMN Dahlan Iskan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri BUMN Dahlan Iskan menegaskan agar penegak hukum tidak tanggung-tanggung dalam menangani kasus korupsi yang melibatkan pejabat perusahaan milik negara.

“Kalau ada yang terindikasi korupsi dalam skala besar maupun kecil di BUMN hancurkan saja. Hancurkan saja orang itu (koruptor),” kata Dahlan usai Rapat Koordinasi Kementerian BUMN di Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, Depok, Kamis (22/8).

Menurut Dahlan, ia tidak akan memberi ampun kepada direksi atau bawahan BUMN yang melakukan korupsi.

Sebelumnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dua orang tersangka dalam proyek pembangunan dermaga bongkar pada Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang, NAD.

Tersangka Ramadhani Ismy adalah pejabat pembuat komitmen (PPK) Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang. Sedangkan Heru merupakan Kepala PT Nindia Karya Cabang Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam merangkap kuasa Nindya Sejati Joint Operation.

Modus yang digunakan oleh PT NK adalah penggelembungan anggaran atau mark up yang mengakibatkan negara diduga rugi sekitar Rp 249 miliar. Menurut Dahlan, ia tidak ambil pusing lagi soal praktik korupsi yang terjadi di BUMN.

“Tidak terkecuali, pokoknya yang terbukti korupsi hancurkan,” tegas Dahlan.

Beberapa waktu lalu, mantan Dirut PT PLN ini, juga pernah menyebutkan indikasi korupsi mulai dari perjalanan dinas yang kecil-kecil hingga yang besar seperti proyek konstruksi.

Korupsi perjalanan dinas marak terjadi di BUMN, nilainya tidak besar, tapi ini membuka jalan untuk mengungkap korupsi besar lainnya.

“Modusnya perjalanan dinas fiktif dilakukan saat ada perjalanan dinas atas nama orang BUMN namun di tiketnya tidak sama dengan orang bersangkutan. Model perjalanan dinas fiktif ini harus ditindak sendiri oleh Kementerian BUMN,” ujar Dahlan.

Redaktur : Citra Listya Rini

republika.co.id

Iklan

3 Komentar to “Dahlan Iskan: Koruptor di BUMN Harus Dihancurkan”

  1. Semoga tekad Menteri BUMN Dahlan Iskan untuk menghancurkan korupsi di lingkungan BUMN dan perusahaan pelat merah binaannya bisa berhasil. Dan, para penegak hukum, baik polisi, jeksa, pengacara dan KPK sejalan untuk bersama-sama memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya.
    Tetapi kita sangat kecewa dalam pemberantasan korupsi, termasuk yang ditangani Pengadilan Tipikor (Tindak Pidana Korupsi). KPK sudah mati-matian mulai menangkap tangan, menyelidikinya, lantas menyidiknya dan membuat BAP, tetapi setelah diserahkan kepada Pengadilan Tipikor, Jaksa Penuntut Umum hanya menuntutnya 3-4 tahun. Majelis hakim memvonisnya dua sampai tiga tahun.
    Mana mungkin para koruptor jera melakukan aksinya berkorupsi ria, jika hukumannya hanya seumur jagung seperti itu???? Bahkan, calon-calon koruptor bisa bermunculan di sana-sini bak jamur di musim hujan.
    Mestinya para jaksa dan hakim Tipikor diganti saja semuanya dengan jaksa dan hakim non karir. Mereka sudah biasa bergelimang duit hasil korupsi. Demikian juga pengacara dan polisi, selama ini mereka semua penggerak korupsi di negara ini.
    Kata orang, mana mungkin lantai kotor disapu dengan sapu kotor bisa bersih. Jaksa, hakim, pengacara dan polisinya kotor semua. Harapan hanya pada KPK, mereka menunjukkan kinerjanya bagus, tetapi penegak hukum lainnya brengsek, mana mungkin korupsi bisa diberantas oleh KPK sendirian.
    Untuk itu, perlu dibentuk lembaga jaksa ad hoc, hakim ad hoc dan polisi ad hoc kayak KPK gitu. Bahkan, pengacara yang selama ini tidak beres, cabut saja ijinnya sekaligus jebloskan mereka dengan hukum maksimal, mungkin 20 tahun, bahkan hukum mati juga silahkan. Hakim dan jaksa serta polisi pun harus dihukum seberat-beratnya, kalau terbukti berkorupsi ria, sekecil apa pun nilainya. Biar jera dan harus dimiskinkan

    • ok banget itu, masalahnya bagaimana membersihkan penegak hukumnya ya ? mudah2 an pengalaman DI membersihkan BUMN dari koruptor dg cara mengangkat pucuk pimpinannya dg orang yg terpercaya yg akan membersihkan jajarannya ke bawah. Pucuk pimpinan juga akan mengangkat bawahannya dg orang2 terpercaya. sehingga pembersihan dapat dilakukan….

  2. cuma nunggu waktu aja untuk terungkap. Kl mental sudah rusak susah untuk dirubah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: